Efek Negatif Kecanduan Smartphone Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Pada sekarang ini,  smartphone atau telepon seluar pintar telah menjadi sebuah kebutuhan dan sudah sangat sulit dipisahkan dengan kehidupan manusia. Smartphone memang memberikan siapapun kemudahan, baik dalam menemukan informasi ataupun hanya untuk sekedar berkomunikasi. 


Walaupun smartphone ini memiliki banyak manfaat, namun perlu diketahui bahwa penggunaan yang berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Beberapa aspek mulai dari kesehatan mental dan fisik bisa terpengaruh. Berikut ini beberapa efek negatif kecanduan smartphone bagi keseahatan :

  • Merusak mata

Sama halnya dengan layar komputer atau televisi, seseoran yang sering menatap layar smartphone dalam waktu yang lama juga akan berisiko mengganggu fungsi penglihatannya. Ketika melihat layar, maka mata dipaksa untuk fokus melihat pada jarak tetap dan hal inilah yang akan menaruh beban berlebih. 

Menurut survei yang dilakukan oleh The Vision Council menyebutkan bahwa sebanyak 70% orang di Amerika Serikat tidak tahu atau menolak mengakui bahwa matanya rentan lelah karena menatap layar smartphone.

  • Tingkatkan risiko infeksi

Ketika tangan berkali-kali menyentuh smartphone, maka bakteri dapat menyebar dan berkembang biak di sana. Studi yang dilakukan oleh para peneliti di London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan tingkat bakteri yang ada di layar smartphone bahkan bisa lebih tinggi dari dudukan toilet. Dari 390 sampel yang dikumpulkan, terbukti 92% smartphone mengandung bakteri. Sekitar 16% secara spesifik mengandung bakteri E. coli yang umum ditemukan pada feses. 

  • Ada risiko nyeri kronis

Ketika menggunakan smartphone, maka seseorang perlu menggunakan tangannya secara konstan terutama saat ingin mengetik pesan. Nah, biasanya orang-orang melakukan hal tersebut dengan pose tertentu. Penggunaan smarphone yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama diketahui dapat memicu nyeri sendi para jari-jari dan juga nyeri punggung

  • Mengganggu emosi

Dua studi yang telah dilakukan oleh para peneliti di University of Essex menemukan bahwa keberadaan smartphone dapat mengganggu emosi secara negatif. Hal tersebut diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen pada 37 responden yang diminta untuk bercakap-cakap dengan orang asing selama 10 menit. 

Responden dipisah menjadi 2 kelompok dan ditempatkan di dalam ruanga tertutup. Pada satu ruangan tersedia smartphone di meja dan pada ruangan lainnya tidak ada sama sekali. 

Hasilnya setelah berbincang selama 10 menit, responden yang berada pada ruangan tanpa smartphone melaporkan merasa lebih dekat dengan lawan mainnya. Sedangkan responden yang berada pada ruangan dengan smartphone berbincang namun sambil terdistraksi. 

Hasil ini mendemonstrasikan bahwa adanya smartphone dapat memengaruhi hubungan antar manusia. Dampak ini terlihat lebih jelas ketika individu berbincang mengenai topik persoalan yang bermakna. 

  • Meningkatkan stress

Tingginya frekuensi penggunaan smartphone berbanding lurus dengan kemungkinan meningkatnya stress. Suara pesan yang tidak pernah berhenti, getaran, notifikasi lainnya dapat membuat seseorang merasa tertekan. Selain itu, pengaruh dari penggunaan media sosial yang berlebihan juga diteliti oleh beberapa studi dapat meningkatkan rasa stress dan risiko untuk jatuh depresi

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 23 Februari 2017 11:40:35

Related Post :
Obat Cina
Manfaat Mailibahenling Sebagai Obat…

Berikut adalah manfaat meilibehenling…

Obat Kimia
Obat Tizanidine Untuk Mengurangi…

Anda pernah mengalami kejang…

Kesehatan
Sering Merasa Ngantuk Tanpa…

Meskipun telah tidur cukup…

Manfaat
Manfaat Kandungan Mineral Boron…

Boron merupakan mineral yang…

Kesehatan
Mata Terasa Gatal? Ini…

Terasa gatal di mata?…

Kesehatan
Mata Terasa Kering? Ketahui…

Informasi tentang penyebab mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Hal yang Harus Diketahui Sebelum Pilih Program KB

Sebelum menetukan program KB, sebaiknya…

Kesehatan
Terbukti! Minum Kopi Bikin Penderita Diabetes Panjang Umur

Selain menghilangkan kantuk, ternyata rutin…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top