Ketahui Ciri-Ciri Wanita Hamil Anak Kembar Di Awal Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Kehamilan merupakan salah satu anugerah yang luar biasa terlebih bagi pasangan yang baru menikah. Apalagi jika di dalam rahim sang ibu terdapat 2 janin sekaligus alias bayi kembar, mungkin hal tersebut tentunya kabar paling membahagiakan terutama bagi pasangan yang sangat mendambakan kehadiran anak kembar di dalam keluarga kecil mereka. Namun tahukah anda? ternyata saat seorang ibu tengah hamil, ciri-ciri wanita yang hamil anak kembar dapat di amati semenjak awal kehamilan. Lalu, apa ciri ciri hamil anak kembar selengkapnya? mungkin anda akan bisa mendapatkan jawabannya dengan menyimak informasi berikut.


Terdapat banyak alasan mengapa pasangan suami istri ingin memiliki anak kembar, beberapa diantaranya seperti agar anak mereka langsung memiliki teman, agar cepat memiliki keluarga besr, hanya seru-seruian dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan beberapa pasangan suami istri ada yang mendatangi dojter kandungan hanya ingin melakuka program "cara membuat anak kembar".

Ciri-ciri wanita hamil anak kembar di awal kehamilan

Sebenarnya, gejala kehamilan bayi kembar dan kehamilan tunggal secara kasat mata akan terlihat sama. Namun, meski demikian terdapat beberapa acuan bahwa seorang wanita hamil bayi kembar, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Riwatyat keluarga

Sebagian wanita hamil yang melahirkan bayi kembar memiliki riwyata kehamilan kembar dalam keluarga mereka. Hal tersebtu juga dapat di artrtikan, apabila anda memiliki keturunan kembar, maka anda memiliki potensi yang lebih besar untuk menmgandung anak kembar.

  • Kadar HCG yang tinggi

HCG (Human Chorionic Gonadotropin) adalah sejenis hormon yang di hasilkan oleh plasenta semasa kehamilan. Kadat hormon ini bisa di ketahui dengan melakukan tes terhadap urin ibu yang sedang hamil. Pemeriksaan tersebut sering kali di lakukan untuk mengetahui kehamilan pada masa dini. Adapun kadar HCG yang tinggi saat melakukan pemeriksaan dengan garis yang luas pada alat periksa kehamilan berpotensi bahwa ibu hamil dengan mengandung bayi kembar. Namun, tyak menutup kemungkinan juga tingginya kadar HCG karena ibu menggunakan bantuan kesuburan.

  • Mual dan muntah secara berlebihan

Meski kondisi ini merupakan gejala kehamilan pada umunya, namun kondisi mual dan muntah yang begitu ekstrim bisa menjadi ciri kehamilan anak kebar. Kondisi ini membuat sang ibu sangat intolerans terhadap beberapa jenis makanan tertentu termasuk di dalamnya bau, tekstur dan tampilan makanan tersebut.

  • Berat badan naik secara drastis

Kehamilan anak kembar sering kali menyebabkan peningkatkan berat badan yang begitu cepat di masa trimester pertama kehamilan.

  • Bentuk perut

Ciri-ciri perut ibu hamil kembar juga akan terlihat lebih besar dari standar usia kehamilan. Hal tersebut tentunya di sebabkan terdapat 2 janin dalam rahim ibu tersebut.

  • Sering mengalami kram rahim

Perkembangan rahim dalam relatif waktu yang cepat pada kehamilan kembar, sering kali menmbulkan nyeri ligemen. Oleh karenanya, tak jarang ibu hamil mengalami kram rahim yang berlebihan. Dan hal tersebut sering kali di kaitkan dengan kehamilan kembar.

  • Sering buang air kecil dan merasa lelah

Kedua kondisi ini nyatanya merupakan hal juga umum terjadi pada kehamilan kembar. Namun bagi ibu yang hamil kembar pada umumnya serig buang air kecil dan meradsakan rasa lelah yang berlebih di banding dengan ibu yang hamil tunggal.

  • Merasa sakit pada payudara yang berlebihan

Merasakan rasa sakit yang berlebihan hingga merasakan ketidaknyamanan saat memakai bra juga bisa menjadi sebuah pertanda bahwa kehamilan kembar.

  • Merasakan gerakan bayi lebih awal

Pada umumnya, ibu yang mengalami kehamilan kmbar akan merasakan gerakan janin di dalam kandungan lebih dini sebelum mencapai 15-16 minggu (standar normal).

  • Detak jantung lebih kencang

Bantak dari pada wanita hamil kembar yang menyadari bahwa jantung atau denyut nadi istirahat mereka lebih kencang dari normal. Hal tersebut menunjukkan jantung bekerja lebih keras dari pada biasanya. Jantung harus memompa keluar volume darah yang lebih besar dengan setiap kontraksi otot jantung untuk memasik rahim dengan darah yang kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan janin kembar.

  • Perubahan mood

Suasana hati yang labil merupakan gejala kehamilan yang umum. Akan tetapi, saat hamil kembar, kondisi ini akan jauh lebih ekstrim.

  • Kadar AFP yang tinggi

AFP atau Alfa Freto Protein adalah sejenis protein yang di lepaskan oleh janin pada saat ia berkembang dan di temnukan dalam darah ibu. Kadar AFP ini akan lebih tinggi jika terdapat lebih dari satu janin di dalam kandungan. Pemeriksaan kandungan AFP ini dapat di lakukan pada 16-18 minggu setelah haid pertama berakhir. Pemeriksaan AFP ini juga sering kali di lakukan untuk mendeteksi lebih dari separuh kehamilan yang terjadi.

Beberapa ciri-ciri kehamilan anak kembar di atas adalah hanya bentuk acuan dan kecurigaan. Adapun untuk memastikan hal tersebut anda bisa melakukan beberapa pemeriksaan medis, berupa pemeriksaan detak jantung janin ataupun pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Dengan begitu anda bisa memastikan, kehamilan anda kehamilan tunggal atau kembar. Jika memang terbukti anda akan menjadi orang tua kembar, harap mengaetahui beberapa hal yang perlu di perhatikan saat ibu hamil anak kembar, mulai dari asupan nutrisi, memeriksakan kandungan secara rutin, hingga memilikirkan kemungkinan kelahiran lebih cepat.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Jum'at, 24 Februari 2017 10:25:15

Related Post :
Kesehatan
Berbagai Cemilan Sehat Untuk…

Berbagai cemilan sehat untuk…

Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Alami
Obat Alami Untuk Mengobati…

obat alami untuk mengobati…

Kewanitaan
Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Benarkah Penderita Kista Ovarium…

Penyakit
Tips Cara Mencegah Penyakit…

TBC merupakan salah satu…

Penyakit
Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri…

Berikut adalah tanda dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Waspada! Ini Bahaya Preeklampsia Pada Ibu Hamil Dan Janin

Waspada! ini bahaya preeklampsia ringan…

Ibu Hamil
Penyebab Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Hamil Dan Komplikasinya

Berikut ini adalah berbagai penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top