Bahaya Terlalu Sering Konsumsi Nasi Goreng Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang memiliki cukup banyak peminat di Asia. Cara membuatnya yang mudah membuat nasi goreng ini sering menjadi menu sarapan yang banyak dipilih. Walaupun begitu, ternyata nasi goreng menyimpan sejumlah bahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. 


Salah satu bahaya terlalu sering konsumsi nasi goreng yaitu dapat menambah berat badan. Pada dasarnya nasi goreng termasuk dalam salah satu asupan yang tergolong tinggi kalori. Hal ini disebabkan karena bahan utama yang digunakan, yaitu nasi yang merupakan sumber karbohidrat. 

Tidak hanya itu, minyak goreng yang digunakan dalam proses pengolahan juga turut menambah panjang daftar keburukan nasi goreng. Minyak goreng adalah jenis minyak tak jenuh, yang mana jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berisiko menyebabkan penyakit  jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya. 

Nasi goreng juga mengandung akrilamid yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa berpotensi menyebabkan kanker. Lembaga Administrasi Pangan Nasional Swedia (NFA) pada tahun 2002 menyatakan bahwa akrilamid terkandung pada makanan berkarbohidrat yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 120 derajat celcius) seperti digoreng, dipanggang, atau dibakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam 1 kg sampel nasi goreng mengandung akrilamid hingga 60 ug sedangkan nasi kukus tidak mengandung akrilamid secara berarti.

Sebuah studi yang dilakukan WHO pada tahun 2002 menyatakan bahwa akrilamid terbukti menyebabkan tumor pada beberapa organ hewan percobaan seperti otak, jantung, kulit, dan ginjal. Berbahaya atau tidaknya akrilamid bagi tubuh sangat ditentukan oleh jumlah yang dikonsumsi setiap harinya. Mengingat sering dan mudahnya menemukan dan mengonsumsi makanan gorengan di Indonesia, maka sangat sulit untuk menghindari akrilamid melalui makanan gorengan. 

Namun, untuk mengurangi risiko timbulnya akrilamid pada makanan, sebaiknya tidak memasak makanan dengan suhu yang terlalu tinggi dan terlalu lama. Konsumsi makanan secara seimbang dan beragam serta perbanyak kondumsi buah dan sayuran. Anda juga harus selektif dalam memilih jajanan. Kurangi juga mengonsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng. Sebaliknya, Anda bisa mengubah cara memasak Anda dengan cara direbus, dikukus, atau di tumis yang hanya membutuhkan sedikit minyak.

Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengonsumsi nasi goreng. Terlebih lagi jika Anda melakukannya setiap hari. Sebagai alternatif, Anda bisa memperbanyak konsumsi ikan, telur, atau dada ayam. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Semoga bermanfaat. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 24 Februari 2017 12:01:16

Related Post :
Kesehatan
Pilihan Makanan Sehat Bagi…

Selain mengkonsumsi obat jantung…

Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala…

Kenali tanda dan gejala…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal…

Cara alami menghilangkan gatal…

Penyakit
Ketahui Ciri-ciri Infeksi Saluran…

Ketahui ciri-ciri infeksi saluran…

Alami
Cara Cepat Mengobati Luka…

Cara cepat mengobati luka…

Obat Kimia
Khasiat Obat Sulfasalazine Untuk…

Obat sulfasalazine termasuk obat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab sembelit saat hamil.…

Kesehatan
Ini Penyebab Cedera Saat Olahraga Dan Penanganannya

Ketahui penyebab cedera saat olahraga…

Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana Jeans Ketat Pria Dan Wanita

Bahaya sering memakai celana jeans…

Kirim Pertanyaan
Top