Penyebab Pusing saat Berolahraga yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan. Namun, tidak sedikit orang yang sering merasakan pusing saat berolahraga. Merasa pusing saat berolaharaga merupakan efek yang umum terjadi saat Anda tidak cukup makan, dehidrasi, atau melakukan teknik pernapasan yang salah. Namun, kondisi ini tidak bisa dikatakan sebagai kondisi yang normal atau sehat. Dalam beberapa kasus, pusing dapat menjadi gejala penyakit serius seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. 


Pendiri Morrison Center di New York City, Jeffrey A. Morrison, MD, menerangkan penyebab pusing saat berolahraga serta cara pencegahannya :

Dehidrasi

Dunia seorang berputar ketika olahraga mungkin disebabkan karena dehidrasi. Tidak mengonsumsi air secara cukup sebelum, selama, dan setelah olahraga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Ketika tidak memiliki cairan yang cukup, maka tubuh tudak akan mampu membertahankan fungsinya dengan baik. 

Mengonsumsi banyak air sebelum, saat, dan setelah berolahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah dehidrasi. Namun, ini bukan berarti Anda juga harus minum air berlebihan. Karena terlalu banyak minum air juga dapat menimbulkan masalah. Konsumsilah air ketika Anda merasa haus. Mengonsumsi air yang mengandung elektrolit dapat membantu tubuh menyerap cairan dengan lebih efisien. 

Teknik pernapasan yang salah

Jika Anda tidak mengolah tenaga dengan baik, seperti terlalu mengerahkan tenaga, atau bahkan tidak menggunakannya dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan pernapasan menjadi dangkal atau bahkan menjadi terlalu cepat. Kondisi ini juga dapat menyebabkan pusing, lemah, aatu perasaan akan pingsan.

Jika Anda mengalami napas yang terlalu cepat, maka Anda bisa mencoba menurunkan aktivitas yang berlebihan atau memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat sejenak. Ketika berolahraga, jenis latihan yang berbeda akan membutuhkan teknik pernapasan yang berbeda pula. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan pelatihan yang ahli dibidang tersebut.

Tekanan darah rendah

Pening secara mendadak saat olahraag intensif seperti lari atau naik sepeda mungkin disebabkan oleh tekanan darah rendah. Tekanan darah normal seharusnya sekitar 120/80 mmHg. Beberapa ahli mendefinisikan tekanan darah rendah di sekitar 90/60 mmHg. Namun, ukuran tekanan darah rendah berbeda antara satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, diperlukan konsultasi dan pemeriksaan dokter untuk mengetahuinya. 

Kadar gula rendah

Satu alasan utama pusing saat dan sesudah olahraga adalah kadar gula darah rendah. Kadar gula turun dan naik sepanjang hari berdasarkan makanan yang dikonsumsi dan sebera cepat tuuh kita mencernanya. Agar terhindar dari pusing akibat kadar gula rendah, Morrison merekomendasikan untuk mengonsumsi air kepala asli. Air kelapa dapat merehidrasi tubuh, sementara gula di dalamnya menjaga agar kadar gula tidak turun. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 25 Februari 2017 10:57:40

Related Post :
Kesehatan
Macam-Macam Imunisasi Dasar Untuk…

Macam-macam imunisasi dasar lengkap…

Kesehatan
Gejala Infeksi Kandung Kemih…

Infeksi kandung kemih terjadi…

Penyakit
Penyebab Gejala Vertigo dan…

Sensasi kepala serasa berputar…

Tips
Tips Menjaga Kesehatan Gigi…

Pentingnya untuk melakukan tips…

Kesehatan
Menakjubkan ! Ternyata Ini…

Tidak hanya daging buahnya…

Penyakit
Inilah Kebiasaan Buruk Yang…

Kebiasaan buruk yang menyebabkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi


Kesehatan
Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran Tanpa Kuret

Perawatan alami setelah keguguran tanpa…

Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk Penyandang Autisme

Autisme memang tidak dapat disembuhkan.…

Kirim Pertanyaan
Top