Bahaya Bekerja Seharian Tanpa Istirahat Bagi Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Banyaknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan, atau semakin menipisnya tenggat waktu yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan membuat seseorang memporsir tenaga dan energi untuk menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan, sampai tidak memiliki waktu luang meskipun hanya untuk beristirahat.


Padahal, istirahat itu sangat penting untuk memulihkan tenaga dan energi tubuh. Dan bekerja secara terus-menerus tanpa beristirahat bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi tubuh. Sekalipun Anda merasa baik-baik saja, tetapi bekerja tanpa istirahat bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan. Dan jika dibiarkan secara terus menerus, bisa-bisa kondisi tubuh akan menjadi semakin parah. 

Berikut ini beberapa bahaya bekerja seharian tanpa istirahat bagi tubuh :

  • Risiko nyeri punggung dan tubuh punggung

Apakah Anda duduk dengan benar selama bekerja ? Karena duduk dalam waktu lama, kemungkinan besar Anda tidak menjaga postur tubuh saat mengetik di depan komputer. Hal ini bisa menyebabkan tubuh bungkuk dan Anda juga bisa mengalami nyeri punggung yang membahayakan. 

  • Pandangan mata kabur dan pusing

Melihat layar komputer selama berjam-jam tanpa sering berkedip bisa membuat mata kering. Hal ini menjadi salah satu alasan mengata sering mengalami pandangan kabur, mudah pusing, dan bahkan mengalami tekanan pada bola mata. Namun, ada tips mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu dengan mebiasakan untuk melihat ke kejauhan selama 20 menit sekali demi mengistirahatkan mata. 

  • Menurunnya kepekaan indera pendengaran

Sering bekerja berjam-jam dengan mendengarkan musik melalui headset memang mungkin akan membantu Anda lebih konsentrasi dan meningkatkan mood. Namun, jangan sampai menggunakan headset secara berlebihan. Jika terlalu lama mendengarkan musik melalui headset dengan volume keras, dampaknya bisa menurunkan kemampuan pendengaran. Sehingga Anda berisiko tidak lagi begitu peka terhadap suara. 

  • Meningkatkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung berhubungan erat dengan aktivitas harian. Anda bisa berisiko tinggi terkena penyakit jantung jika kurang aktif bergerak setiap harinya. Terlebih lagi jika Anda duduk terus-menerus, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. 

  • Menurunnya kemampuan berpikir otak

Bekerja terus menerus tanpa henti bisa mempengaruhi kemampuan dan fungsi otak. Mengetik dan fokus pada satu hal secara terus-menerus bisa menurunkan kemampuan imajinasi, kreativitas, dan memori. Jika tidak diimbangi dengan istirahat yang baik, maka Anda bisa mengalami stress. Kondisi stress ini bisa memicu produksi hormon yang membuat Anda tidak bahagia, mudah marah, lelah, dan memperburuk kondisi kesehatan. Stress yang ditumpuk bisa menjadi penyakit, baik mental ataupun fisik. 

  • Berisiko obesitas

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu bekerja dengan duduk di depan komputer, perlu waspada dengan risiko obesitas. Terlalu banyak duduk dan kurang melakukann aktifitas fisik merupakan penyebab utama penumpukan lemak tubuh dan memicu tingginya kadar gula darah. Belum lagi, saat tekanan kerja menghadang, kebanyakan orang akan terjerumus dalam kebiasaan ngemil yang akan memperbesar kemungkinan obesitas saat bekerja. 

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 27 Februari 2017 11:13:19

Related Post :
Kesehatan
Awas! Makanan Ini Ternyata…

Berberapa jenis makanan ternyata…

Penyakit
Cara Menangani Penyakit Alzheimer…

Setelah mengetahui cara menangani…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing…

Ekstrak cacing merupakan obat…

Kewanitaan
Bahaya Dibalik Penggunaan Menstrual…

Meskipun banyak yang berpendapat…

Ibu Dan Anak
Waspada! Ada Bahaya Penggunaan…

Waspada! ternyata terdapat beberapa…

Kesehatan
Waspadai ! Bahaya Memakai…

Bahaya memakai lensa kontak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik Lebih Sehat?

Bahan makanan organik dipercaya lebih…

Kesehatan
Kesehatan
Pencegahan Dan Pengobatan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mencegah hipertensi akan lebih mudah…

Kirim Pertanyaan
Top