Anjuran Makanan Untuk Penderita Perut Kembung

Share dan Tag Temanmu di :

Pada saat mengalami perut kembung, sebaiknya tidak boleh mengkonsumsi minuman bersoda, tidak boleh mengkonsumsi makanan cepat saji dan jenis kubis-kubisan. Karena bila mengkonsumsi jenis minuman dan makanan ini, bisa memperparah kondisi perut kembung. Namun sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik, kalium dan karbohidrat (nasi).


Anjuran Makanan Untuk Penderita Perut Kembung

Makanan probiotik

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi penderita perut kembung adalah makanan probiotik. Jenis makanan ini mengandung bakteri yang baik yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Bila pencernaan baik, maka tidak mudah terkena perut kembung. Makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt. Bagi penderita perut kembung, sebaiknya jangan tambahkan gula pada yogurt tapi tambahkan dengan buah-buahan.

Pisang

Salah satu cara mencegah perut kembung adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan magnesium yaitu pisang. Buah ini juga merupakan makanan yang baik bagi kesehatan pencernaan. Bila anda memiliki pencernaan yang baik, maka anda tidak mudah terkena perut kembung.

Nasi

Tidak makanan yang mengandung kalium saja yang boleh dikonsumsi penderita perut kembung. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi bisa dikonsumsi penderita perut kembung. Hal ini dikarenakan nasi mengandung karbohidrat yang mampu dicerna dengan baik oleh sistem pencernaan. Nasi tidak seperti makanan lainnya yang mengandung karbohidrat, karena karbohidrat pada makanan lainnya dicerna sebagian. Sedangkan nasi, semua karbohidrat yang ada pada nasi dapat dicerna. Dan itulah sebabnya mengapa nasi baik dikonsumsi oleh penderita perut kembung.

Pepaya


Kebanyakan orang mengetahui bahwa pepaya bagus untuk penderita susah buang air besar. Padahal buah pepaya juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita perut kembung. Sehingga bila anda mengalami susah bab maupun perut kembung, konsumsilah buah pepaya.

Mentimun

Mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dan salah satu manfaat mentimun bagi kesehatan adalah dapat mengatasi masalah perut kembung. Hal ini dikarenakan sifat diuretik yand dimiliki mentimun dapat membantu detoksifikasi perut dan tubuh. Sehingga mentimun sangat cocok dikonsumsi oleh penderita perut kembung.

Makanan lainnya yang dapat dikonsumsi penderita perut kembung adalah buah semangka, blewah dan labu kuning. Sedang minuman yang dianjurkan untuk diminum penderita perut kembung adalah air kelapa, jus lemon dan air putih.

Makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi penderita perut kembung

1. Kubis

Kubis memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, namun tidak boleh dikonsumsi ketika mengalami perut kembung. Bahkan yang sering terkena perut kembung pun harus mengurangi makan kubis. Karena kubis mengandung karbohidrat yang bernama raffinose dan sulfur. Kedua kandungan ini sulit untuk dicerna oleh tubuh. Itulah sebabnya mengapa penderita perut kembung tidak boleh makan kubis.

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji pun tidak boleh dikonsumsi penderita perut kembung karena bila penderita perut kembung mengkonsumsi jenis makanan ini akan membuat perut penderita semakin teras tidak nyaman. Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung garam, lemak dan gula yang tinggi, sehingga dapat memperparah penderita perut kembung.

3. Makanan yang mengandung lemak tinggi

Bukan hanya makanan cepat saji, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi ketika sedang mengalami perut kembung juga dapat memperparah penderita perut kembung. Hal ini dikarenakan jenis makanan ini sulit dicerna oleh tubuh dibandingakan dengan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Itulah sebabnya mengapa penderita perut kembung tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

4. Minuman bersoda

Minum minuman bersoda secara berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan termasuk dapat menimbulkan perut kembung. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami perut kembung, tidak boleh minum minuman bersoda. Karena minuman bersoda adalah salah satu minuman yang tidak baik bagi pencernaan.

Selain itu, masih banyak lagi makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita perut kembung diantaranya, produk susu, gandum, pemanis buatan, buah apel, nanas, pir, anggur dan mangga. Saat perut kembung juga sebaiknya hindari mengunyah permen karet dan minum dengan sedotan.

Semoga setelah anda mengetahui anjuran dan pantangan makanan untuk penderita perut kembung, anda yang sedang mengalami perut kembung bisa menghindari dan mengkonsumsi makanan yang dianjurkan untuk penderita perut kembung.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Senin, 27 Februari 2017 13:35:16

Related Post :
Kulit
Cara Alami Mendetoks Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah…

Menjalankan pola hidup sehat…

Manfaat
Menakjubkan! Ini Dia Manfaat…

Walaupun rasanya asin, ternyata…

Manfaat
7 Manfaat Rutin Konsumsi…

Suka konsumsi kacang polong?…

Kulit
Mengetahui Manfaat Penggunaan Krim…

Menggunakan krim malam sebelum…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Tidur Di…

Waspadai bahaya tidur di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kram Perut Bagian Bawah? Ini Penyebabnya

Berbagai penyebab kram perut bagian…

Kesehatan
5 Hal Terkait Penyakit Leukemia yang Patut Diketahui

Mengetahui informasi terkait penyakit leukemia…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Berikut adalah berbagai cara sederhana…

Kirim Pertanyaan
Top