Cara Efektif Atasi Lidah Terbakar Akibat Makanan Panas

Share dan Tag Temanmu di :

Mengonsumsi makanan dan minuman yang panas di musim dingin merupakan hal yang tepat untuk membantu menghangatkan tubuh. Namun, seringkali para penikmat makanan dan minuman tidak menghiraukan betapa panasnya hidangan yang ada didepan mereka, sehingga banyak yang langsung menyantapnya. 


Akhirnya, akibat hal tersebut, lidah, gusi, atau mulut pun terbakar. Lidah merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif jika kita mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas. bagian ujung lidahpun akan terasa melepuh, mati rasa, dan kering. 

Jika Anda mengalami hal tersebut, tidak perlu panik. Berikut ini cara efektif atasi lidah terbakar akibat makanan panas :

  • Minum air dingin

Salah satu respon yang paling tepat saat lidah terbakar adalah dengan minum air dingin sesegera mungkin. Minuman dingin ini akan membantu lidah kembali normal. Jika perlu, Anda bisa mengonsumsi es. Letakkan es batu pada bagian lidah yang terbakar. 

  • Madu

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu adalah mengurangi risiko luka bakar. Oleskan madu pada lidah yang terbakar. Ulangi hal ini 2-3 kali sehari. Lakukan hingga luka bakar benar-benar sembuh. 

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu obat untuk mengurangi risiko lidah yang terbakar. Ambil setengah sendok yoghurt dingin. Kulum dengan perlahan. Diamkan hingga 2 menit. Ulangi hingga semua yoghurt habis. Kandungan nutrisi pada yoghurt akan mengurangi iritasi karena lidah terbakar. 

  • Kumur dengan air garam

Ketika lidah terbakar karena mengonsumsi makanan yang panas, maka Anda bisa mengatasinya dengan berkumur dengan air garam. Caranya cukup mudah, tambahkan 1 sendok kecil garam ke dalam 1 gelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur selaam 30 detik. Ulangi hingga lidah kembali normal. 

  • Lidah buaya

Kandungan nutrisi yang ada pada lidah buaya dapat mengurangi risiko lidah terbakar. Cukup kupas lidah buaya dan ambil bagian gelnya. Oleskan gel lidah buaya pada lidah yang terbakar. Kandungan nutrisinya dapat mengurangi peradangan akibat lidah terbakar. 

Itulah 5 cara mudah yang dapat membantu mengatasi lidah terbakar akibat makanan pedas secara efektif. Selain itu, terdapat sejumlah tips untuk mencegah lidah dan mulut agar tidak terbakar saat mengonsumsi makanan dan minuman panas, diantaranya :

  1. Membiarkan makanan dan minuman panas agar dingin dalam rentang waktu ebberapa menit. Terlebih lagi, jika Anda melihat langsung makanan tersebut baru saja diangkat dari kompor atau pemanggang. 
  2. Anda juga bisa menipu makanan terlebih dahulu hingga dingin sebelum dikonsumsi. 

Untuk mengetahui apakah makanan atau minuman sudah dingin dan dapat dikonsumsi secara aman, dokter Aurelio Alonso, asisten guru besar di Sekolah Kedokteran Gigi Universitas Case Western, menganjurkan untuk menggigit sepotong kecil atau menyeruput sedikit makanan atau minuman. Menurutnya, langkah ini bertujuan untuk mencegah lidah dan mulut terbakar dalam skala yang lebih besar. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Senin, 27 Februari 2017 13:50:34

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Barang-Barang Berikut Jika…

Menjaga kebersihan dapur sangat…

Tips
Tips Cara Mencegah Penyakit…

Cara mencegah penyakit jantung…

Penyakit
Penyakit Berbahaya Akibat Sering…

Kebiasaan menahan kencing merupakan…

Manfaat
Manfaat Undur-Undur untuk Obati…

Mungkin sudah banyak yang…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Air…

Berikut adalah khasiat dan…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Segudang kandungan gizi yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik

Bagi Anda yang tengah menjalankan…

Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan Di Kaki

Tips cara mengatasi kapalan dikaki…

Tips
Inilah Cara Memasak Mie Instan Yang Baik dan Sehat

Cara memasak mie instan yang…

Kirim Pertanyaan
Top