Tips Mudah Mengobati Luka Bakar Secara Alami di Rumah

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika memasak di dapur, terkadang kita sering terkena cipratan minyak atau air panas yang dapat menimbulkan rasa panas dan luka terbakar. Jika tidak segera ditangani, maka kulit akan melepuh, mengelupas, dan meninggalkan bekas luka bakar yang bisa sulit dihilangkan. 


Namun, Anda tidak perlu panik. Pengobatan luka bakar juga bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar Anda. Selain itu, pengobatan alami juga relatif aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini tips mudah mengobati luka bakar secara alami di rumah yang bisa Anda lakukan :

  • Mengalirkan air ke bagian luka bakar

Cara ini mungkin yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Namun, cara ini cukup menyita waktu dan boros air, karena Anda harus mengalirkan air terus menerus ke tangan atau ke luka bakar hingga luka membaik dan kulit tidak terasa pedih dan panas lagi. 

  • Menggunakan kentang mentah

Jika Anda menyimpan persediaan kentang mentah di rumah, ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi luka bakar secara alami. Kentang mentah memiliki sifat antiinflamasi dan mendinginkan kulit. Hal ini jugalah yang menjadikannya sangat baik digunakan sebagai masker kulit wajah. Cukup iris kentang mentah tipis dan tempelkan pada bagian kulit yang terluka. Sesekali tekan-tekan untuk meredakan panas. 

  • Kompres dengan teh celup

Jika kentan mentah tidak tersedia, Anda juga bisa memanfaatkan teh celup. Kompres luka bakar dengan bungkusan teh celup. Setelah Anda menyeduh teh, Anda bisa mendinginkan kantong teh dan kompreskan ke bagian tubuh yang terluka. Hal ini bisa mendinginkan luka dan mempercepat penyembuhan karena teh mengandung tannin. 

  • Memanfaatkan lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman obat mujarab untuk mendinginkan kulit dan menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah luka bakar karena terkena panas. Lidah buaya bisa langsung dioleskan atau dibubuhkan di atas luka bakar karena bisa mempercepat penyembuhan. 

Nah, itulah 5 tips alami untuk mengobati luka bakar yang bisa dilakukan di rumah secara mudah dan efektif. Namun, selain itu, Anda juga bisa memanfaat madu dan minyak kelapa sebagai solusi alternatif lain untuk mengobati luka bakar jika bahan-bahan alami tersebut tidak tersedia. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Selasa, 28 Februari 2017 10:23:02

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Sawo Yang…

Banyak manfaat mengonsumsi buah…

Kewanitaan
Ini Kesalahan Wanita Saat…

Beragam kesalahan yang sering…

Alami
Manfaat Mengkonsumsi Air Kelapa…

Manfaat mengkonsumsi ari kelapa…

Manfaat
Manfaat Daun Sambung Nyawa…

Manfaat daun sambung nyawa…

Tips
Tips Cara Melahirkan Normal…

Melahirkan bisa menjadi proses…

Kesehatan
Fakta dan Bahaya Kerokan…

Meskipun sering dijadikan sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Inilah Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung Mendadak

Pertolongan pertama pada serangan jantung…

Tips
Tips
Sering Ngantuk Selama Puasa? Lawan dengan Strategi Berikut!

Mengantuk, badan terasa lemas, hingga…

Kirim Pertanyaan
Top