Faktor Penyebab Dan Gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala Carpal Tunnel Syndrome adalah suatu kondisi dimana terjepitnya saraf median pada pergelangan tangan karena mengalami pembengkakan di carpal tunnel. Adapun carpal tunnel sendiri merupakan jalur sempit yang terbentuk atas ligamen, otot dan juga tulang yang terletak di pergelangan tangan bagian pangkal. Pada bagian ini terdapat saraf median dan tendon yang mempengaruhi pergerakan jari-jari tangan yang memisahkan antara tulang pergelangan tangan dan juga jaringan lunak yang ada di sekelilingnya.


Saraf median sendiri adalah saraf yang melintang  di antara telapak tangan hingga ke lengan bagian bawah. Saraf median memiliki fungsi sebagai pembawa sensasi dan juga sentuhan rasa pada permukaan telapak tangan dan juga pada jari-jari tangan yang diantaranya ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan setengah jari manis. Saraf ini juga memiliki fungsi untuk untuk mengontrol pergerakkan otot untuk menggerakkan ibu jari. Agar kita lebih mewaspadai penyakit CTS ini, ada baiknya kita mengetahui faktor penyebab dan gejala carpal tunnel syndrome, seperti yang akan kita paparkan pada informasi berikut ini.

Berbagai faktor penyebab dan gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Seperti yang telah di jelaskan pada ulasan sebelumnya bahwasannya penyebab penyakit carpal tunnel syndrome adalah terhimpitnya saraf median pada pergelangan tangan. Yang mana kondisi ini mempengaruhi indera sentuhan dan juga gerakan tangan anda. Namun hingga saat ini, penyebabab terhimpitnya saraf median pada sebagian kasus CTS belum di ketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang di kira dapar meningkatkan resiko anda mengalami CTS, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor keturunan. Menurut beberapa penelitian kondisi CTS ini dapat di pengaruhi oleh faktor genetik. Sehingga apabila salah seorang dari anggota keluarga anda ada yang mengalami kondisi ini, maka resiko anda mengalami Carpal tunnel syndrome ini pun semakin meningkat.
  • Cedera di pergelangan tangan, seperti halnya terkilir, tulang retak dan kondisi lainnya menyebabkan pembengkakan yang pada akhirnya menimbulkan tekanan pada saraf median. Cidera juga bisa mengubah bentuk tulang dan ligamen pada tangan. Dan tak jarang perubahan tersebut  dapat menyebabakan saraf median menjadi terhimpit.
  • Jenis kelamin. Pada umumnya, CTS ini senderung di alami oleh wanita di banding pria yang di sebabkan karena wanita memiliki lorong karpal yang lebih kecil di bandingkan dengan pria.
  • Kehamilan. Hampir setengah dari wanita mengalami kondisi CTS pada saat mengalami masa kehamilan. Namun kondisi ini biasanya pulih dengan sendirinya setelah bayi di lahirkan.
  • Memiliki pekerjaan maupun aktivitas yang melibatkan tangan. Berbagai kegiatan yang melibatkan genggaman tangan yang kuat, gerakan pergelangan tanggan yang berulang serta getaran yang kuat bisa menimbulkan CTS.
  • Kondisi medis lainnya. Resiko CTS meningkat juga dapat di sebabkan akibat adanya beberapa kondisi medis seperti halnya diabetes, hipotiroidisme, obesitas, dan juga kemoterapi.

Adapun munculnya sensasi mati rasa di jari-jari tangan terutama pada malam hari, biasanya menjadi tanda dan gejala awal carpal tunnel syndrome ini. Gejala ini sendiri bisa terhubung dengan saraf median yang tersebar pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan juga jari manis. Bahkan terkadang gejala juga bisa terhubung hingga bagian lengan dan juga siku.

Selain sensasi mati rasa, gejala klinis carpal tunnel syndrome lainnya adalah muncul rasa sakit pada lengan, tangan menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan, pembengkakan, kulit kering, perubahan pada warna kulit tangan, kemampuan tangan maupun jari yang terkena CTS akan berkurang seperti halnya dalam mengetik, mengancingkan baju hingga mengangkat sesuatu dengan menggunakan jari.

Jika telah mengalami berbagai gejala penyakit carpal tunnel syndrome tersebut, ada baiknya untuk tidak menggunakan tangan yang terpengaruh untuk beraktivitas, tidak melakukan pergelangan tangan atau jari secara berulang serta tidak menggunakan tangan atau lengan dalam waktu yang lama. Karena beberapa hal tersebut hanyalah dapat memperparah kondisi anda.

Pengobatan alternatif Carpal Tunnel Syndrom (CTS) secara alami maupun tradisional bisa anda lakukan untuk mengatasi kondisi anda kini. Namun, Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, anda bisa memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu ke ahli medis terdekat.

By Nida Saripah - Penyakit Selasa, 28 Februari 2017 10:37:24

Related Post :
Tips
Tips Memilih Cream Pemutih…

Tips memilih cream pemutih…

Kesehatan
Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati…

Bahu Tinggi Sebelah? Hati-hati…

Kesehatan
Anjuran Makanan Sehat Yang…

Terdapat 7 anjuran makanan…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan…

Selain sebagai pelengkap dokumen…

Alami
Obat Gatal Pada Kulit…

Obat gatal pada kulit…

Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang…

Carbamazepine obat penyakit kejang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid Jika Tidak Segera Diobati

Ketahui 4 bahaya keloid jika…

Penyakit
Penyakit
Gejala Penyakit Gonore pada Pria yang Wajib Diketahui

Mengetahui gejala penyakit gonore pada…

Kirim Pertanyaan
Top