Khasiat Manfaat Daun Pare Bagi Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun pare di masyarakat mungkin tidak sepopuler dengan buahnya. Meski memiliki rasa pahit yang khas, namun buah pare tetap di banyak di gemari, karena sebagian meyakini bahwasannya manfaat buah pare untuk diabetes dan kesehatan lainnya sangatlah tinggi. Namun anda juga jangan meremehkan bagian daunnya. Karena khasiat daun pare sendiri sangat baik mulai dari menjaga kesehatan hingga pengobatan. Bagi anda yang penasaran dengan informasi lebih lengkapnya, anda bisa menyimak ulasan singkat berikut ini.


Pare atau paria (sebutan orang sunda) merupakan salah satu jenis tanaman yang berasala dari kawasan Asia tropis. Memiliki buah dengan karakteristik pahit, menjadikan tanaman ini mudah di kenal oleh masyarakat. Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara kawasan Asia seperti China pun buah atau sayuran ini juga cukup populer. Bahkan di negara assia lainnya seperti Filipina, Vietnam, india dan juga Taiwan pare di kenal di manfaatkan sebagai obat.

Tak kalah dengan buahnya, daun pare pun memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Di dalamnya terdapat berbagai senyawa dan juga fitokimia yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh yang diantaranya seperti momordin, momordicine, asam resinat, charantine, asam trikosanik, resin, saponin, vitamin A, vitamin D, dan juga lemak. Adapun lemak yang terkandung di dalam daun pare di antaranya adalah asan oleat, asam lonoleat dan L.oleostearat.


Adapun kegunaan daun pare saya kira hanya untuk bayi. Karena pada saat saya masih kecil saya sering kali memperhatikan orang tua saya memanfaatkan daun pare untuk menghilangkan kerak kepala pada bayi baru lahir yang mulai mengeras. Caranya yaitu dengan meremas daun pare dan menggosok-gosokannya pada kepala bayi sebelum ia di keramasi dengan menggunakan sampho.

Namun tak terbatas hanya dengan manfaat daun pare untuk bayi, karena kini telah banyak penelitian yang di lakukan seputar kandungan daun pare. Dan dari situ para pakar kesehatan menegaskan, bahwasannya banyak khasiat daun pare yang bisa kita petik di dalamnya, mulai untuk kesehatan, pengobatan, kecantikan hingga menghilangkan jerawat. Adapun khasiat dan manfaat daun pare untuk kesehatan selengkapnya adalah sebgai berikut.

1. Mengobati batuk
Tak hanya pada dewasa, manfaat daun pare untuk batuk juga berlaku untuk anak. Baik jenis batuk yang di derita batuk kering maupun batuk berdahak. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun pare pada malam hari menjelang tidur, agar obat herbal batuk ini lebih baik prosesnya.

2. Melancarkan ASI
Khasiat dari daun pare lainnya adalah melancarkan keluarnya ASI. Sehingga anda bisa memberikan manfaat ASI eksklusif pada bayi anda. Caranyapun sangat sederhana. Cukup dengan menumbuk daun pare hingga lembut dan tempelkan pada bagian payudara. Lakukan cara ini sehari satu kali untuk melancarkan ASI.

3. Mengobati wasir
Kandungan yang terdapat di dalam daun pare, mampu untuk mengurangi peradangan pada pembuluh darah di sekitar anus yang mana merupakan penyebab wasir atau ambeien. Untuk itu, jika anda kini menderita wasir segera konsumsi minuman yang terbuat dari daun pare secara teratur.

4. Mengobati berbagai penyakit kulit
Untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul, luka borok, panu, alergi hingga abses anda bisa memanfaatkan daun pare untuk memngatasinya. Caranya cukup dengan mengoleskan tumbukan daun pare pada bagian kulit yang terkena setidaknya sekali dalam sehari. Agar penyakit kulit terutama yang di sebabkan oleh alergi tidak kambuh lagi.

5. Menjaga kesehatan mata
Tak hanya wortel, ternyata jus daun pare juga nyatanya sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengonsumsinya secara teratur maka dapat mempertajam penglihatan mata teruta di malam hari juga mencegah terjadinya rabun malam.

6. Menumbuhkan rambut
Mengolah daun pare dengan cara menumbuknya hingga rambut juga dapat di manfaatkan untuk menjaga kesehatan sekaligus menumbuhkan rambut yang telah berguguran. Karena kandungan di dalamnya dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis ke dalam masker tersebut untuk menambah nutrisi yang lebih lengkap lagi untuk kulit kepala.

7. Mengobati penyakit meular seksual (PMS)
Beberapa jenis penyakit menular seksual baik pada wanita maupun pria seperti kencing nanah (gonore) dan juga sifilis dapat di atasi secara alternatif dengan menggunakan daun pare. Untuk menyembuhkannya anda bisa melakukan terapi meminum air rebusan daun pare  atau seduhan dari daun pare secara rutin dan juga teratur.

8. Malancarkan siklus haid
Pada beberapa wanita, mungkin sering kali mengalami terlambat datang bulan atau siklus haid yang tidak teratur dan juga sering kali berubah. Adapula dari sebagian wanita yang menderita rasa sakit sebelum atau ketika datang bulan. Untuk mengatasinya, manfaat daun pare bisa menjadi solusi yang tepat. Caranya yaitu, dengan mengonsumsi air rebusan daun pare setidaknya sekali sehari secara tertur di pagio hari atau malam hari menjalang tidur.

9. Menurunkan demam
Demam yang tinggi sangat berpotensi menyebabkan kejang-kejang. Untuk itu, segara atasi kondisi tersebut salah satunya dengan menggunakan daun pare. Anda dapat menggunakan rebusan atau seduhan air daun pare untuk mengatasi demam tinggi.

10. Mengobati peradangan usus
Adanya masalah peradangan pada usus nyatanya dapat mengganggu sistem pencernaan. Adapun kondisi ini sering kali di sebabakan oleh bakteri ataupun asupan makanan yang tidak menyehatkan. Untuk itu, anda bisa memanfaatkan rebusan air daun pare tersebut dengan mengonsumsi minimal 1 kali dalam sehari untuk mencegah adanya gangguan sistem pencernaan yang lebih parah.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat daun pare untuk kesehatan seperti halnya untuk mengatasi radang hati, sakit gigi, cacingan, campak, menjaga kesehatan payudara dan masih banyak lainnya.

Berikut cara pengolahan daun pare yang benar untuk kesehatan:

1. Daun pare dengan cara di rebus

  • Ambil segenggam daun pare yang masih muda dan segar.
  • Setelah di cuci bersih, kemudian rebus daun pare tersebut dengan menggunakan 3-4 gelas air.
  • Jika telah tersisa satu gelas angkat, dan tuangkan ke dalam gelas dan tunggu hingga dingin untuk di minum.
  • Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya ke dalamnya untuk menambah kenikmatan saat dimunm seperti halnya madu.
  • Untuk pngobatan penyakit setidaknya anda bisa menonsumsi sehari satu kali, atau anda juga bisamenyakannya terlebih dahulu ke pakar kesehatan herbal.

2. Daun pare dengan cara di seduh

  • Ambil beberapa helai daun pare yang muda dan segar.
  • Setelah bersih, kemudian tumbuk daunnya hingga benar-benar lembut.
  • Kemuian masukkan ke dalam gelas dan tuangkan air panas ke dalamnya.
  • Tunggu hingga warna air mulai berubah agak gelap dan airnya mulai hangat.
  • Saring dan buang ampas daunnya.
  • Air seduhan daun pare mulai bisa anda minum, namun jika anda menginginkan rasa yang enak anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat daun pare untuk kesehatan dan cara pengolahannya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar manfaat daun yang ada di sekitar kita.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 28 Februari 2017 15:00:29

Related Post :
Manfaat
Manfaat Minyak Jojoba Untuk…

Ada yang tahu manfaat…

Manfaat
Manfaat Dibalik Nikmatnya Daging…

Dibalik rasanya yang nikmat,…

Kesehatan
Wajib Tahu! 10 Buah…

Selain minum obat, untuk…

Penyakit
Penyebab Radang Tenggorokan Dan…

Radang tenggorokan adalah peradangan…

Penyakit
Mengenal Penyebab Pembengkakan Kelenjar…

Penyebab dan gejala pembengkakan…

Ibu Dan Anak
Penyebab Umum Bayi Menangis…

Sebagian besar orangtua, terutama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top