Diagnosis Dan Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Share dan Tag Temanmu di :

Pengobatan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) sebaiknya segera di lakukan pada saat gejala awal terjadi. Hal ini bertujuan untuk menekan tingkat keparahan semakin tinggi. Karena pada kasus yang sudah parah, penyakit CTS hanya dapat di atasi dengan prosedur operasi. Dan berikut akan kami paparkan selengkapnya mengenai diagnosis dan juga pengobatan carpal tunnel syndome secara medis.


Sebelum kita ke menuju ke pembahasan utama ada baiknya sebelum itu kita mengetahui beberapa cara diagnosis yang tepat untuk penyakit ini.

Cara mendiagnosis CTS biasanya di lakukan dengan berbagai pemeriksaan fisik yang di lakukan secara langsuing oleh dokter kepada pasien. Selain itu, diagnosis CTS ini juga meliputi berbagai tes yang diantaranya:

- Tes fisik. Dokter akan memeriksa indera sentuhan atau jari-jari yang terpengaruh oleh saraf median. Selain itu, dokter juga akan memenepuk jari dan juga kemungkinan akan menyuruh anda untuk  mengangkat tangan di atas kepala anda selama beberapa menit untuk mengetahui apakah dapat memunculkan gejala Carpal Tunnel Syndrome atau tidak.

- Tes darah. Dokter akan menyuruh anda melakukan tes ini apabila di gejala CTS yang anda alami di vcurigai di sebabakan oleh kondisi medis lainnya.

- Elektronografi atau konduksi saraf. Prosedur ini di lakukan untuk mengetahui seberapa banyak keruksakan saraf yang anda alami.

- Pencitraan ultrasonografi. Tes ini di lakuka untuk melihat struktur saraf secara lebih jelas, apabila di curigai terdapatnya massa tumor yang menekan saraf medianus.

Adapun pengobatan CTS pada beberapa penderitanya tidak memerlukan penangan secara khusus. Seperti halnya pada penderita CTS ibu hamil, yang mana kondisi tersebut akan pulih dengan sendirinya setelah satu hingga 2 bulan masa kelahiran bayi. Namun tetap saja, jika CTS memang memerlukan pengobatan, maka penanganan yang dapat di lakukan harus  di sesuaikan dengan tingkat keparahan yang di alami.

Agar gejala yang di alami tidak semakin parah, di samping harus segera melakukan pengobatan juga perlu menghindari berbagai aktivitas maupun kegiatan yang membuat jari tangan banyak di gunakan. Adapun jika gejala CTS tidak membaik dalam beberapa minggu mak, ada beberapa pengobatan yang perlu di lakukan untuk meredakan penekanan pada saraf median. Adapun teknik pengobatan yang di lakukan adalah:

1. Pembebatan pergelangan tangan
Prosedur pengobatan ini memiliki tuuan untuk menempatkan posisi pergelangan tangan selalu berada pada posisi netral. Pembebatan tangan ini biasanya akan membebani lorong netral. Bahkan arah tangan yang membengkok dapat menambah tekanan pada saraf median.

2. Obat antiinflamasi non-steroid (OAINS). Meski hibngga saat ini belum terbuksi bahwa oba semisal ibuprofen dapat mengobati penyakit CTS, namun jenis obat ini setidaknya dapat mengurangi dan meredakan rasa nyeri yang muncul dalam jangka pendek.

3. Kortikosteroid
Obat yang mengandung senyawa kimia yang kuat ini, sering kali di gunakan untuk mencegah peradangan. Pada umumnya jenis obat ini adalah tablet. Namun khusus untuk CTS, anda akan di berikan suntikan kortekosrteroid pada pergelangan tangan anda.

4. Operasi
Proser yang sat ini merupakan prosedur pngobatan CTS terakhir apabila jenis pengobatan lainnya tidak jua membuahkan hasil. Operasi CTS ini sendiri di kenal dengan nama dekompresi lorong karpal atau operai pelepasan lorong karpal. Ada beberapa pilihan prosedur operasi yang bisa di lakukan. Untuk itu, ada baiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat untuk kondisi anda.

Namun, sebelum melakukan prosedur operasi CTS ada baiknya untuk mempertimangkannya terlebih dahulu secara matang. Karena meski operasi yang  dilakukan dapat menyembuhkan penyakit karpal tunnel syndome dapat pulih secara menyeluruh, namun terdapat beberapa komplikasi yang kemungkinan dapat muncul pasca melakukan operasi CTS. Seperti halnya infeksi, pendarahan pasca operasi, gejala CTS yang semakin berlanjut akibat operasi tidak berhasil, bekas luka, cedera saraf, sakit pada pergelangan tangan, munculnya Complex Regional Syndrome (CPRS), yang mana kondisi ini menimbulkan rasa nyeri pada beberapa bagian titik tubuh.

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 01 Maret 2017 10:43:51

Related Post :
Tips
Cara Membuat Masker Jeruk…

Anda sedang mencari masker…

Penyakit
Waspadai Ciri-ciri Kanker Rahim…

Waspadai kanker rahim sejak…

Kesehatan
Bahaya Menelan Dahak Yang…

Bahaya menelan dahak yang…

Ibu Dan Anak
Cara Mengatasi Kurang Gizi…

Kurang gizi pada anak…

Kesehatan
Pencegahan Dan Pengobatan Darah…

Mencegah hipertensi akan lebih…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyakit
Sering Berkeringat Dingin? Jangan Dianggap Spele!

Sering berkeringat dingin? jangan dianggap…

Penyakit
Waspadai Gejala Bidai Tulang Kering Atau Shin Splints

Waspadai gejala bidai tulang kering…

Kirim Pertanyaan
Top