Salah Membersihkan Telinga Bisa Rusak Sistem Pendengaran

Share dan Tag Temanmu di :

Menjaga kebersihan tubuh, termasuk menjaga kebersihan telinga sangat penting untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal. Lalu, apakah Anda sudah membersihkan telinga dengan benar ? Jangan sampai Anda membersihkan telinga dengan cara yang justru membahayakan bagi kesehatan. Karena salah membersihkan telinga bisa rusak sistem pendengaran Anda.


Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa membersihkan telinga secara manual bisa merusak sistem pendengaran. Sejumlah peneliti di American Academy of Otalaryngology menemukan bahwa memasukkan benda asing ke dalam telinga seperti cotton buds justru bisa merusak sistem pendengaran. Benda tersebut juga bisa meningkatkan produksi serumen.

Lebih parahnya lagi, membersihkan telinga dengan memasukkan benda asing bisa meningkatkan risiko robeknya gendang telinga, sehingga membuat tulang lunak di telinga bergeser hingga menyebabkan infeksi berat.

Kesalahan membersihkan telinga seperti memasukkan pembersih secara kasar dipercaya dapat menimbulkan rasa sakit, gatal, telinga seperti tertutup, bau tidak sedap, telinga berdenging, dan hilangnya pendengaran.

Menurut Dr Seth Schwartz dari American Academu of Otalaryngology, kita sering berpikir membersihkan telinga bisa mengeluarkan kotoran pada telinga. Namun, yang sebenarnya adalah ketika kita memasukkan bedan asing seperti cotton buds, lilin telinga atau benda lain untuk membersihkan kotoran justru akan mendorong kotoran tersebut masuk ke saluran telinga yang lebih dalam. Hal ini bisa lebih berbahaya dan berisiko.

Perlu diketahui, telinga bisa membersihkan kotorannya sendiri. Ada beberapa zat di telinga yang bisa mencegah masuknya kotoran ke dalam telinga. Zat tersebut berfungsi untuk menyaring debu, asap, dan kotoran lain agar tidak masuk ke telinga. Zat ini selanjutnya akan membentuk cairan yang lengket ditelinga dan lama-lama mengering. Ini bisa hilang dengan sendirinya saat kita mandi.

Agar kesehatan dan kebersihan telinga tetap terjaga dengan baik, pastikan untuk membersihkannya dengan cara yang tepat. Jangan memaksa untuk membersihkan kotoran di telinga dengan memasukkan benda asing ke dalam telinga. Cukup membersihkannya saat mandi dengan membasuhnya, hal itu lebih baik dan aman.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 01 Maret 2017 14:25:55

Related Post :
Alami
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kanker Payudara…

Makanan penyebab kanker payudara…

Manfaat
Jangan Abaikan Kacang Merah!…

Jangan abaikan kacang merah!…

Kesehatan
Terapi Pengobatan Untuk Penderita…

Insomnia merupakan sebuah kelainan…

Kesehatan
Anda Penderita Vertigo? Hindari…

Supaya vertigo tidak semakin…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Cara…

Perut kembung adalah salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
3 Gerakan Sederhana untuk Mengurangi Mata Lelah

Bekerja di depan komputer dalam…

Kesehatan
Mata Kedutan Terus Menerus? Waspadai Gejala Penyakit Saraf!

Mata kedutan terus menerus? waspadai,…

Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi Kopi Instan Bagi Kesehatan

Kopi instan memang dapat memberikan…

Kirim Pertanyaan
Top