Tips Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Share dan Tag Temanmu di :

Batuk berdahak adalah kondisi dimana pada saat batuk mengeluarkan lendir. Batuk  berdahak memang termasuk dalam penyakit ringan, tapi akan mengganggu aktifitas bila terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan. Dan untuk mengobati batuk berdahak bisa dengan pengobatan alami  yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti jahe, jeruk nipis, daun sirih, madu, lada putih dan daun kemangi.


Tips Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Teh jahe

Cara alami mengobati batuk berdahak adalah dengan mengkonsumsi teh hangat dengan jahe. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan dahulu jahe dan teh hangat. Cuci terlebih dahulu jahe berukuran sedang, kemudian iris-iris dan campurkan irisan jahe tersebut dalam teh hangat. Bila kurang suka rasanya, anda bisa menambahkan sedikit madu. Minum teh jahe 2 kali sehari sampai batuk berdahak yang sedang anda alami tersebut benar-benar sembuh.

Belimbing wuluh

Cara mengobati batuk berdahak secara alami adalah dengan mengkonsumsi air rebusan belimbing wuluh. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu bahan-bahannya seperti belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula dan secangkir air. Cuci terlebih dahulu belimbing wuluh dan iris-iris belimbing wuluh. Rebus irisan belimbing wuluh dan beberapa butiran adas dengan menggunakan air hingga mendidih. Sesudah dingin, saring airnya, tambahkan sedikit gula. Minum air rebusannya 2 kali sehari sampai batuk berdahak sembuh.

Jeruk nipis

Jeruk nipis ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, tapi juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan salah satunya adalah membantu meredakan batuk berdahak. Anda bisa memanfaatkan air jeruk nipis. Yaitu dengan cara peras jeruk nipis, tambahkan kecap secukupnya, campur hingga merata. Kemudian minum air perasanya 2 kali sehari.

Kunyit

Kunyit biasanya dimanfaatkan untuk mengobati maag. Namun kunyit juga berkhasiat mampu membantu meredakan batuk berdahak secara alami. Cara mengolah kunyit untuk meredakan batuk berdahak yaitu yang pertama sediakan dahulu bahan-bahannya yaitu kunyit, air putih, madu dan susu. Kupas kunyit dan cuci terlebih dahulu, parut dan saring. Ambil air perasannya, masukan dalam satu sendok madu, campur hingga rata. Kemudian masukan campuran kunyit ibi ke dalam satu gelas susu, campur hingga merata. Setelah itu, minum ramuan ini 2 kali sehari yaitu di pagi dan malam hari.

Daun kemangi

Cara alami lainnya untuk mengobati batuk berdahak adalah dengan mengkonsumsi air daun kemangi. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan terlebih dahulu 2-3 batang daun kemangi, cuci dengan air bersih, kemudian rebus daun kemangi dengan menggunakan air sampai mendidih sampai air nya tersisa satu gelas. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Daun asam

Manfaat daun asam bagi kesehatan mungkin tidak diketahui banyak orang. Padahal daun asam ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan termasuk dalam mengobati batuk berdahak. Cara mengolah daun asam yang digunakan sebagai obat batuk berdahak sangatlah mudah yaitu sediakan terlebih dahulu setengah genggam daun salam yang masih muda, daun saga manis, kayu manis, dan gula batu.Cuci terlebih dahulu dauns alam dan daun saga manis. Rebus daun salam, daun saga manis dan kayu manis dengan menggunakan air hingga mendidih hingga tersisa setengah gelas. Saring dan bila sudah hangat maka minum air rebusannya 2 kali sehari.

Bunga mawar


Bunga mawar biasanya dipakai untuk produk kecantikan. Namun, bunga mawar juga bisa bermanfaat bagi kesehatan termasuk membantu mengobati batuk berdahak secara alami. Cara mengolah bunga mawar yang dijadikan sebagai obat batuk berdahak yaitu cuci terlebih dahulu 10 gram bunga mawar yang masih berkelopak, tim bunga mawar dengan menggunakan air secukupnya, tambahkan gula batu, saring dan minum air mawar 2 kali sehari.

Masih banyak lagi bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat dapat membantu mengobati batuk berdahak diantaranya daun mint, daun sirih, madu dan lada putih. Semoga dengan mengkonsumsi salah satu bahan alami atau beberapa bahan alami diatas, bisa membantu anda dalam menyelesaikan masalah batuk berdahak yang sedang anda alami.

By Rizka Ardiana - Tips Rabu, 01 Maret 2017 15:57:28

Related Post :
Kesehatan
Waspada ! Ini Tanda-Tanda…

Anda sering merasa cemas…

Kesehatan
Ibu Jari Tangan Kiri…

Ibu jari tangan kiri…

Obat Kimia
Khasiat Obat Sulfasalazine Untuk…

Obat sulfasalazine termasuk obat…

Manfaat
Manfaat Biji Kopi Hijau…

Beragam manfaat dna khasiat…

Tips
Tips Ampuh Mengobati Muntaber…

Tips ampuh mengobati muntaber…

Penyakit
Diagnosa Terhadap Pankreatitis akut…

Diagnosa terhadap pankreatitis akut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis Dengan Terapi Medis

Cara mengobati penyakit hepatitis akan…

Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo anak…

Tips
Tips Mendeteksi Keberadaan Kutu Rambut

Tips mendeteksi keberadaan kutu rambut…

Kirim Pertanyaan
Top