Cara Mengobati Carpal Tunnel Syndrome (CTS) Secara Alami

Cara mengobati carpal tunnel syndrome (cts) secara alami berikut bisa menjadi alternatif yang dapat anda lakukan untuk membantu dalam mengurangi hingga meredakan berbagai gejala penyakit carpal tunnel syndrome yang anda derita. Untuk informasi selengkapnya, anda bisa menyimak ulasan singkat berikut.


Penyakit CTS atau carpal tunnel syndrome (sindrom terowongan karpal) dapat di artikan sebagai suatu kondisi yang mempengaruhi tangan dan juga lengan yang mana sering kali menyebabkan sensasi kesemutan, kaku hingga mati rasa pada tahap awal. Jika anda telah mengalami berbagai gejala tersebut, ada baiknya untuk segera memeriksakannya pada ahli medis terdekat, supaya pengobatan carpal tunnel syndrome bisa di lakukan sedini mungkin.

Pada stadium lebih lanjut, penyakit ini sering kali menyebabkan sakit parah, kelemahan hingga keruksakan saraf di tangan. Sehingga tak jarang prosedur operasi di lakukan sebagai cara menyembukan carpal tunnel syndrome ini. Pada umumnya, kondisi ini dapat terjadi pada salah satu maupun kedua tangan dan lebih cenderung terjadi pada wanita di banding pria.

Seperti yang telah di bahas pada ulasan sebelumnya, bahwasannya penyebab penyakit carpal tunnel syndrome ini belum di ketahui secara pasti. Namun, terhimpitnya saraf median yang melewati lorong karpal, akibat terjadinya pembengkakan saraf maupun otot di sekitarnya di sebut-sebut sebagai faktor resiko paling umum dari kondisi ini. Selain itu, kehamilan dan gangguan medis lainnya seperti reumatoid arthritis, diabetes dan disfungsi tiroid juga dianggap memiliki perananan penting atas terjadinya carpal tunnel syndrome.

Cara mengobati carpal tunnel syndrome (cts) secara alami di rumah

Selain secara medis, cara alami mengatasi carpal tunnel syndrome juga dapat menjadi pilihan maupun solusi terbaik. Baik berupa terapi maupun memanfaatkan bahan alami yang dapat di lakukan di rumah. Beberapa tips berikut ini juga sangat aman di lakukan sebagai cara mengatasi carpal tunnel syndrome pada ibu hamil selama kehamilannya berlangsung.

1. Memanfaatkan garam epson
Garam epsom di kenal sebagai bahan alami yang di anggap megandung anti inflamasi dan juga relaksasi otot alami karena kandungan magnesium yang terkandung di dalamnya. Garam ini juga di kenal cukup efektif mmberikan khasioat untuk melemaskan otot-otot yang tegang pada lengan akibat penyakit CTS ini.

Cara memanfaatkannya sendiri anda bisa mencampurkan 1/2 hingga 1 cangkir grama epsom pada bak air hangat. Kemudian rendamlah tangan dan pergelangan tangan anda di dalamnya selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali dalam seminggu hingga kondisi anda membaik.

2. Menggunakan minyak jarak
Cara alami mengatasi carpal tunnel syndrome lainnya adalah dengan menggunakan minyak jarak. Bahan alami yang satu ini di anggap sangat baik dalam mengobati penyakit sindrom terowongan karpal ini. Di dalamnya juga terkandung sifat antiinflamasi  yang dapat membantu mengurangi peradangan, menekan rasa sakit hingga mengembalikan fungsi normal lengan.

Adapun cara pemanfaatannya adalah dengan menghangatkan minyak jarak secukupnya kemudian dioleskan pada bagian tangan yang bermasalah. Kemudian pijat tangan, jempol, jari hingga pungung tangan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bungkus tangan dengan planel dan biarkan selama satu jam. Lkukan cara secara teratur satu kali dalam sehari dalam seminggu hingga ada perbaikan.

3. Manfaat nutrisi minyak lenan atau minyak biji rami
Di dalam minyak biji rami ini terkandung asam lemak omega-3 yang begitu tinggi, yang mana di dalamnya juga terkandung sifat analgesik, efek anti-inflamasi serta anti-okdodatif di dalamnya. Sehingga banyak yang beranggapan minyak lenana ini juga termasuk ke dalam daftar bahan alami yang dapat membantu meringankan rasa sakit maupun pembengkakan yang di akibatkan oleh CTS.

Bahkan sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2014 yang di terbitkan oleh DARU Journal of Pharmaceutical Sciences yang menyatakan bahwasannya minyak biji lenan cukup efektif dalam merawat penyakit CTS yang ringan dan juga sedang. Khasiat di dalamnya pula dapat membantu mengurangi tingkat keparahan gejala serta status fungsional yang di alami oleh penderitanya. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mengonsumsi minyak ini 1-3 sendok makan minyak biji lenan ini stiap harinya. Anda juga bisa menambahkannya pada jus, smoothie maupun susu.

4. Menggunakan manfaat sari cuk apel
Bahan alami lainnya yang m,udah di temukan di rumah untuk mengatasi penyakit cts adalah sari cuka apel.  Bahan alami satu ini sangat kaya akan berbagai macam mineral yang diantaranya seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor yang selai dapat mengurangi peradangan dan nyeri yang di sebabakan oleh CTS juga mampu membantu mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tulang dan otot.

Adapun cara mmanfaatkannya adalah dengan menambhakan 1 sendok makan sari cuka apel mentah tanpa di saring, yang di tambahkan dengan sedikit madu organik ke segelas air hangat dan diminum dua kali sehari. Anda juga bisa memanfaatkan sari cuka apel yang belum di saring dan mencampurkannya dengan minyak zaitun dengan takaran yang sama, yang di gunakan untuk memijat daerah yang terdampak 2-3 kali sehari hingga kondisi anda membaik.

5. Lakukan latihan peregangan
Metode yang satu ini sangat bagus untuk melenturkan, memutar dan meregangkan pergelangan tangan hingga lengan  selama anda menderita CTS. Peregangan ini juga sangat baik untuk meningkatykan sirkulasi darah dan mengurangi beberapa gejala setiap kali anda memiliki waktu luang. Setiap kali ada waktu luang sebaiknya anda melakukan latihan peregangan yang mudah meski di lakuakn sembari duduk.

Adapun gerakan pregangan yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

- mula-mula kepalkan tangan, lepaskan dan kibas-kibas jari anda. Lakukan gerakan ini 5-10 kali.
- Letakkan tangan anda di posisi berdoa. Lbarkan jari dan tetap buat ujung jari menyentuh jari-jari tangan yang berlawanan saat anda membuka dan menutup telapak tangan anda. Lakukan gerakan ini selama 5-10 menit.
- Kibaskan tangan seolah-olah anda dengan mencoba mengeringkannya di udara selama 5 menit setiap kalinya.
- Untuk lebih efeketifnya, tanyakan pada dokter jenis peregangan lainnya yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, serak serta mobilitas tangan dan pergelangan anda.

6. Melakukan akupuntur
Akupun tur juga berupakan salah satu metode alami pengoatan carpal tunnel syndrome. Karena terapi ini mampu mengembalikan fungsi saraf dan memberikan pertolongan dari rasa sakit.

Bahkan faktanya, metode ini di kenal sebagai pilihan yang baik bagi penderita carpal tunnel syndrome untuk menghindari proses operasi. Hal tersebut di sebutkan dalam sebuah stui ada tahun 2012 yang di terbitkan dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Research in Medical Sciens, yang mana menyimpulkan bahwasannya terapi akupuntur dapat mengurangi gejala CTS.

7. Vitamin B6
Dalam sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2007 yang di terbitkan dalam Canadian Family Physician, merekomendasikan vityamin B6  sebagai bagian dari pengobatan komplementer untuk menunda operasi tangan pada penderita CTS. Hal tersebut di karenakan jenis vitamin ini  memiliki peranan penting dalam sintetis neurotransmitter serta metabolisme asam amino.

Ada bisa mendapatkan jenis vitamin ini dari berbagai sumber makanan yang di konsumsi setiap hari seperti halnya piostachio, salmon, tuna, biji wijen, bawang putih mentah dan banyak lagi lainnya. Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen vitamin B6, 50-100 gram perharinya setelah sebelumnya anda mengkonultasikannya terlebih dahulu dengan dokter.

Selain melakukan berbagai cara mengobati carpal tunnel tersebut, ada baiknya juga jika anda mengimbangainya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan seperti tomat, labu, paprika dan lainnya. Selain itu, untuk mempercepat kesembuhan dari kondisi ini juga di sarankan untuk memakai belat pergelangan tangan di malam hari, berhenti merokok, istirahat yang cukup, memakai bantalan saat mengetik maupun menggunakan mouse dalam waktu yang lama, memperbaiki postur tubuh dan menghentikan segala aktivitas yang dapat menimbulkan keparahan pada nyeri.

By Nida Saripah - Alami Kamis, 02 Maret 2017 10:08:58

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?

  • apa manfaat mengonsumsi air daun kersen ?

    1 Balasan

    Alami

    Dok, saya sering kali melihat ibu saya mengonsumsi air rebusan daun kersen. Dan ketika saya tanya, katanya itu baik untuk kesehatan dan bisa mengobati penyakit juga. Apakah benar daun kersen…

  • obat alami untuk mengatasi sakit maag

    1 Balasan

    Alami

    Ibu saya mengidap sakit maag, jika penyakit maag nya kambuh ibu saya suka mengkonsumsi obat dari apotek. Yang saya khawatirkan ada efek samping dari obat tersebut. Apakah ada obat alami…


Alami
Cara Membuat Masker Alami dari Alpukat Untuk Kulit Kering

cara membuat atau meracik masker…

Alami
Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

cara menghilangkan panu secara almi…

Alami
Cara Mengusir Dahak Tanpa Obat Kimia

Cara Mengusir Dahak Tanpa Obat…

Tambah Pertanyaan
Top