Penyebab Nafsu Makan Berlebihan Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Memiliki balita atau anak yang nafsu makannya baik, tentu menjadi kebahagian tersendiri bagi para orang tua. Namun, harus diperhatikan apakah nafsu makannnya pas atau malah berlebihan? karena bila nafsu makan anak berlebihan, dapat  berisiko obesitas. 


Mungkin bagi sebagian orang tua mengeluhkan bahwa anaknya mengalami penurunan nafsu makannya atau bahkan susah makan. Sehingga saat si kecil tidak nafsu makan, maka mereka melakukan berbagai cara agar nafsu makan meningkat pada anaknya. Berbeda dengan anak yang nafsu makannya baik, sehingga tidak perlu melakukan cara agar si kecil nafsu makannya meningkat. Karena si kecil dengan sendirinya minta makan, tanpa harus anda suruh untuk makan.

Penyebab Nafsu Makan Berlebihan Pada Anak

Menyediakan banyak makanan di rumah

Salah satu penyebab nafsu makan berlebihan pada anak adalah orang tua selalu menyediakan banyak makanan di rumah. Oleh sebab itu, jangan menyediakan banyak makanan di rumah, apalagi makanan yang mudah diakses anak. Batasilah persediaan makanan di rumah juga kurangi persediaan makanan cepat saji.

Pelampiasan masalah

Penyebab nafsu makan anak berlebihan berikutnya adalah karena bentuk pelampiasan masalah misalnya anda selalu menuntut anak supaya menghabiskan makanannya. Seperti yang telah anda ketahui, bahwa ada beberapa jenis makanan yang bersifat menenangkan, maka beberapa orang mengkonsumsi makanan tersebut dijadikan sebagai pereda stres.

Menghukum si kecil dengan makanan

Ketika anak melakukan kesalahan mungkin ada sebagian orang tua tidak memberikan anaknya makan. Pengalaman seperti ini bisa membuat si kecil selalu merasa lapar dan  merasa ketakutan. Sehingga si kecil pun berusaha maka saat ada kesempatan dan membuat si kecil nafsu makannya berlebihan.

Cara mengontrol nafsu makan yang berlebihan pada anak

Agar anak tidak mengalami obesitas akibat nafsu makannya berlebihan, sebaiknya anda harus mengontrol nafsu makan yang berlebihan tersebut diantaranya:

  • Mencari penyebabnya mengapa si kecil nafsu makannya jadi berlebihan. Sesuah mengetahui penyebabnya, sebaiknya anda harus mencari solusinya.
  • Biasakan dan latih anak untuk makan tepat waktu. Karena jika membiarkan si kecil untuk melewatkan waktu makan bisa membuat selalu merasa lebih lapar dan si kecil pun makan dengan porsi yang banyak.
  • Berikan contoh pada si kecil. Agar nafsu makan si kecil tidak berlebihan, sebaiknya para orang tua juga harus memberikan contoh pada si kecil untuk makan dengan porsi yang pas dan tidak makan dengan porsi berlebihan.
  • Sediakan menu makan yang sehat. Jika memang si kecil mempunyai nafsu makannya berlebih, maka sebaiknya sediakan menu makanan yang sehat dan bergizi. Sebab jika anda menyediakan makanan yang cepat saji, makanan yang berkalori tinggi dan kadar gula yang tinggi, maka akan memperburuk si kecil yang mempunyai nafsu makan berlebih.

Itulah penyebab dan cara mengontrol nafsu makan berlebihan pada anak. Bila buah hati anda mempunyai nafsu makan yang berlebihan, maka anda bisa mencoba cara mengontrol nafsu makan anak yang berlebihan yang telah dijelaskan diatas. Dan semoga bisa membantu anda dalam mengontrol nafsu makan si kecil yang berlebihan.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Kamis, 02 Maret 2017 10:45:36

Related Post :
Kesehatan
Tak Disangka ! Inilah…

Sama seperti sayuran hijau…

Tips
Menghilangkan Keputihan Dengan Daun…

Menghilangkan keputihan daun sirih…

Manfaat
Manfaat Buah Pinang untuk…

Manfaat buah pinang atau…

Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta…

Informasi tentang gejala mata…

Daun
Manfaat Daun Gedi Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Inilah Manfaat Menakjubkan Akar…

Berikut adalah seputar manfaat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi Udara Terhadap Otak Anak

Polusi udara merupakan suatu kondisi…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top