Tanpa Disadari Hobi Ini Bantu Mencerdaskan Otak

Share dan Tag Temanmu di :

Anda pasti memiliki hobi yang sering dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Ada banyak hobi yang sering dilakukan, seperti membaca, menulis, olahraga, mendengarkan musik, memainkan alat musik, dan masih banyak lagi jenis hobi yang bisa Anda lakukan. Namun, apakah Anda tahu bahwa tanpa disadari ada beberapa hobi yang bantu mencerdaskan otak ?


Kecerdasan otak manusia bukanlah suatu hal yang mutlak. Ada beberapa kondsii yang bisa menurunkan kapasitas serta kemampuannya seperti penyakit, ada pula beberapa aktivitas yang jika dilakukan secara rutin dan sepenuh hati dapat memicu peningkatannya.

Hal ini terbukti melalui hobi. Tanpa disadari hobi ini bantu mencerdaskan otak Anda. Apa sajakah itu ? Simak penjelasan berikut ini !

Meditasi

Meditasi dapat membantu seseorang untuk fokus pada pencarian jati dirinya. Hobi ini efektif untuk mengurangi stress serta menghilangkan segala macam bentuk kekhawatiran yang ada di kepala Anda. Dengan melakukan meditasi, seseorang bisa berpikir lebih jernih ketika merencanakan hal-hal tertentu dalam hidupnya. Ia akan lebih efektif dalam menangani suatu hal yang mudah hingga sulit. Ia juga akan lebih jago dalam mengendalikan dirinya dari perbuatan negatif yang dapat merugikan kesehatan fisik dan mentalnya.

Menulis

Hobi menulis dapat membantu meningkatkan kemampuan linguistik, menonjolkan kreativitas, mengundang imajinasi, mengasah keterampilan, melatih fokus, mempromosikan ekspresi diri sendiri, serta membuat seseorang lebih konsisten akan suatu hal. Dari semua hobi, menulis adalah hal paling utama yang menandakan peningkatan pada kecerdasan otak manusia.

Membaca

Selain menulis, bagi Anda yang suka membaca juga ternyata tanpa disadari bisa meningkatkan kecerdasan otak. Terlepas dari apapun yang dibaca, baik fiksi, non fiksi, biografi, antologi, dan sebagainya, seseorang yang rajin membaca akan memiliki lebih banyak inspirasi. Selain itu, imajinasinya pun juga akan luas sehingga waktu untuk stress berkurang. Mereka yang rajin membaca buku juga diyakini memiliki kedamaian hati serta lebih sejahtera secara lahir dan batin. Terlebih, rajin membaca membuat seseorang lebih siap menghadapi sesuatu sebab telah didukung dengan ilmu pengetahuan yang luas, kemudian juga mebuatnya lebih produktif dalam upaya mencapai cita-citanya.

Travelling

Travelling bukan berarti hanya sekedar jalan-jalan ke lokasi wisata. Tetapi juga sebagai upaya untuk mencerdaskan otak. Energi yang terkuras ketika melakuakn perjalanan jarak jauh dapat membantu mengurangi tingkat stress dalam otak. Ketika stress berkurang, maka seseorang akan lebih fokus pada hal-hal yang ia ingin lakukan. Pengamatan akan suatu hal pun menjadi detil dan pemahaman akan suatu budaya atau hal lainnya bertambah. Tentunya ini menjadi aset yang positif bagi otak.

Memainkan alat musik

Sebuah pernyataan yang telah disetujui dan dibuktikan oleh sejumlah peneliti hebat seantero dunia menyebutkan jika musik menstimulasi otak. Musik diyakini memiliki kemampuan untuk mempengaruhi sisi emosional kompleks manusia serta kondisi psikologinya. Peneliti menjelaskan bahwa mendengarkan musik sekaligus memainkan alat musik dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat atau memori seseorang. Memainkan alat musik juga membantu menguji kesabaran serta melatih ketekunan lantaran memakan waktu lama dan juga mengharuskan adanya niat pada seseorang untuk melakukannya. Terlebih lagi, konsentrasi juga meningkat dengan rutinnya melakukan hobi yang satu ini.

Memasak

Apakah Anda suka memasak ? Selain bisa membuat makanan yang lezat, ternyata hobi yang satu ini juga bisa membantu mencerdaskan otak. Orang yang hobi memasak memiliki jiwa kreatif yang tinggi, kemudian komitmen yang kuat untuk menyajikan hindangan dengan rasa yang tepat dan tekad yang bulat untuk memberikan makanan dengan kualitas terbaik. Mereka juga akan sangat perhatian terhadap hal-hal kecil dan mengasah keterampilannya dari waktu ke waktu. Ini merupakan tanda-tanda orang yang memiliki otak cerdas.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 02 Maret 2017 11:09:33

Related Post :
Kesehatan
Keuntungan Berhenti Merokok Bagi…

Setelah anda berhenti merokok…

Kesehatan
Tak Disangka ! Inilah…

Sama seperti sayuran hijau…

Kesehatan
Metode Diet Baru Isi…

Saat ini ada banyak…

Tips
Cara Memakai Masker Yang…

Cara memakai masker yang…

Kesehatan
Jauhi Sekarang! Ini Bahaya…

Jauhi sekarang! Ini bahaya…

Penyakit
Awas! Jangan Abaikan Gejala…

Meskipun umum terjadi, namun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
Ketahui Ciri-ciri Penyakit Bronkitis Sejak Dini

Mengetahui ciri-ciri penyakit bronkitis sejak…

Kesehatan
4 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari Lansia Agar Tetap Sehat

Menjaga pola makan merupakan salah…

Kirim Pertanyaan
Top