Cara Sederhana Pencegahan Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Share dan Tag Temanmu di :

Jika anda kini ingin terhindar dari Carpal tunnel syndrome ataupun ingin menghindari kekambuhan dari kondisi tersebut, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu berbagai hal maupun cara terkait pencegahan carpal tunnel syndrome, seperti yang mana akan kami informasikan pada kesempatan kali ini.


Carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom lorong karpal adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh tekanan yang berlebihan pada saraf median. Kondisi ini pada umumnya menimbulkan beberapa gejala berupa mati rasa, lemah otot dan juga rasa sakit yang berkelanjutan. Penyakit CTS ini bisa di sebabkan oleh banyak hal seperti halnya faktor genetik maupun kegiatan yang terkait dengan pekerjaan yang menggunakan tangan secara berulang.

Namun, sebenarrnya kondisi ini dapat di cegah. Banyak cara mencegah carpal tunnel syndrome ini sehingga dapat mengurangi resiko anda mengalami kondisi ini.

Cara pencegahan carpal tunnel syndrom (CTS) sejak dini

Adapun upaya pencegahan carpal tunnel syndrome terlebih bagi pekerja yang kesehariannya berada di depan layar komputer, meliputi berbagai poin penting yang diantaranya adalah merawat pergelangan tangan, posisi kerja yang baik (jika pekerjaan anda melibatkan gerakan tangan secara berulang) hingga merawat rasa sakit pada tangan yang anda alami.

1. Merawat pergelangan tangan secara benar
Sebagai langkah pencegahan awal terjadinya gejala carpal tunnel syndrome  yang perlu anda lakukan adalah dengan selalu merawat dan menjaga kesehatan pergelangan anda. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Menjaga posisi pergelangan tetap netral sesering mungkin. Karena sindrom karpal ini sering kali di sebabakan oleh penekukan pergelangantangan secara berulang.
  • Usahakan untuk beristirahat setiap 10-15 menit sekaLi setelah melakukan gerakan yang menggunakan tangan secara berulang. Seperti halnya mengetik, memoptong sayuran dan lainnya.
  • Longgarkan genggaman tangan dan kurangi tenaga anda yang berlebihan saatmengerjakan tugas harian menggunakan tangan.
  • Menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, juga dapat embantu menjaga kesehatan pergelangan anda.
  • Menggunakan bidai jika di perlukan. Hal ini sangat membantu anda dalam menjaga posisi tangan tetap netral tanpa menyebabkan adanya ketidaknyamanan yang timbul.
  • Menjaga tangan tetap hangat. Seperti halnya menggunakan sarung tangan pada kondisi lingkungan yang dingin, karena kondisi tersebut dapat meningkatkan resiko rasa sakit dan kekauan pada tangan terjadi.

2. Menerapkan posisi kerja yang baik
Arti dari posisi kerja yang baik sendiri adalah menerapkan postur tubuh yang tepat dan benar saat anda bekerja atau melakukan rutinitas keseharian anda. Anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Jika anda bekerja di depan layar komputer, sebaiknya jaga lengan bawah anda agar tetap sejajar dengan papan tombol. Hal ini meruppakan posisi yang optimal untuk menjaga posisi pergelangan tangan anda tetap berada pada posisi netral.
  • Jaga tangan dan pergelangan tangan anda gar tetap sejajar dengan lengan bawah anda.
  • Jangalah postur tubuh anda dengan benar. Hal ini meliputi duduk dengan benar dan tegak, tidak merosot. Hal ini dapat mencegah tubuh anda untuk merasakan tekananan berlebih pada suatu area, termasuk pergelangan anda.
  • Gunakan peralatan dengan ukuran yang sesuai dengan tangan anda. Karena peralatan yang terl;lalu besar maupun terlalu kecil  dapat membuat anda memberikan peneanana yang berlebih pada tangan.

3. Merawat rasa sakit pada tangan
Jika anda kini mengalami rasa sakit pada tangan, segera rawat agar kondisi ini tidak semakin memperburuk kondisi anda.

  • Kompres pergelangantangan menggunakan es.
  • Melakukan terapi panas dan dingin.
  • Menggunakan mini foam roller.
  • Memijat lengan bagian bawah. Hal ini bisa anda lakukan sendiri maupun menggunakan jasa ahli pijat untuk melakukannya.
  • Menggunakan foam roller biasa.
  • melakukan latihan pergelangan tangan, seperti halnya mendorong dinding, membuat kepan tangan, mengepalkan tangan dengan menekuk pergelangan tangan ke bawah, meregangkan pergelangan tangan danmengibaskan pergelangan.

Nah itulah berbagai cara pencegahan carpal tunnel syndrom (cts) yang harus mulai perhatikan saat ini. Adapun jika anda telah terjangkit penyakit ini ada baiknya segera lakukan pengobatan carpal tunnel syndrome, baik secara medis (pergi ke dokter) maupun menggunakan pengobatan alternatif seperti halnya mempraktekan cara mengobati carpal tunnel syndrome secara alami, seperti halnya yang telah kami informasikan pada kesempatan sebelumnya.

By Nida Saripah - Kesehatan Jum'at, 03 Maret 2017 09:53:10

Related Post :
Kesehatan
Terapi Pengobatan dan Penyembuhan…

Terapi pengobatan dan penyembuhan…

Alami
Begini Cara Ampuh Menghilangkan…

Begini cara mudah dan…

Kulit
Cara Alami Mendetoks Kulit…

Berikut adalah cara alami…

Penyakit
Ciri-ciri Kanker Payudara Pada…

Ciri-ciri kanker payudara pada…

Kesehatan
Fakta Happy Five Pil…

Happy five merupakan jenis…

Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Makanan sehat untuk penderita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Awas! Ini Dampak Buruk Kurang Olahraga Bagi Kesehatan

Beragam dampak buruk kurang olahraga…

Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kenali penyebab sembelit saat hamil.…

Kirim Pertanyaan
Top