Tips Sederhana untuk Kendalikan Bad Mood saat Hamil

Share dan Tag Temanmu di :

Masa kehamilan bukanlah masa yang mudah dan menyenangkan untuk dilalui oleh wanita. Perubahan hormon dan fisik akan mempengaruhi aktivitas ibu hamil. Termasuk perubahan dan kestabilan emosi.


Ibu hamil seringkali diganggu oleh perasaan yang tidak nyaman. Ketika ibu hamil mengalami depresi, sedih, dan tiba-tiba senang ini merupakan reaksi yang sulit untuk diterima oleh diri sendiri. Bahkan beberapa ibu hamil merasakan keterasingan, kurang percaya diri hingga bingung untuk melakukan tindakan ketika sedang hamil.

Kondisi perubahan emosi yang dialami oleh ibu hamil merupakan kondisi yang normal. Namun, walaupun begitu, jika terus dibiarkan akan membuat ibu mengalami frustasi atau stres. Tingkat stres yang tinggi bisa membuat ibu hamil berisiko melahirkan bayi prematur dengan berat badan di bawah rata-rata dan kemampuan kognitif yang terhambat.

Maka dari itu, ibu perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi bad mood atau perasaan tidak nyaman. Berikut ini 4 tips sederhana untuk kendalikan bada mood saat hamil :

Tertawalah

Ketika tertawa, hormon stress akan berkurang dan hormon yang bisa memberi rasa bahagia akan meningkat. Hormon yang bisa memberi rasa bahagia, atau disebut juga endorfin juga bisa membantu meredakan nyeri. Selain itu, tertawa juga bisa merilekskan otot-otot tubuh, membantu kita lebih optimis. Cobalah untuk mencari hiburan atau apapun yang bisa membuat Anda tertawa ketika sedang bad mood.

Tarik napas dalam-dalam

Cari posisi yang paling nyaman, baik itu dengan posisi berdiri, duduk, ataupun berbaring. Kemudian tarik dan hembuskan napas dalam-dalam secara perlahan. Nikmati dan lepaskan setiap helaan napas dengan lega. Tujuan dari melakukan hal tersebut adalah untuk membuat hati tenang dan tidak membebani diri dengan apapun.

Curhat atau berbagi rasa dengan orang terdekat

Jika ada sesuatu yang mengganjal di hati, cobalah untuk berbagi dengan orang disekitar Anda. Curahkan hati dan perasaan Anda agar jadi lebih nyaman. Terkadang bad mood timbul ketika kita merasa kesepian. Jadi, untuk mengatasinya, Anda bisa menemui orang-orang yang paling bisa membuat Anda nyaman dan menghabiskan waktu untuk mengobrol dan bersantai.

Buat atau kerjakan sesuatu

Daripada terus tenggelam dan laru dalam perasaan bad mood yang tidak menentu, cobalah untuk menyibukkan diri. Buat atau kerjakanlah sesuatu yang Anda suka. Atau luangkan waktu untuk melakukan hal yang disukai, seperti membaca buku atau jalan-jalan santai. Dengan begitu, maka kita bisa melepaskan emosi dan lebih mudah untuk menstabilkan perasaan. Tidak lagi tersiksa atau galau dalam bad mood yang tidak menentu.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Jum'at, 03 Maret 2017 11:10:34

Related Post :
Kewanitaan
Ini Penyebab Menstruasi Berkepanjangan…

Ini penyebab menstruasi berkepanjangan…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Diagnosa…

Penyebab dan cara mendiagnosa…

Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik…

Bahan makanan organik dipercaya…

Daun
Manfaat Daun Ungu Untuk…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Ciri-ciri Krim Pemutih Wajah…

Ciri-ciri krim pemutih wajah…

Kesehatan
Inilah Kisah Aldy Yang…

Inilah kisah Aldy yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Cara Mengatasi BAB Berdarah Pada Ibu Hamil Yang Tepat

Cara mengatasi BAB berdarah pada…

Ibu Hamil
Amankah Ibu Hamil Memelihara Kucing?

Amankah ibu hamil memelihara kucing?…

Ibu Hamil
Bahayakah Cabut Gigi Saat Hamil? Cek Disini Jawabannya!

Bahayakah cabut gigi saat hamil?…

Kirim Pertanyaan
Top