Mengenal Sayuran Bok Choy Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Sama seperti brokoli, bayam dan sayuran lainnya, bok choy juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jika mengkonsumsinya. Bok choy merupakan sejenis kubis cina yang termasuk dalam keluarga sayuran silangan. Sayuran ini berdaun lebar yang berwarna hijau, dan batangnya berwarna putih. Rasa dari sayuran bok choy adalah agak manis. Sayuran ini bisa ditumis, dikukus dan diolah menjadi jus.


Bok choy memiliki banyak kandungan gizi didalamnya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi yang ada pada bok choy diantaranya Vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin K, kalsium, kolin, tembaga, mangan, magnesium, serat, folat, zat besi, fosfor, kalium, seng, asam lemak omega-3 dan asam pantohenic.

Manfaat Mengkonsumsi Bok Choy Bagi Kesehatan

Membantu menurunkan risiko berbagai macam kanker

Salah satu manfaat mengkonsumsi bok choy bagi kesehatan adalah mampu membantu menurunkan risiko berbagai macam kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker paru-paru dan kanker payudara. Hal ini dikarenakan sayuran ini mengandung anti-kanker yang dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Peradangan

Tidak hanya untuk menurunkan risiko kanker saja, mengkonsumsi sayuran bok choy juga bisa membantu menurunkan risiko peradangan kronis. Hal ini dikarenakan sayuran ini kaya akan kandungan antioksidan yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

Kesehatan tulang

Selain kaya akan kandungan antioksidan, bok juga mengandung fosfor, magnesiumm seng, kalsium dan vitamin K. Kesemua nutrisi yang ada pada sayuran ini memiliki peran dalam memelihara struktur tulang dan membantu memperkuat tulang. Selain itu bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang.

Kesehatan jantung

Mengkonsumsi bok choy secara rutin juga bisa bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memelihara kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan sayuran ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, kalsium, dan magnesium yang berfungsi dapat membentu mengatur detak jantung, sehingga mengkonsumsi bok choy secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tapi tetap harus diimbangi juga dengan olaharaga secara rutin.

Membantu meningkatkan kesehatan kulit


Seperti yang telah diketahui bahwa mengkonsumsi buah-buahan maupun sayur-sayuran tidak hanya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh tapi juga bagi kesehatan kulit. Bok choy adalah salah sayuran yang bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit. Karena sayuran ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, folat, selenium, kalium dan karotenoid. Kesemua kandungan nutrisi tersebut penting untuk kulit.

Membantu mengurangi risiko gangguan penglihatan

Semua orang tentu ingin memiliki mata sehat. Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan bok choy. Sayuran bok choy tidak hanya mengandung vitamin A, tapi juga memiliki kandungan karotenoid. Kedua kandungan nutrisi ini sangat bagus untuk kesehatan mata. Bahkan kandungan karotenoid yang ada pada bok choy juga bermanfaat dapat membantu mengurangi risiko gangguan penglihatan sepertikatarak, degenarasi makula dan lain-lain.

Tips cara memilih dan menyimpan bok choy yang tepat

  • Pilihlah bok choy yang berdaun hijau terang
  • Pilih bok choy yang masih keras batangnya
  • Pilihlah bok choy yang berdaun tidak layu dan bersih.
  • Bila anda ingin mamasukan bok choy di kulkas, sebaiknya masukan terlebih dahulu sayuran ini ke dalam kantong plastik.

Itulah manfaat dan tips memilih bok choy yang tepat. Jadi selain mengetahui manfaat bok choy, ketahui juga cara memilih dan menyimpan bok choy yang tepat supaya saat menyimpan bok choy di dalam kulkas tidak hilang kandungan nutrisinya. Dan manfaat lainnya bok choy bagi kesehatan adalah dapat membantu melancarkan pencernaan, membantu mengurangi masalah hipertensi dan bermanfaat juga bagi kesehatan syaraf. Bok choy adalah salah satu jeni sayuran yang bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia dari mulai anak-anak, dewasa, lansia hingga ibu hamil. Tapi bagi anda yang mengidap disfungsi tiroid sebaiknya mengurangi untuk konsumsi bok choy.

By Rizka Ardiana - Manfaat Jum'at, 03 Maret 2017 11:31:27

Related Post :
Obat Kimia
Suplemen Antioksidan Mengandung Zat…

Suplemen Antioksidan Mengandung Zat…

Penyakit
Faktor Penyebab Dan Cara…

Faktor penyebab dan cara…

Alami
Begini Cara Mengobati Mata…

Cara mengobati mata gatal…

Penyakit
Betis Terasa Nyeri dan…

Betis terasa nyeri dan…

Manfaat
Manfaat Strawberry Untuk Menurunkan…

Manfaat strawberry untuk menurunkan…

Kesehatan
Ingin Peredaran Darah Lancar?…

Makanan untuk melancarkan peredaran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Makanan Jepang Bagi Kesehatan

Selain memiliki rasa yang nikmat,…

Manfaat
Manfaat Zat Asam Glikolat Dalam Produk Kosmetik

Asam glikolat merupakan zat yang…

Manfaat
Manfaat Sehat Ini Bisa Anda Dapatkan Dari Segelas Jus Ceri

Selain nikmat dan menyegarkan, mengonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top