Tips Mencegah Penyakit Tipes Agar Tidak Kambuh Kembali

Share dan Tag Temanmu di :

Tipes atau dalam bahasa medis dikenal dengan nama typhoid (tifoid) adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri tersebut masuk ke dalam saluran pencernaan yang juga dapat masuk ke peredaran darah melalui makanan, biasanya terjadi pada orang yang tidak mencuci terlebih dahulu tangannya sebelum makan. Umumnya, ketika seseorang terkena penyakit tipes maka seringkali menimbulkan gejala seperti demam, nyeri perut, sakit kepala, pegal, lemas, sembelit, penurunan nafsu makan dan muncul ruam berupa bintik merah pada kulit.

Pengobatan dapat dilakukan dengan konsumsi obat tipes resep dokter ataupun dengan ramuan tradisional dengan memanfaatkan tanaman atau tumbuhan. Gejala tipes dapat diobati dalam waktu tiga sampai dengan lima hari, dan biasanya apabila dibiarkan maka akan memperburuk kondisi kesehatan serta mengakibatkan komplikasi bahkan kematian. Oleh karena itu, penting mengetahui penyakit tipes ini agar segera dapat mengatasinya.

Cara Mencegah Penyakit Tipes agar Tidak Kambuh

Tips agar penyakit tipes tidak kambuh lagi salah satunya adalah dengan pengobatan yang tuntas untuk menghilangkan bakteri penyebab utamanya. Pengobatan tipes yang tidak tuntas akan memperbesar kemungkinan bakteri salmonella typhi menetap sehingga dapat kambuh kembali. Namun ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan agar penyakit tipes tidak kambuh kembali, yaitu sebagai  berikut:

Selalu Mencuci Tangan Sebelum Makan
Bakteri penyebab utama penyakit tipes dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang tidak bersh dan paparan tangan yang kotor. Oleh karena itu, pastikan bersihkan tangan dengan mencucinya agar kotoran tidak menempel pada makanan.

Konsumsi Antibiotika Sesuai Anjuran Dokter
Pengobatan yang tidak tuntas hanya akan mengembalikan kembali penyakit tipes, karena bakteri tidak benar-benar hilang dari tubuh Anda. Sehingga perlu konsumsi antibiotika sesuai anjuran dokter sampai kondisi tubuh sehat.

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Penderita Tipes
Makanan bisa menjadi penyebab terjadinya kambuh pada penderita tipes, oleh karena itu Anda harus bisa memilih makanan yang baik untuk kondisi tubuh Anda. Konsumsi makanan yang baru saja dimasak lebih baik, jangan konsumsi sayuran mentah dan jangan makan buah yang tidak dikupas. Bersihkan makanan yang akan dikonsumsi dengan benar.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Sistem imunitas (daya tahan tubuh) merupakan salah satu penunjang kesehatan yang juga baik untuk mencegah tipes kambuh kembali. Untuk menjaganya Anda bisa melakukan olahraga dengan teratur kalau perlu silahkan konsumsi suplemen penguat daya tahan tubuh.

Itulah beberapa poin penting untuk menjaga kesehatan penderita tipes dan beberapa tips agar penyakit tipes tidak kambuh kembali. Jangan lupa share artikel ini dan semoga bermanfaat!

By Diane Rosse A.Md.Keb - Kesehatan Jum'at, 03 Maret 2017 14:11:41

Related Post :
Kewanitaan
Ketahui Penyebab Haid Tidak…

Ternyata ini penyebab haid…

Manfaat
Mengenal Manfaat Dari Bunga…

Beragam kandungan dan manfaat…

Manfaat
Inilah Khasiat Menakjubkan Kunyit…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah…

Menjalankan pola hidup sehat…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Obat Kimia
Daftar Nama Obat Sariawan…

Daftar nama obat sariawan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengenal Penyebab Batuk Berdahak Berkepanjangan

Informasi tentang batuk berdahak, penyebab,…

Kesehatan
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Rematik

Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top