Obat Gejala Tipes Pada Orang Dewasa yang Alami

Tipes (tifus) atau demam tifoid merupakan penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit tipes ini bisa menyerang pada siapapun, termasuk pada orang dewasa.


Mengetahui gejala penyakit tipes pada orang dewasa sangat penting untuk mencegah penyakit tipes semakin parah dan berbahaya. Pada awalnya, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini tidak terlalu serius, dan terkesan seperti gejala penyakit ringan. Namun, jika dibiarkan, maka penyakit ini akan semakin parah.

Secara umum, gejala penyakit tipes yang dialami oleh orang dewasa sama dengan anak-anak. Anak tetapi, pada orang dewasa, terkadang gejala ini baru dirasakan dan terdeteksi pada waktu sekitar 1-3 minggu setelah penyakit tersebut mulai menyerang. Beberapa gejala penyakit tipes yang meyerang pada orang dewasa diantaranya adalah :

Gejala minggu pertama

Pada minggu pertama, seseorang yang menderita penyakit tipes biasanya akan mengalami beberapa gejala umum yang mungkin memang masih belum terlalu terlihat berat. Beberapa gejala yang timbul diantaranya adalah demam yang suhunya mencapai 39-40 derajat celcius. Penderita juga biasanya akan merasa sakit kepala yang cukup mengganggu, badan menjadi sangat lemah dan lesu karena nafsu makan yang semakin menurun. Bakan untuk beberapa kasus biasanya akan terjadi diare dan nyeri pada perut yang sangat tidak nyaman. Gejala tipes berupa timbulnya bercak merah di tubuh terkadang sering disamakan dengan gejala demam berdarah.

Gejala minggu kedua

Pada minggu ke dua, gejala yang terjadi biasanya akan semakin parah. Gejala yang timbul diantaranya adalah demam yang semakin tinggi dan tidak kunjung turun. Selain itu, diare cenderung berkurang dan justru berubah menjadi sembelit. Berat badan semakin menurun karena nafsu makan berkurang. Dan tanda fisik yang bisa dilihat adalah perut yang terlihat membuncit.

Gejala minggu ke tiga

Gejala akan terus berlanjut di minggu ke tiga ini. Pada minggu inilah biasanya seseorang mulai diketahui terkena penyakit tipes. Gejalanya sudah semakin parah dan komplikasi. Akibatnya, penderita tipes bisa sering mengigau bahkan  bergerak sendiri ketika tidur.

Gejala minggu ke empat

Jika pada minggu ke tiga penderita masih belum mendapatkan penanganan khusus secara medis, maka gejala tipes pada orang dewasa ini justru akan semakin membaik. Gejala tidak akan terlalu dirasakan lagi dan juga suhu tubuh akan menurun secara perlahan.

Namun, jika tidak segera ditangani, maka akan timbul gejala-gejala lain, antara lain mengigau dan berbaring kelelahan tanpa gerakan dengan mata setengah tertutup, hingga komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Pada sebagian kasus, gejala dapat kembali muncul 2 minggu setelah demam mereda.

Untuk meredakan dan mengurangi gejala penyakit tipes pada orang dewasa, berikut ini beberapa resep obat gejala tipes pada orang dewasa yang alami yang  bisa diberikan :

  1. Kompres dingin sangat bermanfaat sebagai obat gejala tipes. Hal ini disebabkan karena demam merupakan gejala tipes yang paling utama. Letakkan kain basah dingin pada kening, atau juga ketiak, kaki, tangan, dan lipatan paha jika suhu tubuh sangat tinggi. Namun, perlu diingat, jangan menggunakan air es atau air yang sangat dingin.

  2. Minum banyak air adalah pertolongan pertama yang bisa diberikan pada penderita yang mengalami gejala diare. Mengonsumsi air yang cukup banyak juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Minumlah 10 gelas air perhari dan ingat untuk mengonsumsi air yang bersih dan telah dimasak hingga mendidih.

  3. Cuka apel yang dicampurkan dengan air matang juga bisa meringankan gejala tipes pada orang dewasa. Cuka apel mengandung asam dan elektrolit yang diperlukan oleh tubuh pada kondisi dehidrasi. Caranya, campurkan setengah sendok teh cuk apel ke dalam 250 ml air matang. Konsumsilah ramuan tersebut sebelum makan.

  4. Bawang putih, merupakah salah satu sumber makanan alami yang dapat digunakan sebagai obat gejala tipes pada orang dewasa. Hal ini disebabkan karena adanya efek antibakteri pada bawang putih yang dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi bakteri. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi 2 siung bawang putih mentah pada saat kondisi perut kosong.

Selain dengan bahan alami tersebut, penderita juga harus memeriksakan diri ke dokter. Anda dapat melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengonfirmasi gejala yang Anda alami. Selain itu, dokter juga bisa memberikan resep obat tipes yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Alami Sabtu, 04 Maret 2017 08:57:38

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Manfaat Luar Biasa Dari Jeruk Untuk Kehamilan

Manfaat luar biasa jeruk untuk…

Alami
Obat Jantung Koroner Tradisional Manjur Dan Efektif

Obat jantung koroner tradisional dan…

Alami
Fakta Menarik Seputar Teripang Emas yang Perlu Diketahui

Selain digunakan sebagai bahan makanan,…

Tambah Pertanyaan
Top