Tips Agar Penyakit Tipes Cepat Sembuh Secara Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Tips Agar Penyakit Tipes Cepat Sembuh Secara Alami

Tipes merupakan penyakit yang muncul karena serangan bakteri salmonella paratyphi A, B, dan C yang dibawa masuk kedalam tubuh dari makanan yang dimakan lalu berkembang di usus halus. Bakteri tersebut melukai usus, menembus dinding usus, menyerang limpa dan masuk ke pembuluh darah, waktu prosesnya hanya 24-72 jam maka jagalah kebersihan makanan jika anda tidak mau terserang penyakit ini. Sangat penting sekali bagi penderita untuk memahami penyakit ini karena jika pernah mengalami tipes maka besar kemungkinan penyakit ini kembali kambuh.


Gejala tipes biasanya timbul demam tifoid yang berlangsung pada sore dan malam, sakit kepala, perut terasa tidak enak dan sembelit, badan terasa lemah, diare, dan seringkali disertai dengan radang tenggorokan karena bakteri mencapai tenggorokan. Periksalah ke dokter untuk memastikan apakan anda tererang tipes, dan biasanya dokter akan meminta melakukan tes darah dan tes widal, setelah itu jika tipes sudah parah biasanya dokter meminta penderita untuk dirawat di rumah sakit supaya bisa mendapatkan pengobatan dan kontrol langsung dari dokter.

Banyak orang lebih memilih perawatan di rumah sendiri karena tidak ingin kembali ke rumah sakit. Bisa saja dilakukan asal perawatan yang dberikan harus benar-benar tepat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk merawat penderita tipes agar cepat sembuh diantaranya :

1. Pisahkan penderita dari anggota keluarga lainnya

Sediakan kamar khusus yang memiliki udara yang cukup segar dan bukalah jendela kamar pada siang hari. Perlu diperhatikan, jangan melakukan kontak langsung dengan penderita, terutama anak-anak jangan dibiarkan masuk ke kamar penderita.

Sediakan untuk tempat pakaian kotor dan jangan menggunakan handuk atau pakaian penderita karena bisa menular. Perlu diingatkan juga sebelum dicuci, rendamlah pakaian penderita dengan air panas.

2. Pilih makanan yang tepat

Ada mitos yang katanya bahwa penderita tipes harus mengkonsumsi bubur saring karena ususnya sedang luka, itu sangat tidak tepat karena bakteri menyerang usus halus sedangkan makanan sampai ke usus halus sudah dalam bentuk cairan karena telah dicerna dilambung dan usus 12 jari. Penderita bisa makan nasi yang lembek dikombinasikan dengan lauk protein tinggi yang mudah dicerna misalnya : tahu, ati ayam, tempe, ikan, dan telur. Selain nasi lembek bisa dengan sup jagung, karbohidrat yang mudah dicerna dan untuk sayurannya seperti rebusan kacang merah, bayam, labu siam, dan wortel.

3. Rutin minum jus wortel dan tomat

Jus wortel merupakan salah satu jus sayur yang kaya dengan vitamin A dan betakaroten yang bermanfaat untuk kesehatan mata, mencegah kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Campuran jus wortel dan tomat dapat membantu membersihkan darah dengan cepat serta melancarkan pencernaan.

4. Sarapan jus nanas

Jus nanas mengandung vitamin C, B, bromelain, dan mangan yang berkhasiat membantu memulihkan tubuh dnegan cepat, mempercepat penyembuhan setelah sakit, mengurangi rasa nyeri, dan menjaga kesehatan tulang. Jika demam sudah turun dan kondisi pasien sudah lebih baik karena antibitok yang tepat maka berikan jus nanas sebagai sarapan pagi bersama dengan buah-buahan lain. Pilihlah nanas yang benar-benar matang dan terasa manis, blender nanas dan langsung minum sambil sedikit dikumur-kumur agar jus bercampur dengan air liur.

5. Bedrest

Alasan kenapa orang yang sakit tipes harus bedrest karena bakteri tipes masuk ke peredaran darah sehingga jika banyak gerak akan membuatnya cepat menyebar. Termasuk usus juga dalam keadaan luka sehingga butuh istirahat total, bukan berarti sudah sembuh meski demam sudah turun. Penurunan panas menunjukan tubuh bisa melawan penyakit namun luka usus belum sembuh total. Waktu yang tepat untuk tidur pada jam 22.00 - 04.00 karena saat itulah tubuh mendapatkan kualitas terbaik dimana tubuh melakukan pembersihan untuk membuang racun dan memproduksi darah yang bersih.

6. Antibiotik

Salah satu tips agar tipes cepat sembuh yaitu memilih antibiotik yang tepat untuk melawan bakteri salmonella typhi yaitu ciplofloxacin dan ceftriaxon (untuk anak-anak). Obat tipes yang efeknya lebih lemah yaitu amoxilin dan kloramfenikol. Apabila suatu antibiotik membuat tubuh tidak membaik, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan saran selanjutnya.

Itulah tips agar penyakit tipes cepat sembuh secara alami dan tipes bisa sembuh hanya dalam waktu 2 minggu jika cara penerapannya dilakukan dengan benar.

By Ana Rediana - Tips Senin, 06 Maret 2017 11:03:24

Related Post :
Kesehatan
Makanan yang Sebaiknya Dihindari…

Selain mengonsumsi obat polip…

Kesehatan
Sembelit Saat Hamil? Ini…

Kenali penyebab sembelit saat…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Bahaya Sering Menahan Buang…

Berikut ini adalah informasi…

Tips
Prosedur Pemasangan Ring Jantung

prosedur pemasangan ring jantung…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Cefixime Untuk…

Obat antibiotik cefixime untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Sering Ngantuk Selama Puasa? Lawan dengan Strategi Berikut!

Mengantuk, badan terasa lemas, hingga…

Tips
Cara Memanfaatkan Garam Dapur untuk Atasi Bopeng di Wajah

Umumnya garam dapur digunakan untuk…

Tips
Tips Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Cara alami mengobati batuk berdahak…

Kirim Pertanyaan
Top