6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Share dan Tag Temanmu di :

6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Hingga saat ini penyakit jantung koroner telah menjadi penyebab kematian utama di dunia, faktanya penyakit jantung koroner telah merenggut nyawa sebanyak 478 ribu orang pertahun di Amerika Serikat. Termasuk di Indonesia, hasil survei Depkes RI terjadi peningkatan kematiian akibat jantung dari 9.7% menjadi 16%.


Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyebabnya terjadi hambatan aliran darah pada arteri koroner yang menyuplai darah ke otot jantung. Salah satu hambatan yaitu berupa plak dan prosesnya memakan waktu hingga bertahun-tahun. Adapun beberapa cara mencegah penyakit jantung koroner yang bisa anda lakukan diantaranya merubah gaya hidup, mengontrol, serta mengobati penyakit yang menyebabkan penyakit jantung koroner seperti kolesterol tinggi, hipertensi dengan obat-obatan yang tepat dan efektif.

Berikut ini 6 Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner diantaranya :

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Perbanyak makanan yang mengandung serat tinggi dapat menurunkan kadar kolesterol yang banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian. Serta menyediakan nutrisi yang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kurangi asupan gula dan garam, diet rendah garam dapat mencegah tekanan darah tinggi sedangkan diet rendah gula dapat membantu mencegah penyakit diabetes dan mencegah kenaikan berat badan.

2. Menjaga berat badan ideal

Karena jika anda kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner, cara yang efektif untuk mendapatkan berat badan ideal yaitu dengan menjaga pola makan, kurangi asupan kalori, aktif secara fisik dapat mengurangi berat badan dan mencegah stroke serta penyakit jantung koroner.

3. Berhenti merokok

Merokok salah satu faktor utama yang menyebabkan pengerasan pembuluh darah dan penyebab terbesar penyakit jantung koroner pada seorang usia dibawah 50 tahun dan juga dapat meningkatkan resiko serangan jantung serta memperburuk faktor resiko penyakit jantung koroner lainnya, bahan kimia asap rokok dapat merusak fungsi jantung, meningkatkan kerusakan fungsi darah, dan membahayakan sel-sel darah. Keuntungan berhenti merokok dan menghindari asap rokok dapat membantu jantung dan pembuluh darah kembali normal.

4. Menjaga kadar gula dan tekanan darah

Apabila anda memiliki tekanan darah tinggi segera obati dengan tepat untuk menurunkan tekanan darah dan agar tekanan darah tetap normal dibawah 140/85 mmHg maka anda harus rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Jaga kadar gula dalam darah dibawah 130/80 mmHg dengan cara aktif secara fisik serta menjaga berat badan agar tetap stabil.

5. Olahraga teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan peredaran darah dan fungsi jantung, lakukan minimal 30 menit setiap hari, seperti lari pagi disekitar perumahan , bersepeda pada pagi atau sore hari, jalan santai serta menggabungkan pola makan sehat dan olahraga anda dapat terhindar dari obesitas yang salah satu faktor penyakit kronis termasuk jantung koroner.

6. Mengonsumsi obat-obatan yang tepat

Tidak cukup dengan perubahan gaya hidup untuk mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah dan faktor penyebab penyakit jantung lain. Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat jantung koroner yang tepat sekaligus mengontrol faktor penyebabnya.

Selain 6 cara mencegah penyakit jantung koroner diatas, harus tidur cukup dan berkualitas agar tubuh anda tetap segar dan terhindar dari resiko penyakit jantung koroner.

By Ana Rediana - Tips Selasa, 07 Maret 2017 08:52:40

Related Post :
Kewanitaan
Tips Cara Memilih Pembalut…

Cara tips memilih pembalut…

Kulit
Jangan Salah Pakai! Ini…

Jangan salah pakai! ini…

Kesehatan
Makanan Ini Aman Dikonsumsi…

Makanan kadaluarsa biasanya akan…

Kesehatan
Memahami Kondisi Social Jet…

Apakah Anda pernah merasakan…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Lemon…

Khasiat dan manfaat lemon…

Ibu Hamil
Atasi Sembelit Saat Hamil…

Atasi sembelit saat hamil…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mudah dan Murah Memutihkan Wajah Pria Secara Alami

Siapapun tentu ingin memiliki wajah…

Tips
Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa

Pertolongan Pertama Dipatuk Ular Berbisa…

Tips
Cara Alami Melancarkan Buang Air Besar

Cara melancarkan buang air besar…

Kirim Pertanyaan
Top