Makanan yang dianjurkan untuk Penderita Rematik

Share dan Tag Temanmu di :

Rematik atau disebut juga Rheumatoid arthritis merupakan penyakit yang menyerang pada persendian, sehingga sendi menjadi meradang dan nyeri yang sangat menyakitkan yang pada akhirnya membatasi fungsi gerak tubuh.


Rematik sering dikaitkan dengan penyakit orang tua. Namun, saat ini tidak sedikit pula mereka yang masih berusia muda telah mengalami penyakit rematik. Maka dari itu, langkah pencegahan perlu dilakukan untuk menghindari penyakit yang satu ini.

Jika Anda telah mengidap penyakit rematik, selain mengonsumsi obat rematik yang telah diresepkan oleh dokter, Anda juga harus mengatur pola makan sehat untuk membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit rematik.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita rematik konsumsi :

Makanan yang mengandung antosianin

Senyawa antosianin adalah antioksidan yang banyak ditemukan dalam buah ceri, blueberry, stroberry, dan blackberry. Antosianin juga bisa Anda temukan dalam buah anggur merah dan terong. Antioksidan ini bermanfaat ntuk menghambat produksi zat pro inflamasi, atau zat yang menyebabkan peradangan. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi beberapa buah tersebut setiap harinya.

Makanan kaya beta karoten

Karoten merupakan pigmen tumbuhan yang memberikan manfaat antioksidan yang banyak terdapat dalam buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah, kuning atau oranye, seperti ubi jalar, wortel, labu kuning, ubi bit, dll. Masukkan makanan tinggi karoten ini ke dalam menu diet Anda untuk mengurangi risiko pengembangan rheumatoid arthritis. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa hal ini dapat mengurangi hingga 50% jika dikonsumsi secara teratur.

Makanan yang kaya akan vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat banyak ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran, selain bermanfaat untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, juga untuk mengoptimalkan metabolisme kolagen, dan protein yang merupakan kunci untuk kesehatan sendi.

Kekurangan vitamin C dalam diet Anda dapat mempromosikan pengembangan arthritis. Maka dari itu, vitamin C juga dianjurkan untuk keperluan ini. Konsumsilah makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, lemon, buah kiwi, dan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dll untuk membantu mengurangi rasa sakit yang timbul akibat penyakit rematik.

Makanan kaya omega 3

Tidak hanya baik bagi otak dan jantung, omega 3 juga memiliki efek anti inflamasi alami, sehingga sangat dianjurkan untuk penderita rematik. Penggunaan secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu menyehatkan persendian. Beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa konsumsi omega 3 memiliki banyak manfaat, tetapi dianjurkan untuk mengonsumsinya dari sumber-sumber alami, seperti ikan atau biji-bijian seperti biji bunga matahari, almond, atau kacang kenari.

Bawang putih

Makanan yang dianjurkan untuk penderita rematik selanjutnya yaitu bawang putih. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi bawang putih sangat rendah mengalami penyakit osteoarthritis. Bawang putih juga bisa digunakan sebagai peringan rasa sakit pada rematik. Hal ini disebabkan karena di dalam bawang putih terkandung belerang yang dapat meredakan nyeri sendi dan gejala-gejala sendi lainnya.

Jahe

Jahe termasuk rimpang herbal yang banyak digunakan dalam berbagai menu masakan Asia, teramsuk Indonesia. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki khasiat sebagai antiinflamasi dan dapat digunakan untuk pengobatan. Untuk mendapatkan manfaatnya sangat mudah, cukup memarkan sedikit jahe dan tambahkan ke dalam air hangat untuk dikonsumsi.

Kunyit

Sama halnya dengan jahe, kunyit juga termasuk rempah-rempah yang memiliki khasiat bagi kesehatan, salah satunya untuk meringankan rasa sakit akibat rematik dan nyeri sendi.

Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil terkenal baik bagi kesehatan jantung, namun selain itu juga memiliki kandungan oleocanthal, yaitu senyawa alami yang membantu mengurangi peradangan pada sendi (mirip seperti kerja aspirin atau obat penghilang rasa sakit). Anda cukup menambahkan minyak zaitun pada makanan untuk mendapatkan manfaatnya.

Teh hijau

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa jika seseorang mengonsumsi teh hijau ternyata dapat meringankan penyakit rematik, asam urat atau penyakit sendi lainnya. Teh hijau juga mengandung anti inflamasi yang berkhasiat untuk mengurangi nyeri pada sendi dan sebagai benteng dalam tubuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 08 Maret 2017 13:28:13

Related Post :
Alami
Obat Herbal untuk Bantu…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Penyakit
Ketahui Penyebab Kemandulan Pada…

Kemandulan (infertilitas) adalah sesuatu…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Kesehatan
15 Penyebab Rambut Rontok…

Ada 17 penyebab rambut…

Ibu Dan Anak
Harus Tahu! Inilah Panduan…

Proses menyusui memang bukan…

Tips
Inilah Cara Memasak Mie…

Cara memasak mie instan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Memahami Langkah Pertolongan Pertama Pada Henti Napas

Ketika ada seseorang yang mengalami…

Kesehatan
Mengenali Penyebab dan Faktor Risiko Down Syndrome

Down syndrome merupakan kelainan kromosom…

Kesehatan
Langkah Dan Cara Pencegahan Impetigo Yang Efektif

berikut adalah langkah dan cara…

Kirim Pertanyaan
Top