Obat Kimia Calcitriol Untuk Masalah Tulang

Calcitriol, Obat Masalah Tulang
Tulang membutuhkan dua mineral penting agar tetap kuat dan sehat yakni fosfat dan kalsium. Calcitriol, sejenis vitamin D hadir untuk membantu meregulasi mineral-mineral tersebut serta membantu tubuh menyerapnya sehingga tulang dan gigi bisa selalu kuat. Calcitriol juga digunakan sebagai obat untuk penyakit tulang berupa osteoporosis serta osteodistrofi ginjal, penyakit pelemahan tulang karena penurunan fungsi ginjal.



Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum Anda mengonsumsi calcitriol untuk mengetahui jumlah kalsium dalam darah serta seberapa baik ginjal Anda bisa bekerja. Hal ini sangat penting dilakukan karena kelebihan kalsium tidak baik untuk tubuh dan efeknya akan menyebabkan Anda selalu merasa haus, tubuh terasa lelah, berat badan turun, mual, dan hilang nafsu makan. Biasanya dokter akan memberi sugesti kepada Anda mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi selama Anda mengonsumsi calcitriol.


Obat berbentuk kapsul ini tidak bisa dikonsumsi perempuan hamil, kecuali dengan izin dokter. Begitu juga oleh perempuan yang sedang menyusui karena akan beresiko terhadap bayi yang sedang disusui. Sebaiknya berhati-hati ketika kandungan kalsium Anda terlalu tinggi baik dalam urin maupun dalam darah. Jangan mengonsumsi calcitriol berbarengan dengan obat-obatan lain tanpa petunjuk dokter karena bisa memberikan efek samping yang membahayakan.


Lalu bagaimana mengenai dosis calcitriol? Dosis akan disesuaikan dengan kondisi yang dialami pasien. Untuk mereka yang terkena osteoporosis, dosis calcitriol sebanyak 0,25 mikrogram dua kali sehari sementara mereka yang mengalami osteodistrofi ginjal diberi dosis mulai dari 0,25 mikrogram perhari.


Sebagaimana obat kimia pada umumnya, Anda diperlukan untuk menggunakan calcitriol dengan benar. Yang harus diutamakan adalah mengikuti anjuran dokter serta membaca informasi yang tertera pada kemasan sebelum mengonsumsinya. Pastikan ada jarak waktu yang cukup anatara satu dosis dengan dosis selanjutnya, serta usahakan menggunakan calcitriol pada jam yang sama setiap hari agar efeknya maksimal. Selama menggunakan pengobatan dengan calcitriol, rutin berkonsultasi dengan dokter mengenai perkembangan kondisi kesehatan Anda agar lebih bisa terpantau. Rutin pula memeriksakan fungsi ginjal serta kadar kalsium dalam darah. Pengobatan biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang panjang. Jangan menghentikannya jika belum ada instruksi dari dokter tempat Anda berkonsultasi.


Calcitriol memiliki efek samping diantaranya mual, sakit perut, rasa logam di dalam mulut, berkeringat, beser, selalu merasa haus, sakit kepala, berat badan turun, serta hilang nafsu makan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Jum'at, 06 Mei 2016 12:38:19

Obat Kimia Calcitriol Untuk Masalah Tulang
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Obat Kimia Calcitriol Untuk Masalah Tulang patah atau retak menguatkan tulang yang keropos atau osteoporosis berbentuk kapsul harus dengan resep dokter karena efek samping
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Obat Kimia
Obat Dexamethasone Dipakai Untuk Penyakit Autoimun

Efek samping dan fungsi Dexamethasone…

Obat Kimia
Khasiat Obat Esomeprazole untuk Mengatasi GERD

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)…

Obat Kimia
Manfaat Obat Celecoxib Untuk Mengatasi Penyakit Persendian

Manfaat obat celecoxib untuk mengatasi…

Tambah Pertanyaan
Top