Pilihan Obat Rematik yang Tersedia di Apotik

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin sebagian dari pada anda kini ada yang sedang mencari apa saja obat rematik yang tersedia di apotik (penulisan dan pelafalan yang benar menurut KBBI adalah apotek bukan apotik). Hal tersebut di sebabkan semakin tingginya angka masyarakat yang tengah mengalami penyakit rematik. Sehingga kebutuhan masyarakat akan jenis obat yang satu ini cenderung meningkat dari pada sebelumnya. Jika anda kini memang tengah mencari referensi obat rematik di apotik, simak informasi selengkanya pada ulasan berikut ini.


Ada beberapa alasan di balik mengapa masyarakat lebih memilih obat rematik generik di banding dengan jenis obat rematik lainnya. Mungkin hal tersebut di karenakan obat mudah di temukan di apotik atau pasaran dengan variasi merek dan juga bahan aktif di dalamnya. Pada umumnya jenis obat ini di beri nama International Non Prorietary Name (INN) yang di perjual belikan secara bebas di pasaran. Sehingga tanpa resep dokterpun anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Sehingga anda bisa berhemat, di samping anda juga bisa mengatasi gejala rematik yang tak tertahankan.

Pilihan obat rematik yang tersedia di apotik

Rematik adalah suatu penyakit yang pada umumnya menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan keterbatasan gerak pada sendi dan struktur sendi di sekitarnya. Pada dasarnya, gangguan kesehatan ini di alami oleh para lansia namun remaja pun tidak tertutup kemungkinan untuk mengalami hal ini. Penyebab rematik di usia muda biasanya di sebabkan oleh gaya hidup yang buruk maupun akibat suatu kondisi penyakit. Adapun faktor pemicu rematik pada umumnya adalah gejala penyakit asam urat, osteoporosis dan pola hidup kurang baik seperti selalu mandi malam.

Pengobatan dan pencegahan rematik sendiri sebaiknya di lakukan sesegera mungkin, karena jika tidak, maka dapat berpotensi mengakibatkan resiko yang lebih di tinggi di kemudian hari. Namun, pada tahap awal ada pula kondisi rematik yang tak perlu pengobatan intensif. Hanya saja anda di sarankan untuk istirahat yang cukup, berolahraga secara tertur dan benar, menghindarai aktivitas fisik yang berlebihan, mengupayakan berat badan ideal, dan mengonsumsi makanan yang di anjurkan untuk penderita rematik.

Adapun jika rematik yang anda alami cukup parah, pengobatan adalah cara satu-satunya untuk meredakan gejala. Selain menggunakan obat rematik alami dari tumbuhan, biasanya kebanyakan masyarakat memilih obat rematik di apotik untuk mengatasinya. Selain di anggap praktis, pengobatan rematik dengan obat apotik pun di anggap lebih hemat waktu.

Lalu, apa saja jenis obat rematik yang ada di apotek?

Secara umum, obat rematik apotek terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu melalui resep dokter dan tidak dengan resep dokter. Untuk menjadi refensi anda, selengkapnya berikut akan kami paparkan informasi mengenai obat untuk rematik di apotik.

1. Obat rematik di apotek dengan resep dokter

Adapun jenis obat yang biasanya di resepkan dokter untuk mengatasi rematik, dan bisa anda dapatkan di apotik diantaranya:

  • Jenis obat non-steroid. Termasuk di dalamnya juga kortikosteroid, kloroquin, ketumbuhan, penekan siste imun dan senyawaan emas organik. Golongan obat non-steroid ini ada umumnya dapat membantu menghilangkan rasa nyeri, namun memiliki kemangkusan terbatas terhadap jenis rematik tertentu. Contoh daripada jenis obat ini adalah: ibuprofen, naproxen, natrium, diklofenak, piroksikam dan indomasetin.  Adapun untuk  kloroquin  dan hidroksikloroquin juga dapat di gunakan dalam pengobatan rematik. Namun efek rematik pada obat rematik yang di jual di apotik ini, berjalan dengan lambat.
  • Jenis obat steroid. Adalah golongan obat yang sangat efektif dalam mengatasi masalah peradangan, yang  kerap kali di gunakan apabila obat anti-peradangan nonsteroid dan hidroksiklororoquin tidak memberikan efek. Obat ini adalah senyawaan analog kortison sintetik. Adapun obat golongan ini yang sering di pakai untuk rematik adalah prednison, prednisolon dan deksami. Selain itu, obat-obatan anti ketumbuhan dan sototoksis penekan sistem imun yang berkhasiat pula dalam  pengobatan rematik adalah  metotrksat, siklosporin, azatioprin dan siklofosfamid. Jenis obat ini sendiri memberikan efek yang cukup baik  dalam pengobatan peradangan pada arthritis kronis  yang di sebabkan oleh gagalnya imun. Sedangkan golongan senyawaan emas organik seperti aurotioglukosa, natrium aurotiomalat dan auronofin efektif di gunakan dalam terapi rematik.

2. Obat rematik di apotek tanpa resep dokter

Adapun obat rematik yang tersedia di apotek diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Imunosupresif. Merupakan jenis obat yang bersifat sebagai anti-radang. Obat ini akan berfungsi sebagai penekan imun pada manusia. Meski begitu, ada baiknya jika menghindari jenis obat ini. Hal tersebut di karenakan efek samping yang mungkin akan di timbulkan cukup berbahaya. Diantaranya seperti meracuni organ ginjal dan hati hingga memcu penyakit berbahaya seperti kanker.
  • Obat arthritis reumatoid. Jenis obat ini pada umumnya di gunakan oleh penderita rematik pada tahap awal. Adapun penderita rematik yang telah mengalami gejala parag pada umumnya tidak menggunakan obat ini.
  • Nama obat rematik di apotik lainnya. Flurbiprofen, Fenoprofen, Sulindac, Naproxen dan Meclofenamat.

Namun sebelum anda membeli dan mengonsumsi jenis obat rematik yang tersedia di apotik tersebut, alangkah baiknya untuk memeriksakan kondisi anda terlebih dahulu, agar anda dapat memastikan diagnosis, jenis dan juga penyebab rematik yang anda alami. Dengan begitu, apoteker dapat menyarankan obat yang sesuai.

By Nida Saripah - Obat Kimia Kamis, 09 Maret 2017 10:52:26

Related Post :
Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita…

Makanan sehat untuk penderita…

Penyakit
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Meski penyebab kanker rahim…

Tips
Tips Membasmi Cacing Kremi…

Tips pencegahan membasmi cacing…

Kesehatan
Kesalahan Yang Sering Dilakukan…

Ada beberapa faktor yang…

Kesehatan
Mengetahui Penyebab Proctalgia Fugax…

Tahukah anda apa itu…

Tips
Cara Paling Ampuh Mengatasi…

Gejala orang yang keracunan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian Wajah Keriput

Suntikan Filler solusi wajah keriput…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Sakit Perut dan Kram Usus Hyoscine butylbromide

Obat Hyuscine butylbromida untuk mengatasi…

Obat Kimia
Metode Pengobatan Kutil Rekomendasi Dokter

Kutil bisa hilang dengan sendirinya…

Kirim Pertanyaan
Top