Makanan Pantangan bagi Penderita Rematik

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi penderita penyakit rematik, mengatur pola makan harus dilakukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan juga mencegah agar penyakit rematik tidak kambuh. Jika pada artikel sebelumnya kami sudah membahas mengenai makanan untuk penderita rematik, pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi seputar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita rematik.


Tidak semua jenis makanan aman dikonsumsi oleh penderita rematik. Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang justru akan memperburuk kondisi penyakit rematik yang Anda alami jika dikonsumsi.

Berikut ini beberapa makanan pantangan bagi penderita rematik yang harus dihindari :

Daging merah

Jika Anda sedang memiliki masalah dengan rematik, sebaiknya hindari mengonsumsi daging merah secara berlebihan. Karena daging merah memiliki banyak kandungan fosfor yang dapat meningkatkan kandungan fosfor dalam tubuh. Kandungan fosfor tinggi dalam tubuh inilah yang dapat menyebabkan hilangnya kalsium dari dalam tulang dan menyebabkan peradangan pada persendian.

Jeroan

Jeroan atau organ dalam hewan terdiri dari usus, hati, ampela, dan jantung. Jenis makanan ini memang banyak digemari oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Namun, dibalik rasa nikmatnya, jeroan ini mengandung lemak jenuh tinggi, sehingga dapat memicu timbulnya penyakit, salah satunya rematik.

Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin A, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Namun, didalam tomat juga terkandung zat purin yang sangat tinggi. Dimana zat purin yang tinggi ini  bisa menyebabkan ngilu tulang, karena zat purin itu bisa mengendap di dalam persendian tulang dan menyebabkan ngilu di persendian tersebut. Karena itulah tomat tidak baik dikonsumsi oleh penderita rematik.

Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan dan olahannya sebaiknya dihindari oleh penderita rematik. Hal ini karena produk dari kacang-kacangan memiliki zat purin yang tinggi. olahan dengan bahan dasar kacang-kacangan pun tidak boleh dikonsumsi, karena hal ini menyebabkan kambuhnya penyakit rematik.

Kafein

Bagi penderita rematik, usahakan untuk menghindari atau mengurangi kebiasaan minum kopi dipagi hari. Hal tersebut disebabkan karena di dalam kopi terkandung kafein tinggi yang dapat merusak nutrisi penting dalam tubuh. Selain kopi, hindari juga jenis makanan dan minuman berkafein lainnya.

Makanan Cepat Saji


Makanan cepat saji atau fast food menjadi salah satu makanan pantangan bagi penderita rematik. Makanan siap saji tentunya berbentuk makanan yang dikemas dalam kalengan dan sejenis lainnya yang diawetkan. Bagi Anda yang ingin mencegah dan mengurangi rasa sakit pada sendi akibat penyakit rematik, sebaiknya kurangi kebiasaan sering mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 09 Maret 2017 11:31:22

Related Post :
Tips
Cara Benar Mengolah Buah…

Tahukah anda bagaimana cara…

Kulit
Tips Sehat Mencegah Penuaan…

Berikut adalah tips dan…

Ibu Hamil
Waspadai Bahaya Tidur Di…

Waspadai bahaya tidur di…

Obat Kimia
Hydrocortisone Obat Oles Ringan…

Hydrocortisone adalah salah satu…

Kewanitaan
Berbahayakah Wanita Mengalami Keputihan…

Keputihan berwarna coklat pada…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Diagnosa Dan Pengobatan Nyeri Dada

Untuk mendiagnosa nyeri dada diperlukan…

Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis Dengan Perut Membesar

Penyebab penyakit liver kronis dengan…

Kesehatan
Ternyata Ini Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas

Dibalik rasanya yang nikmat dan…

Kirim Pertanyaan
Top