Tanda Dan Gejala Rematik Di Telapak Kaki

Share dan Tag Temanmu di :

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendian. Rematik di telapak kaki adalah penyakit yang menyerang persendian telapak kaki. Penyakit ini ditandai dengan gejala rasa sakit yang diakibatkan karena terjadinya peradangan di persendian termasuk persendian kaki. Selain rasa nyeri, ditandai juga dengan gejala terasa ngilu di persendian bahkan terkadang sendi kaki kaku bila digerakan.


Tidak hanya menyerang bagian kaki serta telapak kaki saja, tapi rematik juga bisa menyerang bagian pinggul, pinggang, leher dan jari. Rematik rentan dialami oleh orangtua yang berusia diatas 40 tahun, namun tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga dapat terjadi pada orang yang berusia muda. Penyebab rematik adalah faktor usia, gaya hidup juga pola makan tidak sehat. Memiliki riwayat penyakit lainnya juga bisa memicu rematik.

Tanda Dan Gejala Rematik Di Telapak Kaki

Salah satu gejala rematik di telapak kaki adalah nyeri dan bengkak di telapak kaki. Rematik di kaki juga ditandai dengan gejala sakit dibagian kaki pada malam hari, kesemutan di daerah kaki, rasa ngilu di kaki termasuk telapak kaki, kaku di bagian kaki, kaki sulit digerakan dan kaki sulit berjalan karena akibat rasa sakit di persendian kaki.

Gejala umum rematik diantaranya:

  • Terasa sakit pada tumit
  • Tekanan pada kaki bagian depan
  • Kelelahan
  • Terasa pegal di persendian
  • Sendi terkunci
  • Sendi membangkak dan disertai dengan kaku juga nyeri pada sendi.
  • Patah tulang

Pengobatan Rematik Kaki

Ada beberapa penanganan untuk penderita rematik kaki diantaranya terapi fisik, operasi, dan mengkonsumsi obat-obatan seperti obat rematik di apotik. Obat yang dikonsumi bisa obat dari dokter maupun obat tradisional yang berupa rempah-rempah juga tanaman yang mudah didapat disekitar kita.

Berikut adalah obat tradisional untuk mengatasi rematik secara alami:

1.Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi kesehatan termasuk membantu mengobati rematik kaki maupun rematik yang menyerang persendian lainnya.  

Cara mengolah jahe untuk mengobati rematik adalah pertama-tama sediakan beberapa ruas jahe, bersihkan dan cuci terlebih dahulu, iris-iris jahe, kemudian masukan dalam segelas air panas. Kemudian tambahkan satu sendok madu. Aduk hingga merata. Dan minum ramuan ini selagi hangat.

2.Lengkuas dan kuning telur

Tidak hanya jahe, solusi alami untuk meredakan rematik adalah dengan mengkonsumsi ramuan lengkuas. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu, sediakan lengkuas dan kuning telur ayam kampung. Bersihkan dan cuci terlebih dahulu lengkuas. Tumbuk lengkuas hingga halus, saring airnya. Campurkan sari lengkuas dengan kuning telur yang telah disediakan, aduk hingga merata. Dan minum ramuan ini hingga rematik reda.

3.Daun seledri

Daun seledri memiliki zat antibakteri, anti inflamasi dan beberapa senyawa lainnya yang baik untuk menjaga persendian agar tetap kuat dan sehat. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami rematik kaki maupun rematik lainnya maka konsumsi air seduhan daun seledri.

Cara mengolah daun seledri untuk mengatasi rematik secara alami adalah sediakan 30 lembar daun seledri, cuci hingga bersih, seduh daun seledri tersebut dengan menggunakan air panas, minum ramuan ini selagi hangat. Selain diseduh, seledri juga bisa anda konsumsi sebagai lalapan.

Bila anda mengalami gejala seperti yang telah dijelaskan diatas, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Namun bila anda memang telah mengalami rematik dan kemudian kambuh lagi, anda bisa mengkonsumsi obat rematik di apotik atau obat rematik tradisional (jahe, lengkuas, daun seledri, brotowali dan kumis kucing).

By Rizka Ardiana - Kesehatan Kamis, 09 Maret 2017 11:33:06

Related Post :
Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Bronkitis…

Berikut tips dan cara…

Penyakit
Mengenal Penyakit Infeksi HSV…

Herpes genital atau HSV…

Penyakit
Tanda Tanda Penyakit Liver…

Tanda penyakit liver yang…

Tips
Cara Sehat Menurunkan Asam…

Selain dengan obat, menurunkan…

Ibu Dan Anak
Penyakit Asma Tingkatkan Risiko…

Menurut sebuah penelitian, penyakit…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Makan…

Mie instan merupakan salah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?


Kesehatan
Terapi Pengobatan Kanker Paru-Paru

Terapi pengobatan kanker paru-paru tergantung…

Kesehatan
Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat

Makanan sehat penurun kolesterol tinggi…

Kesehatan
Buah Dan Sayur Untuk Mengatasi Dehidrasi

Tak hanya air. Sayur, buah,…

Kirim Pertanyaan
Top