Makanan Sehat untuk Penderita Asam Urat

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit asam urat atau gout merupakan kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Kondisi ini tentu saja akan mengganggu aktivitas penderita. Penyakit asam urat paling sering menyerang sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.


Penderita asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit yang timbul bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan juga tidak hanya terjadi di sendir, tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai dengan warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita bisa saja tidak bisa bergerak secara leluasa.

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejala dan mencegah serangan terulang kembali. Kombinasi obat-obatan resep dokter ataupun obat asam urat alami dan perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal tajam yang telah terbentuk.

Pola makan sehat termasuk salah satu gaya hidup yang perlu Anda perhatikan. Tidak semua jenis makanan aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Ada jenis makanan yang justru membahayakan kondisi asam urat, ada juga yang baik dikonsumsi dan dapat membantu mengurangi keluhan asam urat.

Mengenai makanan sehat untuk penderita asam urat, berikut diantaranya adalah :

Pisang


Pisang termasuk salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Konsumsilah 4 hingga 8 buha pisang setiap harinya untuk membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan nyeri sendi.

Apel

Buah apel mengandung asam malat yang memiliki khasiat mampu menetralkan asam urat. Dengan begitu, maka ketika penderita asam urat mengonsumsi buah ini, maka penyakitnya bisa terkontrol. Konsumsilan setidaknya 1 buah apel setiap hari agar penyakit asam urat bisa segera diatasi.

Cherry

Buah yang satu ini merupakan makanan yang baik bagi penderita asam urat. Cherry mengandung zat anti inflamsi atau anti peradangan sehingga berperan dalam mencegah pengkristalan asam urat yang dapat menegganggu kesehatan. Tidak hanya itu, buah ini juga akan menetralkan zat asam serta membantu mencegah peradangan dan rasa nyeri pada sendi. Untuk meringankan serta mencegah penyakit asam urat, konsumsilah makanan sehat untuk asam urat ini setidaknya 200 gram setiap hari.

Jeruk nipis

Jeruk nipis memang memiliki rasa yang sangat asam. Namun, kandungan asam sitrat yang ada didalamnya dapat melarutkan asam urat, sehingga gejala asam urat bisa diatasi. Konsumsilah air perasan jeruk nipis 2 gelas setiap hari secara rutin. Selain mencegah dan mengobati asam urat, konsumsi air jeruk nipis ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioskidan tinggi yang dimilikinya. Bagi Anda yang sedang diet menurunkan berat badan, buah ini juga baik dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

Buah yang mengandung vitamin C


Buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, seperti buah pepaya, jeruk, dan stroberry juga dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Makanan yang mengandung potasium tinggi


Makanan sehat untuk penderita asam urat yang disarankan selanjutnya yaitu makanan yang mengandung potasium tinggi, seperti diantaranya yoghurt, tomat, dan kentang.

Perbanyak konsumsi makanan karbohidrat

Para penderita penyakit asam urat harus memnuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti nasi, roti, ubi, dan juga singkong.

Itulah beberapa jenis menu makanan sehat untuk penderita asam urat yang disarankan. Mengonsumsi makanan sehat secara teratur dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat asam urat serta mencegah kambuhnya kembali penyakit asam urat yang Anda alami.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 10 Maret 2017 11:42:24

Related Post :
Tips
Cara Mengeluarkan Mata Bisul…

Semoga setelah anda mengetahui…

Obat Kimia
Propanolol Obat Untuk Mengatasi…

Propanolol obat untuk mengatasi…

Manfaat
Manfaat Salak Untuk Mengatasi…

Salak adalah obat yang…

Penyakit
Berbagai Faktor Pemicu Biduran…

Urtikaria aatu biduran merupakan…

Manfaat
Mengetahui Kebaikan dan Manfaat…

Selain bisa meningkatkan nilai…

Kesehatan
Mengenal Kebutuhan Kalori Sebagai…

Mengenal kebutuhan kalori sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Waspada Leukemia Penyakit Penyebab Suami Ririn Meninggal

Suami artis Ririn Ekawati dikabarkan…

Kesehatan
Anda Penyuka Permen? Segera Ganti dengan Makanan Sehat Ini!

Permen merupakan salah satu cemilan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top