Waspadai Gejala Anemia Pada Anak

Jangan pernah menganggap remeh penyakit anemia, gejala dengan ditandainya kadar hemoglobin darah sebagai akibat kekurangan zat besi tidak hanya menyerang orang dewasa saja melainkan juga dapat menyerang anak-anak.

Ada beberapa penyakit yang mengakibatkan seorang anak mengalami penyakit anemia seperti penghancuran sel darah merah akibat infeksi, defisiensi besi, kegagalan sumsum tulang (anemia aplastik), asam folat, vitamin B12, penyakit kronis, selain itu juga karena gangguan pematangan sel darah merah.

Dorongan inilah yang seharusnya sebagai orang untuk selalu memperhatikan ketika anak sedang mengaalmi penyakit anemia, di Indoensia sendiri penyakit anemia yang paling sering terjadi adalah penyakit anemia defisiensi besi, karena jenis penyakit anemia seperti ini cenderung menyerang pada anak-anak yang mengalami kadar hemoglobinnya renda karena kekurangan zat besi.

Pada umumnya anemia disebakan oleh pola makan yang tidak seimbang yang dilakukan atau diberikan kepada anak, selain itu juga proses penyerapan yang tidak baik, ibu hamil serta menyusui, peningkatan keuthuan zat besi, dan lain lain.

Gejala yang mungkin akan ditunjukan pada saat menderita penyakit anemia adalah mudah mengantuk, sering pusing, pucat lama, lesu, lemah, letih, biasanya juga disertai kulit kering serta berwarna kering, kuku kusam, dan sebagainya

Zat besi sangat berpengaruh terhadap aktivitas mental, seperti kegiatan untuk mendapatkan, memakai informasi, mengeluarkan dan meyimpan ilmu pengetahuan. Penyebab dari anemia itu sendiri merupakan asupan makaann yang tidak mencukupi secara kualitasi dan kuantitatif.

Apadun penyebab yang secara tidak langsung dari peyakit anemia yakni ketimpangan gender, yang dapat menyebabkan ketersediaan serta distribusi pangan bergizi untuk keluarga terabaikan.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Ibu Dan Anak Senin, 08 Februari 2016 14:51:04

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…

  • cara meningkatkan nafsu makan anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Siang, Bu. Anak saya sekarang berusia 5 tahun dan sangat susah ketika di suruh untuk makan. Saya sudah melakukan berbagai cara agar anak mau makan, hingga memberikannya vitamin penambah nafsu…


Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Ciri Penyakit Demam Berdarah Pada Anak

Ciri penyakit demam berdarah pada…

Ibu Dan Anak
Penyebab dan Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Demam merupakan meaknisme alami dari…

Tambah Pertanyaan
Top