Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Share dan Tag Temanmu di :

Sama seperti kolesterol dan rematik, asam urat juga ada pantangan dan anjuran makanan bagi penderita asam urat. Sehingga penderita harus benar-benar menjaga pola makan, harus menghindari pantangan makanan penderita asam urat. Karena bila penderita tidak menghindari pantangan makanannya, maka penyakit asam urat yang dideritanya dapat bertambah parah dan mudah mengalami kekambuhan.


Jangan pernah menyepelekan asam urat, sebab penyakit ini akan menjadi kronis bila tidak segera diobati. Bahkan bisa mengakibatkan batu ginjal, gagal ginjal dan juga dapat mempengaruhi organ jantung. Oleh karena itu, segera melakukan pengobatan bila anda mengalami gejala asam urat atau bila asam urat yang anda idap kambuh lagi. Untuk pengobatannya, bisa dengan mengkonsumsi obat dari dokter atau bisa juga mengkonsumsi obat asam urat alami yang benar-benar dari bahan alami yaitu dari tumbuhan maupun rempah-rempah.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat adalah makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan dan seafood (makanan laut). Selain itu, penderita asam urat juga tidak boleh mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, makanan olahan dan makanan yang mengandung ragi. Berikut adalah pantangan makanan bagi penderita asam urat:

Jeroan

Salah satu makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat adalah jeroan. Karena jeroan termasuk makanan yang mengandung purin tinggi dan bisa meningkatkan kadar asam urat. Itulah alasannya mengapa penderita asam urat tidak boleh mengkonsumsi jeroan seperti hati ayam, hati sapi, usus ayam dan berbagai macam jeroan lainnya.

Seafood

Selain jeroan, penderita asam urat juga harus menghindari makanan yang mengandung purin tinggi lainnya seperti seafood atau lebih dikenal dengan nama makanan laut. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bila penderita asam urat terlalu sering mengkonsumsi makanan yang seharusnya menjadi pantangannya, maka asam urat akan mudah meningkat dan kambuh.

Daging

Pantangan makanan lainnya bagi penderita asam urat adalah daging, apalagi daging berlemak. Sebab bila penderita asam urat mengkonsumsi daging yang mengandung lemak tinggi dapat mengakibatkan kadar asam urat menjadi tinggi. Oleh karena itu bagi penderita asam urat sebaiknya batasi mengkonsumsi daging.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan maupun biji-bijian memang bermanfaat bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya. Namun, tidak untuk penderita asam urat karena Kacang-kacangan maupun biji-bijian adalah salah satu pantangan makanan bagi penderita asam urat. Hal ini dikarenakan Kacang-kacangan maupun biji-bijian mempunyai kandungan purin yang tinggi. Selain itu, kurangi pula makanan yang berbahan dasar kacang-kacangan.

Ikan yang diasinkan

Makanan lainnya yang harus hindari bagi penderita asam urat adalah ikan yang diasinkan seperti ikan teri. Hal ini dikarenakan ikan yang diasinkan tersebut memiliki kandungan garam yang tinggi yang dapat mengakibatkan hipertensi. Bila seseorang terkena hipertensi, maka kadar asam urat pun akan cepat naik. Untuk mencegah kambuhnya asam urat, maka kurangi dan kalau bisa berhenti mengkonsumsi ikan yang diasinkan tersebut.

Selain makanan, ada juga minuman yang harus dihindari penderita asam urat diantaranya minuman bersoda, minuman yang beralkohol, kopi dan minuman cokelat hangat. Jenis minuman ini dapat memicu kambuhnya asam urat.

Setelah mengetahui makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat, maka sebaiknya penderita penyakit ini tidak boleh mengkonsumsi makanan ataupun minuman tersebut. Supaya asam urat anda tidak mudah kambuh. Apalagi bagi penderita asam urat yang sedang menjalani pengobatan, agar tidak lama proses penyembuhannya maka harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang memicu asam urat tinggi. Alangkah baiknya konsumsilah makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita asam urat.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Jum'at, 10 Maret 2017 14:08:04

Related Post :
Kewanitaan
Ini Penyebab Menstruasi Berkepanjangan…

Ini penyebab menstruasi berkepanjangan…

Kesehatan
Rekomendasi Jenis Vaksin yang…

Tidak hanya anak-anak, para…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Ubi…

Khasiat dan manfaat ubi…

Tips
Tips Merawat Payudara Agar…

Tips merawat payudara agar…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Daging Burung…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Kesehatan
Manfaat Terapi Bekam Untuk…

Manfaat terapi bekam untuk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronis Dan Faktor Risikonya

Sangat penting mengetahui gejala penyakit…

Kesehatan
Kesehatan
Metode Pengobatan Kanker Lambung

Banyak cara yang bisa dilakukan…

Kirim Pertanyaan
Top