Obat Batuk Bronkitis pada Anak dari Manfaat Bahan Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Bunda, jangan hiraukan jika batuk yang dialami si kecil tidak kunjung sembuh. Bisa jadi kondisi yang dialami si kecil merupakan batuk yang disertai dengan bronkitis. Bronkitis merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara utama yang ke paru-paru atau disebut bronkus.


Umumnya, kasus bronkitis pada anak sembuh dalam 2 minggu tanpa perawatan. Namun, dalam situasi tertentu, kemungkinan anak memerlukan resep obat batuk bronkitis pada anak untuk membantu meringankan gejala.

Selain itu, penyakit bronkitis juga bisa diobati secara tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Obat batuk bronkitis pada anak dari manfaat bahan alami diyakini efektif dan aman untuk si kecil karena minin akan efek samping. Berikut ini beberapa resep obat bronkitis alami yang aman untuk si kecil :

Air garam

Setiap ibu pasti memiliki persediaan garam di rumah. Selain bermanfaat untuk memberikan rasa pada masakan, ternyata garam juga bermanfaat untuk membantu meringankan batuk bronkitis pada anak. Air garam yang hangat dapat memberikan kelegaan terhadap tenggorokan serta ampuh mencegah penyakit bronkitis pada anak. Instruksikan anak untuk berkumur sesering mungkin dengan menggunakan air garam hangat untuk mengusir gatal dan mengencerkan dahak.

Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu mengatasi batuk bronkitis pada anak. Dengan sifat anti inflamasi yang dimilikinya, jahe dapat mengatasi masalah iritasi, peradangan atau pembengkakan yang terjadi pada paru-paru. Teh jahe herbal efektif untuk mengatasi keluhan batuk bronkitis pada anak.

Cara membuat teh jahe ini cukup mudah. Pertama siapkan bahan yang diperlukan, diantaranya jahe, teh herbal, lada hitam, dan air. Rebus air hingga mendidih dan masukkan satu kantong teh herbal dan diamkan hingga 5 menit. Setelah itu, tambahkan 1 sendok jahe bubuk dan satu sendok lada hitam. Berikan ramuan teh jahe tersebut pada anak setidaknya 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Minyak oregano

Obat batuk bronkitis pada anak alami selanjutnya yaitu minyak oregano. Minyak oregano merupakan minyak esensial yang dapat mengatasi beragam penyakit yang berbeda. Ini merupakan obat batuk bronkitis pada anak alami yang cukup menakjubkan dan efektif untuk menyembuhkan batuk. Ibu bisa menempatkan beberapa tetes minyak oregano di bawah lidah anak 1 kali sehari.

Madu

Telah banyak diketahui, madu merupakan salah satu antibiotik alami yang banyak memiliki manfaat dan membantu dalam pengobatan batuk bronkitis. Kandungan anti bakteri dan anti virus yang dimilikinya dapat membantu mengatasi masalah pada tenggorokan dan mengurangi terjadinya peradangan di tenggorokan, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat dari madu ini, ibu bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam minuman si kecil.

Itulah beberapa resep obat batuk bronkitis pada anak dari manfaat bahan alami yang bisa ibu gunakan untuk membantu meredakan keluhan batuk bronkitis pada si kecil. Selain melakukan pengobatan, alangkah baiknya ibu juga menjauhkan si kecil dari berbagai faktor penyebab timbulnya batuk bronkitis. Jika gejala masih tetap timbul setelah melakukan pengobatan, jangan ragu untuk membawa si kecil ke dokter dan konsultasikan dengan dokter mengenai kondisinya. Semoga membantu.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Sabtu, 11 Maret 2017 11:38:56

Related Post :
Ibu Dan Anak
Ciri Penyakit Demam Berdarah…

Ciri penyakit demam berdarah…

Ibu Dan Anak
Manfaat dan Bahaya Kebiasaan…

Menghisap jari atau menggigit…

Penyakit
Gejala Penyebab Ejakulasi Dini…

Gejala penyebab ejakulasi dini…

Tips
Tips Merawat Rambut Agar…

Wanita yang mengenakan hijab…

Ibu Dan Anak
Pilihan Makanan Pelancar ASI…

Bagi bunda yang baru…

Kesehatan
Benarkah Bernyanyi Bisa Atasi…

Bernyanyi merupakan kegiatan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
9 Makanan untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Sistem kekebalan tubuh anak yang…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme Pada Anak

Memiliki anak dengan autisme memang…

Ibu Dan Anak
Ketahui Penyebab Anak Tetap Kurus Meski Makan Banyak

Berikut ini berbagai penyebab anak…

Kirim Pertanyaan
Top