Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Patikan Kebo Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun patikan kebo sebenarnya sangatlah efektif untuk menuntaskan berbagai masalah kesehatan. Namun, sayangnya banyak orang yang belum menyadari akan hal ini, mungkin salah satu diantaranya adalah anda sendiri. Maka dari itu, agar anda bisa menjadi salah seorang yang merasakan khasiatnya, sebaiknya anda menyimak ulasan berikut ini.


Mungkin banyak dari pada anda yang sering kali menjumpai tanaman ini. Akan tetapi, karena keterbatasan anda dengan tanaman obat herbal, sering kali anda meremehkan dan menganggapnya hanya sebagai gulma seperti halnya pada jejukutan liar pada umumnya. Namun perlu untuk anda ingat, tidaklah tuhan menciptakan sesuatu terkecuali ada manfaat yang terdapat di dalamnya. Termasuk dengan tumbuhan yang satu ini.

Ya, tumbuhan yang di bernama patikan kebo ini memiliki khasiat luar biasa sebagai obat herbal untuk kesehatan terutama bagian daunnya. Di Indonesia sendiri, tanaman yang memiliki nama latin Euphorbhia hirta L. ini memliki berbagai nama lain yang berbeda-beda seperti halnya gelang susu atau nanangkaan (sunda), kukuon-kukon (jawa) dan sosononga (Maluku) dan masih banyak lagi lainnya.

Berbagai penelitian seputar kandungan tumbuhan patikan kebo

Terdapat berbagai penelitian yang telah di lakukan terkait kandungan tanaman petikan kebo secara keseluruhan. Dalam sebuah penelitian oleh para ahli di laporkan bahwasannya ekstrak etanol yang terdapat di dalam daun patikan kebo memiliki aktivitas  abtimikroba yang tertinggi terhadap  bakteri salmonella typhi yaitu bakteri penyebab penyakit tifus. Adapun ekstrak daun, batang, bunga dan akar petikan kebo mengandung antioksidan yang cukup tinggi, dengan urutan aktivitas antioksidan tertinggi adalah daun, bunga, akar dan batang.


Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwasannya ekstrak daun patikan kebo memiliki aktivitas larvasida dan pupisida pada vektor nyamuk malaria (Anoppheles stephensi). Adapun selain dari pada itu, maih banyak kandungan lainnya seperti halnya sterol, flavonoid, glilcosida, sterol, jambulol, asam melisat, asam forbat, glukosa, eufosterol, tanin dan beberapa sifat seperti :

  • Direutik, untuk melancarkan saluran kemih.
  • Antiinflamasi, untuk mencegah peradangan.
  • Anpruritik, untuk menghilangkan gatal-gatal.
  • Ekspektoran, pereda batuk dan sakit tenggorokan.
  • Hemostatik, membantu menghentikan pendarahan.
  • Spasmolitik, memberikan efek terhadap penyakit yang berhubungan dengan syaraf.

Khasiat dan manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan

khasiat daun patikan kebo untuk kesehatan sebenarnya telah di gunakan secara temurun sebagai pengobatan. Adapun pada umumnya daun patikan kebo sendiri sering kali di gunakan untuk mengobati penyakit asma, gangguan penglihatan dan sariawan. Adapun selain dari pada itu, kegunaan daun patikan kebo secara menyeluruh adalah sebagai berikut.

1. Mengobati influenza

Caranya adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu 1/2 genggam daun patikan kebo yang telah di cuci bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 3/4 nya. Setelah dingin, anda menyaringnya dan menambahkan sedikit madu untuk di minum 2x sehari.

2. Mengobati bronkitis

Untuk menjadi obat bronkitis alami, anda bisa mempersiapkan 1/3 genggam daun patikan kebo. Setelah di cuci bersih kemudian giling hingga halus. Kemudian tambahkan air masak sebanyak 2/4 gelas dan madu 1 sdm. Kemudian peras dan minum airnya sebanyak 2x sehari.

3. Mengobati asma

Untuk menjadi ramuan obat asma, anda bisa merubus 1 genggam patikankebo kering dengan 2-3 gelas air hingga mendidih. Saring dan minum 2x sehari masing-masing 1/2 gelas setiap kalinya di pagi dan sore hari.

4. mengobati ata merah

Caranya cukup dengan meneteskan getah tanaman patikan kebo pada mata merah 2x sehari hingga kondisi anda membaik.

5. Mengobati radang tenggorokan

Caranya, cukup dengan menyeduh daun patikan kebo yang telah di cuci bersih dengan air panas, dan gunakan sebagai obat kumur ketika telah menjadi hangat.

6. Mengobati eksim

Caranya adalah dengan meramu daun ini sebanyak 90 gr di tambah dengan 1/2 liter alkohol lalu di rendam selama 3-5 hari, dan gunakan untuk mencuci luka eksim.

7. Mengobati radang ginjal

Caranya cukup dengan menggunakan 6-9 gr patikan kebo kering ataui 30-60 gr patikan kebo segar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Konsumsi ramuan tersebut secara tertur.

8. Mengobati abses atau radang payudara

Caranya cukup dengan menggunakan patikan kebo sebanyak 60 gram dan di tambah dengan 120 gr tahu putih, kemudian di tim dan di konsumsi. Lakukan hal tersebut hingga hasilnya dapat anda rasakan.

9. Mengobati penyakit tipes

Adapun cara mengolah daun patikan kebo sebagai obat tipes adalah dengan merebus daun beserta batang patikan secukupnya. Minum rutin 3x sehari.

10. Mengobati disentri

Caranya cukup dengan merebus 20 gr daun patikan kebo dengan 400 cc air, tambahkan sedikit gula pasir atau gula merah. Kemudian saring dan minum 2x sehari.

Nah, itulah berbagai khasiat dan manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 11 Maret 2017 14:39:53

Related Post :
Ibu Dan Anak
Apakah Susu Kental Manis…

Apakah susu kental manis…

Kesehatan
Jangan Nekat Bikin Tato…

Saat ini tato mata…

Daun
Inilah Khasiat Daun Semanggi…

Tahukah tahukah anda apa…

Kesehatan
Tanda Berikut Tunjukan Anda…

Menjalani diet bukanlah hal…

Ibu Dan Anak
Bahaya Terlalu Sering Mengoleskan…

Mengoleskan minyak telon pada…

Penyakit
Waspadai Bahaya Dan Komplikasi…

Berikut adalah berbagai bahaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jarum Tujuh Bintang Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Manfaat Daun Hantap Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun hantap bagi kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top