Waspadai Bahaya Dan Komplikasi Akibat Penyakit Asam Urat

Share dan Tag Temanmu di :

Komplikasi akibat penyakit asam urat nyatanya kini tengah mengintai para penderitanya. Terlebih jika kondisi asam urat yang mereka alami cenderung di abaikan dan juga tidak segera di obati. Untuk itu, jangan lupa selalu konsumsi obat asam urat alami anda secara teratur, dan ketahui berbagaia bahaya komplikasinya di sini.


Asam urat merupakan suatu penyakit yang mana penderitanya kian meningkat pada tiap tahunnya. Hal tersebut di karenakan pola hidup masyarakat yang semakin menurun dari waktu ke waktu. Meski begitu, ada dari pada sebagian penderita yang hanya mengalami gejala asam urat hanya sekali dan tidak pernah mengalaminya lagi di kemudian hari.

Namun, Kebanyakan dari penderitanya mengalami serangan asam urat secara beerulang, bahkan jenis asam urat kronis terjadi lebih banyak dari waktu ke waktu. Tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, melainkan kondisi asam urat yang berulang tersebut juga ada kalanya menyebabkan berbagai komplikasi akibat penyakit asam urat berupa timbulnya masalah kesehatan lain yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Batu ginjal
Menurut sebuah laporan, tercatat 10-25% penderita penyakit asam urat juga mengalami batu ginjal. Kondisi ini dapat di tandai dengan sensasi yang selalu ingin buang air kecil, merasakan sakit saat buang air kecil daj tergangguanya aliran urin. Bahkan jika tidak segera di tangani dengan baik maka dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Karena seperti yang kita tahu, bahwasannya asam urat yang terdapat di dalam tubuh di keluarkan dalam bentuk air seni melalui organ ginjal. Namun, kondisi tersebut, ada kalanya menyebabkan terjadinya endapan-endapan di dalam ginjal, terlebih jika kadarnya begitu tinggi. Mungkin jika endapannya masih terbilang kecil, maka tubuh akan membuangnya secara alami. Namun, apabila endapan berukuran besar, maka tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut menyebabkan terbentukanya penyakit batu ginjal.

2. Gagal ginjal
Komplikasi asam urat tinggi lainnya adalah terjadinya keruksakan pada ginjal dan menyebabakan penyakit gagal ginjal. Hal tersebut ddi karenakan asam urat sendiri di ibaratkan sebagai sampah yang terdapat di dalam darah. Sementara ginjal berfungsi sebagai penyaring. Maka dapat anda byangkan, jika jumlah sampah yang da di dalam darah melampaui batas normal, maka hal tersesebut dapat menimbulkan keruksakan pada penyaring atau dapat menyebabakan ginja; ginjal rusak, dan yang opaling fatal dapat menyebabkan gagal ginjal

3. Timbulnya benjolan-benjolan tofi
Tofi sendiri merupakan gumpalan-gumpalan kecil berwarna kuning maupun putih yang terletak di balik kulit, yang dapat muncul di lutut, siku, jari kaki, jari tangan, lengan, tumit bahkan telinga. Gumpalan-gumpalan tersebut pada umumnya terbentuk akibat akumulasi dari kristal-kristal asam urat pada penderita asam urat yang sudah parah maupun telah lama tidak mendapatkan penanganan.

Kondisi ini tentunya menjadi sinyal yang kuat, bahwasannya pengobatan asam urat tidak bisa di tunda-tunda lagi. Pada umumnya, jika kadar asam urat bisa di turunkan maka kemungkinanan besar juga tofi pun akan semakin mengecil seiring larutnya  kristal-kristal natrium pada urat. Namun sebaliknya, jika kondisi ini masih di biarkan maka terdapat kemungkinan tofi akan membesar dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.

4. Keruksakan parah pada sendi
Seiring menumpuknya kristal-kristal natrium urat yang terus menumpuk dan membentuk tofi di dalam sendi, maka tak jarang kondisi tersebut pun lambat laun mengakibatkan masalah keruksakan sendi yang cukup serius. Bahklan tak mustahil kondisi tersebut menyebabakan keruksakan sendi secara permanen dan tak kunjung bisa di atasi. Jika telah terjadi keruksakan sendi, maka pilihan operasi mungkin jadi pilihan satu-satunya untuk memperbaiki atau menggantinya.

5. Masalah Psikologis
Perubahan suasana hati seperti halnya stres juga bisa menjadi salah satu komplikasi dari asam urat. Bukan hanya karena nyeri yang luar biasa melainkan efek dari kondisi ini juga tak jarang menyebabakan rutinitas sehari-hari menjadi terganggu. Maka jika di abaikan, tidak menutup kemungkinan bisa mengarah pada depresi. Maka dari itu, sebelum mengarah pada masalah psikologis yang cukup serius, maka segera temui dokter jika anda merasa stres dengan kondisi asam urat yang anda alami.

Nah, itulah beberapa bahaya dan komplikasi akibat penyakit asam urat yang perlu anda waspadai. Untuk menghindari terjadinya beberapa hal yang tak di inginkan tersebut, selain melakukan pengobatan segera saat asam urat tinggi anda kambuh, namun juga perlu di barengi dengan pola hidup yang sehat pula. Seperti halnya menjauhi berbagai pantangan makanan yang harus di hindari oleh penderita asam urat dan lainnya.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 13 Maret 2017 10:07:21

Related Post :
Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang…

Beberapa waktu lalu Tora…

Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis…

Cara mengobati penyakit hepatitis…

Manfaat
Manfaat Minyak Zaitun Mampu…

Manfaat minyak zaitun untuk…

Kesehatan
Penyebab Menurunnya Nafsu Makan…

Tingkat stress bisa berpengaruh…

Kesehatan
Ternyata Senyum Juga Menyehatkan…

Tersenyum bisa diartikan sebagai…

Tips
Tips Diet Sehat Yang…

Tips diet sehat yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Yang Menyerang Usus

Jenis-jenis penyakit yang menyerang usus…

Penyakit
Pengobatan Penyakit Alzheimer Pada Lansia

Setelah mengetahui pengobatan penyakit alzheimer,…

Penyakit
Jenis-Jenis Konjungtivitis Berdasarkan Penyebabnya

Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis dibagi menjadi…

Kirim Pertanyaan
Top