Manfaat Kaca Mata Hitam Melindungi Mata Dari Sinar Matahari

Kacamata Hitam, Bantu Lindungi Mata Dari Sinar Matahari
Kesadaran masyarakat Indonesia dalam menggunakan kacamata hitam saat siang hari terbilang masih rendah. Padahal kacamata hitam memiliki fungsi untuk melindungi mata dari bahaya sinar matahari. Beragam penyakit bisa menjadi akibat dari kurangnya upaya preventif dalam melindungi mata, terutama terhadap sinar matahari di siang terik. Berikut beberapa jenis penyakit mata yang bisa mengintai Anda:



-Pterigium. Gangguan ini ditandai dengan jaringan berwarna putih yang tumbuh pada bagian putih mata yang bisa tumbuh sampai ke kornea. Gejalanya berupa iritasi mata, mata kemerahan, gatal, penglihatan kabur, dan ada rasa perih. Jaringan berupa serabut berwarna putih ini bisa muncul karena sering terpapar sinar matahari. Umumnya bisa terjadi pada orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Jika jaringan terasa mengganggu aktivitas, hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi pengangkatan jaringan pterigium.


-Katarak. Gangguan penglihatan ini membuat penderitanya tidak bisa melihat dengan jelas karena lensa mata menjadi keruh. Mata juga lebih sensitif terhadap cahaya. Jika penglihatan terganggu, otomatis akan memberikan dampak pada aktivitas sehari-hari seperti sulit melihat ekspresi seseorang, sulit melihat sesuatu dari jauh, sulit membaca, dan kesulitan saat mengendarai kendaraan. Secara umum, katarak disebabkan karena cidera yang mengubah jaringan mata. Selain karena faktor usia, faktor sering terpapar sinar UV juga  menjadi salah satu pemicu katarak.


-Fotokeratitis dan Fotokonjungtivitis. Paparan sinar matahari yang terjadi dalam jangka waktu panjang bisa membuat kornea mengalami kerusakan berat. Orang yang memiliki gangguan berupa fotokonjungtivitis akan mengalami inflamasi pada matanya setelah beberapa jam terkena sinar matahari dan mata akan terasa sangat perih dan menyakitkan. Sementara penderita fotokeratitis akan mengalami gejala seperti mata terus berair, pusing, mata nyeri, mata merah, kelopak mata bengkak, serta hilangnya penglihatan untuk sementara.


-Pinguekula. Gangguan mata ini diakibatkan adanya benjolan kuning di bagian konjungtiva di dekat kornea. Benjolan tersebut merupakan selaput bening dan tipis yang melapisi permukaan putih bola mata. Hal ini bisa terjadi ketika mata sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan kacamata hitam.


Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, mata merupakan organ yang sangat penting. Oleh karena itu, dari sekarang jagalah mata Anda. Salah satunya dengan melindungi mata menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar, terlebih jika dalam jangka waktu yang lama. Ajarkan pula kepada anak Anda untuk menggunakan kacamata pelindung saat beraktivitas di luar ruangan siang hari. Jika mengalami gangguan mata seperti yang telah disebutkan di atas, segera kunjungi dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Manfaat Senin, 09 Mei 2016 13:14:55

Manfaat Kaca Mata Hitam Melindungi Mata Dari Sinar Matahari
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Kaca Mata Hitam Melindungi Mata Dari Sinar Matahari bukan hanya sekedar gaya kacamata hitam dapat mengurangi paparan sinar matahari yang panas dan menyilaukan menjauhkan dari penyakit katarak
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan manfaat wortel…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing untuk Obati Tipes

Ekstrak cacing merupakan obat tradisional…

Manfaat
Manfaat Femmilove Untuk Mengatasi Masalah Kewanitaan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Tambah Pertanyaan
Top