Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Poko Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun poko bagi sebagian orang masih terdengar asing, mungkin juga salah satunya oleh anda. Padahal tanaman ini memiliki khasiat luar biasa untuk tubuh, yang beberapa diantaranya dapat menumpas beberapa keluhan kesehatan yang sangat umum terjadi di masyarakat. Untuk mengenal lebih dekat khasiat dari tanaman ini, anda bisa menyimak informasi berikut.


Tanaman poko memiliki nama latin Mentha arvensis L. var Javanica Bentham adalah sejenis tanaman yang masih termasuk ke dalam familia labitae. Tanaman ini tumbuh subur  di tempat berketinggian 150-1200 dpl dan juga di negara tropis termasuk Indonesia. Meski Demikian, tanaman ini juga dapat kita temukan di negara lainnya seperti di negara-negara Eropa dan Amerika. Tanaman ini sering kali di gunakan sebagai tanaman herbal terutama pada bagian daunnya.

Adapun karakterisrik dari tanaman ini adalah tumuhan berbatang tegak dengan ketinggian mencapai 30-50 cm, bercabang kecil dan tumbuh menjalar, berbuku dengan tiap buku keluar tunas dan akar serta berbentuk segi empat dengan bunga berbentuk tabung dengan mahkota berwarna ungu.


Sedangkan, ciri-ciri daun poko sendiri diantaranya memiliki aroma yang khas dan juga rasanya yang agak sedikit pedas. Tiap helaian daunnya berbentuk bulat telur, berbulu, dengan tepi yang bergerigi serta pangkal dan ujung daun yang agak meruncing. Pada umumnya, tiap daun memiliki panjang antara 3-6 cm berwarna hijau agak kecoklatan dengan tulang daun bagian bawah berbulu pendek.

Di indonesia sendiri, jenis daun ini memiliki nama panggilan yang berbeda di setiap daerahnya. Adapun nama lain daun poko diantaranya adalah daun poko (Melayu, Sumatera), bijanggut atau bujanggut (Jawa) dan janggot (Sunda).

Kandungan dan manfaat daun poko untuk kesehatan

Para ahli bukannya tanpa alasan menjadikan daun mentha arvensis ini menjadi salah satu tanaman obat herbal yang bisa kita manfaatkan. Melainkan karena di dalamnya memang terkandung banyak sekali senyawa aktif yang memberikan dampak positif terhadap kesehatan. Seperti halnya minyak atsiri sekitar 1,25 (yang memicu timbulnya bau aromatik dan rasa pedas), damar, zat penyamak dan gom. Sedangkan efek farmakologis yang di milikinya adalah astringent, antipiretik, karminatif dan juga diaforetik.

Adapun khasiat dan manfaat daun pokok ini adalah sebagai berikut:

  • Menjadi aromatik dalam beberapa ramuan.
  • Mengelurkan gas dari saluran pencernaan (Karminatif).
  • Mengurangi ketegangan otot (antipasmodik).
  • Memperlancar pengeluaran keringan (diaforetik).
  • Menjadi obat untuk meringankan gejala batuk secara alami.
  • Membantu mengobati sakit kepala.
  • Membantu mengobati sakit perut.

Selain dari pada itu, kegunaan daun poko ini sering kali di gunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara memanfaatkannya adalah dengan menumbuk daun poko yang telah di bersihkan hingga halus, kemudian peras. Basahi kapas dengan dengan air perasan tersebut, lalu masukan pada bagian lubang gigi atau gigi yang sakit. Namun, pengobatan ini hanya bersifat sebentar dan hanya dapat menghilangkan rasa sakit.

Manfaat daun pokok lainnya adalah dapat  menjadi obat rematik alami dan juga permasalahan sendi lainnya. Cara pemanfaatannya sendiri dapat di lakukan dengan merebus 4 sendok makan daun poko kering dengan 2 mangkok air selama 15 menit. Minum air rebusan tersebut sebanyak 1/2 gelas setiap 4 jam sekali (untuk orang dewasa).

Nah, sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda terutama di dunia herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 14 Maret 2017 14:22:57

Related Post :
Obat Kimia
Obat Penyakit Aritmia Jantung…

Amiodarone bisa menjadi solusi…

Kesehatan
Jenis Kacang-kacangan Lengkap Dengan…

Selain buah dan sayur,…

Tips
Anda Suka Kopi? Ketahui…

Ketika bulan Ramadhan, rutinitas…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk…

Sulfadiazine tergolong ke dalam…

Daun
Manfaat Daun Talas Untuk…

Selain di jadikan pakan…

Penyakit
Apakah Penyakit Asam Urat…

Apakah penyakit asam urat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Wortel Untuk Kesehatan

Kegunaan dan manfaat daun wortel…

Kirim Pertanyaan
Top