Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Sembung Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun sembung bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan anda beserta keluarga. Karena mungkin tanpa anda ketahui sebelumnya, jenis tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan terutama dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silahkan simak informasi berikut ini.


Daun sembung adalah sejenis tanaman yang masih tergolong ke dalam jenis tanaman semak atau perdu. Tanaman yang memiliki nama latin Blumea Balsamifera ini sering kali di gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit ringan hingga berat, seperti hlnya maag, gatal-gatal hingga beri-beri. Fakta tersebut tentunya tidak terlepas dari berbagai unsur senyawa yang di miliki oleh tanaman ini.

Adapun ciri-ciri dari tanaman sembung ini adalah tinggi tanaman yang pada umumnya mencapai 4 meter, daunnya bergerigi dengan bagian atas yang bertekstur kasar sedangkan bagain bawah daun sangatlah halus seperti buludru. Adapun warna bunganya berwarna kuning yang keluar dari ujung cabangnya.

Kandungan dan manfaat daun sembung untuk kesehatan


Anda tidak usah heran jika mengetahui bahwasannya kegunaan daun sembung sangatlah melimpah untuk kesehatan. Jika anda menginginkan jawabannya, baiklah akan kami jawab. Hal tersebut di karenakan berbagai kandungan senyawa yang terdapat di dalam daunnya sangatlah melimpah yang dioantaranya adalah seperti tannin, limonene, cineole, borneol, pirokatechin, glikosida, asam palmitin, sesquiterpen, minyak atsiri dan myristin. Adapun getahnya sering kali di gunakan untuk bahan pembuatan kapur barus.

Selain dari pada itu, tanaman ini juga memiliki kandungan flavanol yang mana memiliki sifat antiinflamasi dan diureutik, yang sangat berguna dalam melawan kuman, menghangatkan tubuh, melancarkan aliran darah, mencairkan dahak serta melurunkan keringat.

Adapun berbagai khasiat dan manfaat daun sembung sendiri adalah sebagai berikut.

1. Mengobati flu dan batuk

Penyakit yang di sebabakan oleh kekebalan tubuh menururn seperti flu dan batuik dapat di atasi dengan menggunakan ramuan dari daun ini. Adapun cara pengolahannya adalah:

  • Siapkan terlebih dahulu 1/4 genggam daun sembung, 1/2 sdt adas, 1/3 genggam daun bayam barduri, 10 cm pulosari,  dan 1/4 genggam kayu angin.
  • Setelah kesemua bahan di cuci bersih, maka rebus kesemua bahan tersebut dengan menggunakan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Setelah dingin saring, lalu minum ramuan aini sebanyak dua kali sehari secara teratur hingga sembuh.

2. Mengobati gatal-gatal pada kulit
Untuk mengatasi masalah kesehatan ang satu ini, anda bisa memanfaatkannya sebagai berikut:

  • Untuk pemakaian dalam, anda bisa merebus 15 gram daun sembung kering selama beberapa menit, dan konsumsi air rebusannya secara teratur.
  • Untuk pemakaian luar, anda bisa menempelkan daun sembung yang telah di rebus pada bagia kulit yang terasa gatal atau mengatasi masalah lainnya seperti bisul, nanah dan lainnya.

3. Mengobati penyakit jantung
Kandungan flavanol yang terdapat di dalam daun ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai gejala penyakit jantung. Adapun manfaat daun sembung untuk jantung bisa anda dapat dengan cara pengolahannya yang benar seperti berikut:

  • Siapkan 3-5 helai daun dan segenggam penuh pucuk daun sembung dan cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan menggunakan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Setelah dingin, saring dan konsumsi ramuan ini 2x sehari masing-masing segelas tiap kalinya selama 1-2 minggu berturut-turut.

4. Mengobati diabetes
Khasiat daun sembung untuk diabetes pun perlu untuk di perhitungkan. Sebab sebuah penelitian farmakologi yang di lakukan oleh Fakultas Kedokteran dan jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam Universitas Sumatera beberapa tahun lalu, yang menunjukkan bahwa daun sembung dapat menurunkan kadar gula darah karena terdapat sifat antidiabetes di dalamnya. Adapun cara pengolahannya menurut buku yang berjudul obat-obatan dari Hasil Hutan yang di susun oleh R. Supardi adalah:

  • Rebus daun sembung legi secukupnya dengan menggunakan air hingga mendidih.
  • Konsumsi air rebusannya tersebut secara teratur.
  • Untuk menambah kemujaraban ramuannya, anda bisa menambahkan sedikit adas dan pulosari ke dalamnya.

5. Mengobati penyakit lambung
Manfaat daun sembung untuk lambung salah satu diantaranya adapat di jadikan sebagai obat asam lambung alami. Adapun untuk pengolahannya adalah sebagai berikut:

  • Rebus 1/2 genggam daun sembung dengan menggunakan 3 gelas air hingga tersisa 3/4 gelas.
  • Saring dan biarkan dingin.
  • Tambahkan 2 sdm madu ke dalamnya dan minum 3x dalam sehari.

Selain dari pada itu, masih banyak manfaat dari daun sembung seperti halnya untuk menurunkan demam tinggi, mengobati diare, penyakit beri-beri, sinusitis, nyeri haid, meningkatkan nafsu makan dan sebagai obat rematik alami.

Bahkan tak hanya daunnya, bagian akar dari tumbuhan inipun memiliki efek yang baik bagi kesehatan seperti halnya dapat mengatasi gatal-gatal, sakit perut, batuk, bronkitis, penambah nafsu makan, mmengatasi nyeri haid dan lainnya.

Nah, itulah informasi yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun sembung untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan khususnya dapat menambah wawasan anda seputar dunia herbal. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 16 Maret 2017 15:13:19

Related Post :
Penyakit
Penyebab Gejala Awal Usus…

usus buntu merupakan suatu…

Manfaat
Manfaat dan Efek Samping…

Mengenal manfaat dan efek…

Penyakit
Ini Perbedaan Miom Dan…

Berikut adalah berbagai perbedaan…

Kesehatan
Tak Disangka! Ternyata Keputihan…

Tidak selalu membahayakan, ternyata…

Alami
Obat Usus Turun Herbal…

Obat usus turun herbal…

Penyakit
Mengenal Penyakit Kolitis Ulseratif…

Berikut adalah pembahasan tentang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Ketahui kandungan, khasiat dan manfaat…

Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Peterseli Untuk Kesehatan

Selain menjadi masakan, Khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top