Obat Penurun Kolesterol Tinggi Yang Alami Dan Terbukti Ampuh

Obat penurun kolesterol tinggi yang alami khususnya, kini semakin banyak di minati dan di cari oleh banyak masyarakat. Hal tersebut tak terlepas dari pada kondisi dan kualitas hidup masyarakat yang lambat laun semakin memburuk. Begitupun bagi anda yang kini tengah mencari alternatif pengobatan kolesterol tinggi secara tradisional, anda dapat menyimak informasi berikut hingga selesai.


Kolesterol adalah molekul lipid (lemak dan sejenisnya) yang terdapat di dalam aliran darah ataupun sel-sel tubuh lainnya. Sebenarnya kolesterol ioni sangat di perlukan oleh tubuh untuk pembentukan dinding sel  dan juga sebagai bahan baku pembuatan beberapa hormon.

Namun, akibat pola hidup yang buruk kadar kolesterol ini sering kali melambung tinggi dan tak jarang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Kondisi ini tentunya menimbulkan dampak yang serius untuk kesehatan. Pasalnya, kondisi ini memicu tersumbatnya pembuluh darah yang jika di biarkan kemungkinan besar memicu komplikasi  kesehatan berupa penyakit berat mulai dari darah tinggi, jantung hingga stroke. Kolesterol tinggi dalam istilah medis sering kali di sebut dengan Hiperkolesterolemia.

Namun, tidak semua jenis kolesterol memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Karena kolesterol sendiri terdiri dari kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Adapun seseorang di kategorikan memiliki kolesterol tinggi dimana kolesterol total melebihi batas tinggi, yang di dominiasi oleh trigliserida (jenis lemak yang mempengaruhi kolesterol) kadar kolesterol LDL yang begitu tinggi. Untuk mengetahui apakah kolesterol anda tergolong tinggi atau cukup anda dapat menyimak bagan berikut.

Klasifikasi LDL, HDL, trigliserida dan kolesterol total di dalam tubuh

Kolesterol LDL
< 100 mg/dl Optimal
100 - 129 mg/dl Di atas normal
130 - 159 mg/dl Batas tinggi (Borderline)
160 - 189 mg/dl Tinggi
> 190 mg/dl Sangat tinggi
Kolesterol HDL
< 40 mg/dl Rendah
> 60 mg/dl Tinggi
Trigliserida
< 150 mg/dl Bagus
151-199  mg/dl Normal
200 - 499 mg/dl Tinggi
> 500 mg/dl Sangat tinggi
Kolesterol total
< 200 mg/dl Normal
200 - 239 mg/dl Batas Tinggi (Borderline)
> 240 Sangat tinggi

Bagaimana, apakah kolesterol LDL anda normal atau tinggi? Apabila kadar trigliserida dan kolesterol LDL anda tinggi, maka untuk menghindari berbagai akibat yang di timbulkannya, ada baiknya untuk mengobati kolesterol anda dan segera memeriksakan kondisi anda ke dokter anatau mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar kolesterol anda.

Selain mengonsumsi obat generik penurun kolesterol seperti simvastatin, alternatif lainnya untuk menurunkan kolesterol anda dengan cepat adalah dengan memanfaatkan bahan alami seperti yang akan kami uraikan berikut ini.

Pilihan obat penurun kolesterol tinggi yang alami dan tradisional terbukti ampuh

1. Daun salam
Untuk mengolahnya menjadi obat herbal penurun kolesterol tinggi, anda bisa merebus 20 lembar daun salam yang telah di cuci sebelumnya dengan menggunakan 600 ml air hingga tersisa 200 ml air saja. Setelah dingin saring dan konsumsi air rebusan daun salam ini 2x1 hari.

2. Teh hijau
Kandungan yang terdapat di dalam teh hijaupun sangat berguna dalam membantu menurunkan kolesterol tinggi. Caranya, cukup dengan menyeduh teh hijau sebanyak 7 gr dengan menggunakan segelas air panas dan membiarkannya selam 10 menit. Konsumsi ramuan herbal teh ini selagi hangat.

3. Bawang merah
Kandungan flavonoid yang terkandung di dalam bawang merah bekerja sebagai antioksidan sekaligus menurunkan kolesterol, trigliserida dan juga gula darah. Adapun cara penggunaannya sendiri anda bisa mengiris tipsi-tipis bawang merah sebanyak 20 gr dan memakannya bersama nasi. Lakukan cara ini 3 kali sehari dengan takaran yang sama.

4. Bawang putih
Menurut sebuah studi yang di lakukan di Munich University, Jerman menemukan bahwasannya menambahkan bawang putih ke dalam diet dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 10% selama 4 bulan. Hal tersebut memang di karenakan di dalamnya terkandung bahan aktif s-allyl cysteine yang mana merupakan komponen thioallyl yang memiliki khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Untuk itu, anda bisa mengonsumsi 1-2 siung bawang putih sebanyak 2 kali sehari secara tertur.

5. Seledri
Daun seledri mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang mana dapat membantu menurunkan kolesterol. Untuk memanfaatkan sebagai obat tradisional penurun kolesterol, anda bisa merebus 1 batang seledri dengan 1 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, konsumsi ramuan aini secara teratur satu kali dalam sehari.

6. Temulawak
Temulawak bisa menjadi altertif untuk menurunkan kolesterol dari pada terapi statin yang dapat menimbulkan keruksakan hati. Untuk mengolah sebagai obat alami penurun kolesterol dan darah tinggi, anda bisa mengupas 2 rimpang temulawak dan mencucinya hingga berih. Kemudian parut dan tambahkan 1/2 cangkir air panas  dan biarkan untuk mengendap. Setelah dingin, endapannya buang dan airnya diminim. Lakukan cara ini secara tertur setiap hari.

7. Mengkudu
Obat ampuh penurun kolesterol tinggi lainnya adalah dengan memanfaatkan buah mengkudu. Caranya cukup dengan menyiapkan 2 buah mengkudu masak yang telah di cuci bersih, kemudian mengolahnya dengan cara di jus. Minuman herbal mengkudu ini bisa anda konsumsi 2x1 hari secara teratur.

8. Sambiloto
Tumbuhan alami yang satu inipun bisa menjadi obat alami menurunkan kolesterol tinggi yang dapat anda coba mengaplikasikannya. Caranya adalah dengan merebus 20 gr sambiloto kering  dengan 3 gelas air hingga tersisa hanya setengahnya. Setelah dingin, lalu di saring dan diminum sekaligus. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain dari pada beberapa obat penurun kolesterol tinggi alami yang telah di paparkan di atas, ternyata masih banyak lagi bahan alami yang dapat anda manfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol anda dengan metode herbal. Beberapa diantaranya yaitu, alpukat, akar manis, jamur kuping putih, angkak, labu siam, kunyit, belimbuing manis dan lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada informasi kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Alami Jum'at, 17 Maret 2017 11:16:18

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • pertanyaan

    1 Balasan

    Alami

    ada ga hasiat daun tembakau untuk pertanian Padi sawah

  • Bahan Alami Untuk Atasi Penyakit Maag

    1 Balasan

    Alami

    Dok, kalau untuk mengatasi sakit maag, bahan - bahan alami apa yang bisa gunakan?

  • sakit sciatica

    1 Balasan

    Alami

    apakah obat yg tepat utk penyakit ini

  • Tanya takaran qnc jelly gamat

    1 Balasan

    Alami

    Sore pak saya mau nanya takaran qnc jelly gamat untuk bayi usia 4 bulan??anak saya sakit infeksi paru2.terimakasih

  • obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi

    1 Balasan

    Alami

    Belakangan ini saya sering sakit gigi. sudah berkumur dengan air garam , tapi sakit gigi yang saya alami belum sembuh juga. Apakah ada obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ?


Alami
Alami
Alami
Resep Ramuan Bawang Merah untuk Atasi Batuk

Ramuan bawang merah ternyata bisa…

Tambah Pertanyaan
Top