Cara Mengobati Penyakit Stroke Ringan Sampai Sembuh

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Umumnya penyakit stroke serius diawali dengan adanya gejala stroke ringan. Stroke ringan atau Transient Ischemic Attack (TIA) terjadi ketika pasokan darah ke area otak terputus. Sehingga dapat menimbulkan kelimpuhan sementara dan sebagian pada bagian tubuh yang terkena.


Stroke ringan memiliki durasi serangan yang singkat dan dapat menghuilang dalam beberapa menit. Walaupun begitu, gejala ini tidak boleh dianggap sepele. Karena stroke ringan bs amaenjadi stroke berat dan menyebabkan kecacatan hingga kematian.

Gejala stroke ringan sendiri biasanya mudah dilihat melalui wajah, lengan, dan kemampuan bicara penderita. Stroke ringan bisa menyeabbkan kelemahan otot wajah sehingga wajah turun ke salah satu sisi, tidak bisa senyum, mata, atau mulut turun ke bawah. Penderita stroke ringan juga kemungkinan tidak mampu mengangkat kedua lengan. Hal ini terjadi karena lengan mereka lemas atau mati rasa pada salah satu sisi.

Walaupun stroke ringan menyerang dalam waktu yang relatif singkat, namun kondsii ini bisa secara mudah berujung pada stroke sebenarnya sehingga berdampak permanen.Kondisi yang lebih parah bisa terjadi jika gejala stroke ringan tersebut tidak terdeteksi sehingga terjadi pembiaran. Maka kerusakan otak yang disebabkannya bisa memicu komplikasi berupa penglihatan kabur, gangguan kognitif, dan demensia.

Cara Mengobati Penyakit Stroke Ringan Sampai Sembuh

Penyakit stroke ringan bisa mengarah pada serangan stroke berat yang lebih besar jika terus dibiarkan. Untuk mencegah hal tersebut, maka dokter akan memberikan obat sesuai dengan penyebab terjadi stroke ringan. Obat-obatan yang akan diberikan bisa meliputi obat antiplatelet dan obat antikoagulasi. Selain itu, penderita juga bisa mencoba beberapa resep obat stroke ringan alami yang terbuat dari bahan-bahan alami yang diyakini memiliki khasiat untuk membantu meringankan gejala stroke ringan.

Selain obat, cara mengobati penyakit stroke ringan juga bisa dilakukan dengan fisioterapi yang bekerja untuk melatih otot yang mengalami gangguan akibat serangan stroke. Fisioterapi dilakukan setelah kesehatan penderita mulai stabil dan berlangsung selama beberapa bulan bahkan bertahun-tahun hingga penderita sembuh.

Selain itu, melakukan diet bisa membantu proses pengobatan stroke ringan. Gaya hidup dan pola makan sehat sangat penting untuk memperecepat penyembuhan stroke ringan.

Beberapa faktor yang dapat mendukung penyembuhan penderita stroke ringan, diantaranya adalah :

  • Jenis stroke dan seberapa luas lesi yang terlibat
  • Penanganan awal stroke oleh dokter
  • Kontrol faktor risiko stroke, seperti obesitas, merokok, gangguan profil lipid, kadar gula darah tinggi, tekanan darah tinggi, dan sebagainya
  • Fisioterapi
  • Dukungan keluarga

Selain melakukan pengobatan, alangkah baiknya kita juga melakukan pencegahan sebelum penyakit stroke ringan timbul. Cara terbaik untuk mencegah stroke adalah dengan berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bergizi dan sehat, tidak mengonsumsi minuman keras secara berlebihan, tidak merokok, dan hindari atau atasi stres. Selain itu, jika Anda mengidap penyakit yang bisa memicu penyakit stroke, seperti diabetes, fibrilasi atrium di mana jantung berdetak secara tidak normal (aritmia), tekanan darah tinggi, serta gangguan tidur atau sleep apnea, sebaiknya kontrol dan obati seluruh kondisi tersebut dengan baik.

By Sri Maryati - Penyakit Jum'at, 17 Maret 2017 13:22:24

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Kurap Dan…

Penyakit kulit terdiri dari…

Ibu Hamil
Mengenali Penyebab Keguguran pada…

Keguguran sangat identik dan…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan…

Berbagai macam jenis jamu…

Tips
Begini Cara Terbaik Minum…

Begini cara terbaik minum…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Manfaat
Manfaat Tak Terduga Pasta…

Manfaat tak terduga pasta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Kesehatan

    0 Balasan

    Penyakit

    apa qnc dpt menyembuhkan benjolan di vagina

  • konsultasi

    0 Balasan

    Penyakit

    Apakah detak jantung yang tidak beraturan dapat disembuhkan dengan Kelly gamat

  • penggunaannya

    0 Balasan

    Penyakit

    Suami sy skrg ini pakai kolostomi bag kmd ada peradangan pd stoma shg hb turun jadi 6,5 krn ada darah yg keluar pd wkt bab di kantong. Apakah jelly gamat…

  • sakit liver karena hepatitis b

    1 Balasan

    Penyakit

    Hasil USG dari rumah sakit menunjukan sakit liver yang sudah tahapan sirosis, sudah melakukan pengobatan danrutin minum obat dari dokter, tetapi kenapa setiap malam perut masih mengalami sakit yang hebat…

  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil


Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Penyakit Hepatitis

Informasi tentang penyakit hepatitis, jenis-jenis,…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada Anak Di Bawah 10 Tahun

Penularan Cacar Air Pada Anak…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan Pengobatan Lipoma

Mengenal tanda dan gejala, penyebab…

Kirim Pertanyaan
Top