Cara Mencegah Asam Lambung Tinggi Agar Tidak Kambuh

Share dan Tag Temanmu di :

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi dimasyarakat. Penyakit ini ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus atau dikenal juga kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.


Asam lambung sendiri pada dasarnya memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, terutama dalam proses pencernaan. Asam lambung dapat mematikan bakteri penyakit yang masuk ke dalam lambung, menstabilkan kandungan gula, serta membantu pembentukan protein enzim pencernaan pada lambung. Namun, kondisi asam lambung yang tinggi juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya.

Penyakit asam lambung tinggi ini bisa dipicu oleh makanan dan minuman tetentu, seperti makanan pedas, alkohol, kopi, dan nikotin. Selain itu juga dapat di picu oleh stress. Asam lambung yang berlebih ini dapat mengikis dinding lambung.

Mengonsumsi obat asam lambung merupakan salah satu langkah yang cukup banyak dipilih untuk menetralkan kembali asam lambung tinggi. Namun, walaupun begitu tidak menutup kemungkin penyakit asam lambung ini bisa kembali kambuh. Untuk mencegah hal tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui cara mencegah asam lambung tinggi agar tidak kambuh berikut ini :

Makan dengan porsi kecil

Makan dalam porsi besar akan menyebabkan perut lebih meregang. Ini dapat memberikan beban tambahan pada otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan. Alhasil, kemungkinan timbulnya gejala penyakit asam lambung akan meningkat.

Makanlah 3-4 kali sehari dengan porsi lebih kecil. Cara ini sangat penting, karena makan 3 kali dalam porsi dan satu kali makan besar tidak akan memberikan keuntungan.

Perbaiki kualits tidur

Sebuah tinjauan dari 100 studi ilmiah melihat ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala naiknya asam lambung, salah satunya adalah cara tidur.

Mengatur cara tidur merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengontrol gejala refluks lebih daripada modifikasi pola makan. Tidur dengan kepala ditinggikan akan mengurangi kekambuhan gejala GERD. Selain itu, alangkah baiknya Anda juga memperhatikan waktu Anda tidur. Tidur selama 7-8 jam sehari bisa mebantu mencegah timbulnya gejala asam lambung tinggi.

Turunkan berat badan

Berat badan berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi naiknya asam lambung. Maka dari itu, melakukan diet sehat dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks dapat mengontrol gula darah dan membakar lemak tubuh. Dengan berat badan yang ideal, maka kita bisa mencegah asam lambung tinggi.

Kunyah permen karet non-peppermint

Permen karet dapat menyebabkan mulut memproduksi air liur lebih banyak yang dapat membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH lambung. Namun, Anda harus menghindari permen karet dengan perasa peppermint. Sebuah studi yang dilakukan pada 2007 dan diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan bahwa peppermint dapat mengurangi kekuatan kontraksi otot LES. Padahal, otot perlu berkontraksi sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

Selain melakukan beberapa cara mencegah asam lambung agar tidak kambuh tersebut, alangkah baiknya jika Anda juga memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung serta menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti mengonsumsi alkohol dan merokok.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 17 Maret 2017 14:21:28

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Kesehatan
Manfaat Luar Biasa Senam…

Sama seperti olehraga lainnya,…

Manfaat
Inilah Khasiat Temu Mangga…

Berikut adalah khasiat dan…

Penyakit
Gejala Dan Diagnosis Karsinoma…

Beberapa gejala karsinoma nasofaring…

Tips
Trik Mendampingi Anggota Keluarga…

Mengetahui jika ada salah…

Tips
Cara Aman Memecahkan Bisul…

Cara aman memecahkan bisu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Makanan Meningkatkan Gairah Seksual Ikan Teri Mentah

Makanan Meningkatkan Gairah Seksual Ikan…

Tips
Tips Membasmi Cacing Kremi Pada Anus Anak Tanpa Obat

Tips pencegahan membasmi cacing kremi…

Tips
Tips Usir Stres dengan Memijat Beberapa Bagian Tubuh Ini

Meskipun terdapat beragam cara untuk…

Kirim Pertanyaan
Top