Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Share dan Tag Temanmu di :

Sebenarnya kolesterol merupakan komponen lemak yang berperan penting menjaga tubuh tetap berfungsi. Namun, kandungan kolesterol yang tinggi juga tidak baik dan dapat meningkatkan risiko penyakit serius.

Selain diproduksi oleh hati, kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan. Maka dari itu, sangat disaranakn untuk menjaga pola makan dengan menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi.


Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari :

Kuning telur

Dibandingkan dengan makann lainnya, kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya terkandung kolesterol sebanyak 1200 miligram. Jumlah ini sekitar 400% lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang diperlukan setiap harinya. Jiak Anda mengonsumsi telur saat sarapan, maka sebaiknya hindari mengonsumsi sumber kolesterol lain, seperti burger dengan keju sebagai menu makan siang.

Otak sapi

Kadnungan kolesterol dalam 10m gram otak sapi bisa mencapai hingga 2.500 mg. Maka dari itu, hal ini harus diperhatikan terlebih lagi bagi Anda yang menyukai makanan-makanan hewani yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, seperti salah satunya otak sapi.

Daging olahan

Daging beku atau hasil proses seperti bacon, sosis, hingga salami ini memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Jumlah kolesterol yang ada pada daging yang telah diolah ini tergantung dari potongan daging dan jumlah garam yang digunakna pada saat mengolahnya.

Jeroan

Jeroan, seperti hati hewan mengandung kolesterol yang lebih banyak dibandingkan dengan daging. Didalam 85 gram hati sapi, setidaknya terkandung 331 mg kolesterol. Hal ini tentu membahayakan, karena tubuh orang dewasa hanya memerlukan sekitar 300 mg kolesterol setiap harinya.

Lobster

Salah satu makanan laut yang memiliki kandungan kolesterol tinggi adalah lobster. Dalam 85 gram lobster terkandung setidaknya 61 mg kolesterol. Angkanya akan bertambah secara signifikan setelah dimasak dengan bahan tertentu.

Ayam


Cara mengolah ayam menjadi masakan tertentu akan memberikan perbedaan besar pada kandungan zat pada ayam tersebut. Jika dibandingkan dengan burger dan es krim, kandungan satu paha ayam dengan kulit mengandung tingkat lemak yang lebih banyak. Hal ini disebabkan karena kulit ayam yang digoreng merupakan salah satu pemicy tingginya kolesterol yang ada pada ayam.

Makanan cepat saji

Kadnungan kolesterol yang ada pada makanan cepat saji cukup tinggi. Misalnya burger keju yang dapat mengandung 85 hingga 175 mg kolesterol dalam satu porsinya. Belum lagi minuman soda dan kentang goreng yang bisa dikonsumsi dalam 1 paket.

Butter

Didalam 100 gram butter terkandung kolesterol sekitar 215 mg, dan 1 sendok makan butter mengandung 20 mg kolesterol. Sedangkan makanan yang mengandung butter, seperti roti, kue, dan makanan lainnya seringkali dikonsumsi.

Keju

Keju merupakan salah satu makanan lezat yang banyak disukai. Biasanya keju ditambahkan pada makanan, seperti burger, kue, atua lainnya. Namun, ternyata keju merupakan salah satu makanan penyebab kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari. Didalam 100 mg keju setidaknya terkandung kolesterol sebanyak 123 mg. Dan dalam per satu inci keju terdapat sekitar 21 mg kolesterol.

Selain makanan tersebut, terdapat beberapa jenis makanan lain yang menjadi penyebab kolesterol tinggi, seperti gorengan, es krim, santan, steak iga sapi, dan masih banyak lagi. Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol tinggi, membatasi setiap makanan kurang sehat juga bisa membantu menurunkan sekaligus mencegah kolesterol tinggi.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 18 Maret 2017 11:29:07

Related Post :
Kesehatan
Penting! Ketahui Cara Mencegah…

Berikut adalah beberapa upaya…

Penyakit
Penyakit Infekasi Lambung Gejala…

Penyakit infeksi lambung beserta…

Kesehatan
10 Cara Untuk Menjaga…

Berbagai cara untuk menjaga…

Kesehatan
Hal Yang Akan Di…

Inilah hal yang akan…

Manfaat
Manfaat Omega 3 pada…

Ikan tuna merupakan salah…

Penyakit
Mengenali Gejala Kanker Hati…

Kelelahan dan mual merupakan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Jenis Makanan Ini Ternyata Kurang Baik untuk Sarapan

Sarapan pagi sangat penting untuk…

Kesehatan
Awas! Makan Ayam Broiler Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

Daging ayam termasuk makanan yang…

Kesehatan
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi pada saat…

Kirim Pertanyaan
Top