Pertolongan Pertama Pada Penderita Tekanan Darah Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Pertolongan pertama pada penderita darah tinggi hendaknya segara di lakukan. Hal tersebut bisa menjadi tindakan awal untuk mencegah kondisi tersebut agar tidak berkembang menjadi semakin parah.


Darah tinggi atau yang dalam istilah medis di sebut dengan hipertensi, adalah sutu kondisi yang menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah, yang mana tekanan darah meningkat bahkan hingga di atas batas normal (< 14/90 mmHg). Kondisi ini pada umumnya di tunjang oleh beberapa faktor resiko seperti  umur, obesitas, asupan garam yang tinggi, alkohol diabetes hingga genetis (faktor keturunan).

Penderita tekanan darah tinggi ada umumnya tidak mengalami gejala atau tanda-tanda tertentu terkecuali jika hipertensi yang telah di idapnya telah berat pada fase berat atau menahun. Adapun beberapa gejala darah tinggi yang kemungkinann terkadio adalah sakit kepala parah, pusing berkeringat, mimisan, tuuh kaku, merasa tegang dan juga tiba-tiba cemas.

Lalu, bagaimana jika anda atau kerabat anda secara tiba-tiba mengalami tekanan darah tinggi? Apa yang harus di lakukan? Apabila anda kini mengalami tekanan darah tinggi secara tiba-tiba, jangan cemas. Namun alangkah baiknya untuk melakukan langkah pertolongan pertama berikut secepatnya:

  • Tarik napas dalam dan keluarkan secara perlahan. Hal ini bertujuan agar si penderita tidak kekurangan oksigen. Lakukan cara ini secara berulang hingga penderita merasa lebih tenang.
  • Pergi ke tempat yang membuat anda rileks. Jika anda kini berda di tempat maupun lingkungan yang membuat anda stres, maka beranjaklah dari situ. Anda bisa pergi lingkungan yang yang dapat membuat anda menjadi lebih rileks seperti halnya taman, kebun maupun tempat lainnya yang tidak bising.
  • Jika penderita darah tinggi mengalami mimisan, maka letakanlah kompresan air dingin atau es batu di dahi untuk menghentikan mimisan.
  • Mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kalium tinggi. Ha ini bertujuan untuk mengimbangi tingginya kadar natrium yang ada di dalam tubuh, sehingga tekanan darahpun dapat menurun drastis. Seperti halnya adalah jus buah tanpa menggunakan garam.
  • Konsumsi suplemen untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk ini anda bisa berkonsultasi ke dokter ataupun anda juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar kita untuk menjadi obat penurun darah tinggi seperti halnya daun salam dan sebagainya.

Selain dari pada penanaganan pertama pada penderita hipertensi, yang tak kalah penting untuk di lakukan pun adalah cara pencegahan. Beberapa diantaranya seperti mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, mengurangi asupan garam, kurangi berat badan (jika mengalami obesitas), banyak mengonsumsi air putih dan berolahraga secara teratur. Hindari juga merokok dan mengonsumsi alkohol juga ya!

By Nida Saripah - Kesehatan Sabtu, 18 Maret 2017 13:09:24

Related Post :
Penyakit
Penyakit Yang Disebabkan Oleh…

Merokok adalah salah satu…

Kesehatan
Tips Mencegah Penyakit Tipes…

Tips agar penyakit tipes…

Tips
Tips Cara Memilih Bedak…

Anda perlu cerdas dalam…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita…

Kombinasi obat-obatan dan mengonsumsi…

Kesehatan
Cara Mencegah Kanker Serviks…

Cara mencegah kanker serviks…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?


Kesehatan
Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Infeksi Paru

Selain mengonsumsi obat, penderita juga…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng

Suka mengkonsumsi makanan yang digoreng?…

Kirim Pertanyaan
Top