Penyebab Penderita Stroke Susah Buang Air Besar

Stroke merupakan suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak yang terjadi bila pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat atau bila bocor atau robek.


Penyebab stroke yang harus anda ketahui yaitu :

  • Faktor resiko medis yang memperparah atau mengakibatkan penyakit stroke diantaranya hipertensi, diabetes, migrain, kolesterol, ateroklerosis, gangguan jantung atau karena faktor keturunan. Menurut data statistik 80% penyebab stroke karena hipertensi dan aterosklerosis.
  • Faktor resiko prilaku mengakibatkan dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat misalnya mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol, kebiasaan merokok, kurang beraktifitas, suasana hati yang kurang nyaman seperti marah tanpa alasan yang jelas, terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, kurangnya asupan cairan sehingga menyebabkan konstipasi.

Jika sudah melebihi 3 hari meskipun telah mengonsumsi sayur, buah, dan air putih masih tetap susah untuk BAB, maka dapat diberikan pencahar misalnya laxadine yang berfungsi untuk meningkatkan gerakan usus sehingga dapat mengeluarkan tinja yang keras. Obat pencahar tersebut umumnya diberikan untuk jangka pendek hanya untuk mengeluarkan tija dan kemudian sebaiknya dengan cara alami untuk lebih baik karena efek samping dari penggunaan jangka panjang dari obat pencahar gerakan usus yaitu adanya efek adiksi dimana jika tanpa obat akan semakin susah BAB. Untuk penggunaan jangka panjang lebih baik dengan obat pencahar yang bekerja dengan cara melunakan tinja misalnya golongan laktulose. 

Akan tetapi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk mengetahui adanya penyebab lain dari susah BAB diperlukan pemeriksaan kolonoskopi untuk melihat keadaan usus besar. 

Untuk mengurangi konstipasi / sembelit dapat anda lakukan beberapa tips dibawah ini :

  • Melakukan aktivitas sebanyak yang anda mampu, berjalan dengan alat bantu / topangan paling disarankan.
  • Kelola stress dengan hiburan atau hoby yang disukai.
  • Perbanyak makan serat seperti pepaya, apel, buah naga dianggap paling efektif untuk mengatasi sembelit.
  • Berikan susu dan berikan probiotik tambahan seperti yoghurt dan berikan obat stroke alami tanpa efek samping jika dikonsumsi jangka panjang.

By Ana Rediana - Kesehatan Senin, 20 Maret 2017 14:06:52

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..

  • bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat?

    0 Balasan

    Kesehatan

    Selain dengan minum obat penurun kolesterol, adakah cara yang ampuh dan alami untuk menurunkan kolesterol tinggi? supaya kolesterol saya cepat turun karena kolesterol itu seperti lumpur dan takutnya pas sprint…

  • apa makanan untuk meningkatkan libido

    0 Balasan

    Kesehatan

    akhir-akhir ini vitalitas stamina saya berkurang, ada yang menyarankan untuk mengkonsumsi daging kambing, apa benar daging kmbing dapat meningkatkan libido, bukankah akan menyebabkan hipertensi? tolong dijawab..

  • cara mengatasi kaki terkilir tanpa di urut

    0 Balasan

    Kesehatan

    Kemarin kaki saya terkilir saat sedang main sepak bola. Saya tidak langsung mengurutnya dan hanya mengompresnya dengan es batu. Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati kaki terkilir…

  • sakit kepala seperti ditekan disebabkan oleh apa ?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Selamat pagi, Saya ingin menanyakan apakah penyebab dari sakit kepala yang terasa seperti ditekan ? Sakit kepala ini sering dirasakan, terutama sesaat setelah bangun tidur. Adakah cara yang tepat untuk…


Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu yang Diduga Tewaskan Kim Jong-Nam

Mengetahui dampak dan bahaya racun…

Kesehatan
Jenis-jenis Terapi Penyembuhan Stroke Ringan

Terapi stroke ringan adalah metode…

Kesehatan
Jenis-jenis Jamu Gendong dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Berbagai macam jenis jamu gendong…

Tambah Pertanyaan
Top