Bahaya Membunyikan Persendian Jari dan Tulang Leher

Sebagian orang yang sudah terbiasa menekuk persendian tulang atau jari tangan saat sudah merasa pegal dan letih karena meyakini bahwa kebiasaan tersebut mampu menghilangkan linu, pegal-pegal, terutama setelah beraktivitas berat. Benarkah melakukan kebiasaan tersebut berbahaya bagi kesehatan? Jika sering membunyikan tulang sendi saat otot tubuh terasa pegal dan kaku biasanya melakukannya dengan memutar pinggangnya ke kiri dan kanan dan juga biasa dilakukan pada tulang leher dan buku jari. Tahukah anda bahwa kebiasaan buruk ini ternyata dapat menyebabkan stroke?


Sampai saat ini meskipun sudah mengetahui resikonya masih saja melakukan kebiasaan ini apalagi bagi anda yang baru saja mengetahui bahayanya. Menurut penelitian ilmiah, membunyikan persendian tulang dapat menyebabkan keluarnya cairan sinovial sehingga timbul suara seperti gesekan dan retakan otot yang dapat menyebabkan timbulnya suara retakan.

Berikut ini Bahaya Membunyikan Persendian Jari dan Tulang Leher

Mungkin anda tidak menyangka bahwa kegiatan spele ini dapat beresiko terhadap kesehatan tubuh, antara lain :

1. Syaraf terjepit

Menurut Dr. Brain Cazzasa M.D, Ahli Kesehatan dari Universitas California mengatakan bahwa membunyikan sendi tulang dapat membuat syaraf terjepit diantara tulang ekor leher dan sendi lain bahayanya terhadap kesehatan sesuai dengan jaringan syaraf pada organ.

2. Otak sulit mengontrol gerakan tubuh

Membunyikan tulang leher dan sendi lain dapat menyulitkan otak untuk mengontrol organ tubuh sehingga kondisi ini akan memperburuk gerakan tubuh menjadi kaku seperti robot.

3. Resiko nyeri sendi kronis

Kebiasaan membunyikan persendian tulang dan jari tangan dapat menyebabkan resiko penyakit persendian yang menahun sehingga kondisi ini terjadi jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang.

4. Melemahkan tulang rawan

Jika memaksa persendian tulang hingga berbunyi keras dapat menyebabkan tulang rawan menjadi rusak dan rapuh.

Ada Beberapa Tips Menghilangkan Pegal Tanpa Membunyikan Sendi Tulang

1. Gunakan shower

Untuk meredakan otot leher yang kaku atau kejang, gunakan shower yang berisi air hangat didalamnya lalu semprotkam air hangat pada bagian belakang leher. Lakukanlah terapi ini secara teratur sampai otot leher terasa nyaman.

2. Jangan menunduk saat menonton TV

Saat melihat monitor komputer atau TV pastikan posisi kepala anda tidak menekuk demikian pula kegiatan membaca atau menulis dan hindari menekuk leher terlalu lama.

3. Memutar otot leher secara perlahan

Untuk menghilangkan otot kaku pada leher, putarlah kepala anda kekiri dan kanan secara bergantian dengan lembut dan hati-hati.

4. Kain hangat

Jika anda tidak mempunyai shower bisa anda lakukan dengan mengompres leher anda dengan kain yang sebelumnya direndam dalam air hangat.

5. Hindari posisi menyamping saat tidur

Posisi tidur yang tidak benar dapat menyebabkan tulang leher terasa kaku dan kejang maka gunakanlah bantal yang empuk dan pastikan posisi tubuh anda tidak menyamping atau meringkuk serta hindari menghidupkan AC dengan suhu tinggi karena dapat membuat anda tidur dengan posisi meringkuk.

untuk mencegah pegal linu dan gaya hidup sehat dapat anda lakukan secara teratur dengan berolahraga dan peregangan otot sehingga akan membuat hidup anda terasa lebih berkualitas serta terhindari dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Demikian beberapa bahaya membunyikan persendian jari dan tulang leher. Setelah anda mengathui bahayanya, maka kurangi kebiasaan buruk ini secara bertahap sampai anda berhenti untuk melakukannya. Ingatkan dalam pikiran anda bahwa kegiatan tersebut tidak berguna dan selalu ingat resiko serta bahayanya yang ditimbulkan akibat kebiasaan buruk tersebut.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 21 Maret 2017 11:15:16

Bahaya Membunyikan Persendian Jari dan Tulang Leher
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bahaya membunyikan persendian jari dan tulang leher terhadap kesetan tubuh dan tips cara menghilangkan pegal tanpa membunyikan sendi tulang.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Kawat Gigi

Pemasangan kawat gigi pada saat…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Dimakan Dalam Keadaan Mentah

Sangat penting untuk mengetahui makanan…

Kesehatan
Ketahui Efek Samping Kerokan Bagi Tubuh

Tehnik pengobatan kerokan dikatakan mampu…

Tambah Pertanyaan
Top