Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Jelatang Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jelatang bagi kesehatan mungkin masih jarang terdengar di sebagian besar masyarakat. Karena memang jenis rerumputan ini pada umumnya menyebabkan rasa panas, gatal serta bentol-bentol apabila di sentuh karena di dalamnya terdapat perlindungan bulu-bulu kecil yang mana melepaskan bahan kimia penyengat saat disentuh. Namun jangan salah, di balik itu ternyata di dalamnya terkandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan.


Jelatang adalah salah satu jenis tanaman yang masih termasuk ke dalam genus urtika yang berasal dari semak asli di daerah Eropa dan Asia. Namun pada saat ini, jenis rerumputan ini sudah banyak di di temui di seluruh penjuru dunia. Dan mungkin tanpa kita ketahui sebelumnya, bahwasannya tumbuhan jelantang ini terutama bagian daunnya telah di gunakan sejak berbad-abad lamanya sebagai pengobatan herbal.

Hal tersebut tak lepas dari sejumlah senyawa biologis yang terdapat di dalamnya. Terutama pada bulu-bulu halus yang tersebar di sepanjang permukaan daun dan batang jelatang yang di ketahui mengandung asam format dan histamine yang sangat berguna dalam mengatasi inflamasi pada rematik dan juga penyakit eksim. Selain dari pada itu, pada tumbuhan hjelatang ini juga trekandung nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh lainnya seperti diantaranya kalsium, fosfor, magnesium, vitamin A dan vitamin C.

Khasiat dan manfaat daun jelatang untuk kesehatan

Ada beberapa kegunaan dari daun jelatang yang bisa anda aplikasikan untuk kesehatan anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengatasi nyeri sendi
Hal ini telah di buktikan dengan beberapa penelitian yang telah di lakukan seperti salah satunya di paparkan dalam studi kultur jaringan yang di lakukan yang di terbitkan April pada tahun 2002 dalam sebuah jurnal berjudul "Histologi dan Histopatologi", yang mana menyebutkan bahwasannya sel-sel tulang rawan manusia bisa di obati dengan extra jelatang (Hox alpha), yang mana menunjukkan aktivitas secara signifikan kurang dari pada enzim dalam memecah kolagen, yang mana merupakan komponen protein struktur sendi. Sehingga para peniliti menyimpulkan bahwasannya hox alpha ini sangat baik dalam pengobatan beberapa penyakit sendi inflamasi, seperti gout, artirtis dan masalah sendi lainnya.

2. Menjaga kesehatan organ perkemihan
Pada pengobatan tradisional, khaiat daun jelatang sering kali di gunakan untuk mengopbati infeksi saluran kemih serta gejala kencing  yang berhubungan dengan penyakit hipertrofi prostat jinak yang mana seperti buang air kecil yang tidak lancar ataupun sebaliknyadorongan kencing yang terus menerus untuk selalu buang air kecil.

Hal ini juga di buktikan dalam sebuah studi tabung reaksi yang di terbutkan dalam edisi Desember 2012 dalam jurnal "Urological Research" yang menemukan bahwa daun jelatang sangat efektif dalam dalam menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli, yang mana merupakan bakteri umum penyebab dari infeksi saluran kemih.

3. Mengatasi alergi obat
Daun jelatang juga di percaya dapat membantu mengurangi gejala alergi musiman, seperti halnya alergi obat. Hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian yang di terbitkan dalam edisi Juli 2009 "Phytotherapy Research" yang menyatakan bahwasannya jelatang mengandung antihistamin alami yang mana dapat menghambat produksi molekul inflamasi yang di kenal sebagai prostaglandin. Rempah jelatang juga nyatanya dapat bekerja pada tingkat genetik dengan mematikan gen tertentu yang meningkatkan peradangan. Menurut David Rakel, editor buku "integrative medicine" dosis 300-350 mg ekstrak jelatang tiga kali per hari biasanya di gunakan untuk mengobati alergi.

Nah, itulah beberapa manfaat daun jelatang dan seluruh bagian tanamannya yang sangat berguna untuk kesehatan. Namun, selain dari pada itu, kegunaan daun jelatang juga sangat baik untuk membantu mengatasi gigitn akibat serangga, tendonitis dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 21 Maret 2017 14:01:11

Related Post :
Manfaat
Ini Manfaat Menakjubkan Kacang…

Informasi tentang kandungan gizi…

Kesehatan
Ketahuilah Ciri-ciri Wanita Mandul…

Ketahuilah ciri-ciri wanita mandul…

Manfaat
Suka Konsumsi Telur Asin?…

Informasi tentang kandunga gizi…

Penyakit
Waspada! Ini Gejala Bell's…

Berikut adalah gejala bell's…

Kesehatan
Mengetahui Manfaat Daging Burung…

Disamping memiliki rasa yang…

Manfaat
Mengenal Uniknya Teh Biru…

Anda mungkin sudah tidak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
Daun
Khasiat Manfaat Daun Gaharu Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Kegunaan, khasiat serta manfaat daun…

Daun
Manfaat Daun Urang Aring Selain Untuk Menyehatkan Rambut

Selain baik untuk rambut, nyatanya…

Kirim Pertanyaan
Top