Obat Kima Untuk Nyeri Punggung Bawah Eperisone

Share dan Tag Temanmu di :

Eperisone, Obat Untuk Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain)
Eperisone, obat yang dikelompokkan pada obat relaksan otot ini memiliki fungsi untuk meredakan bagian tubuh yang mengalami kejang otot. Fungsinya adalah untuk meringankan gejala myotonia, meningkatkan sirkulasi darah, serta meredakan rasa sakit. Terkadang, eperisone digunakan pula untuk meringankan telinga berdengung, pusing, dan nyeri punggung bawah atau yang lebih arkab disebut low back pain (LBP).



LBP biasanya disebabkan karena cedera terbatas pada otot dan struktur sendi lain, adanya peradangan dalam rongga tulang panggul, cedera yang langsung mengenai saraf pada punggung atau sekitarnya, serta adanya sumbatan pada saluran kemih. Kekakuan pada otot serta tulang ini bisa dikurangi dengan pemberian relaksan otot berupa eperisone. Sebuah penelitian di India yang dipimpin oleh Dr Chandanwale menunjukkan bahwa eperisone terbukti secara ilmiah baik dalam mengurangi gejala tersebut.


Dalam penelitian tersebut, Dr Chandanwale dan kawan-kawan mengevaluasi efikasi dan tolerabilitas eperisone pada pasien yang memiliki kondisi nyeri punggung bawah. Eperisone dipakai untuk preparat untuk relaksasi yang sifatnya sentral dengan mekanisme menghambat jalur refleks nyeri serta memiliki efek vasolidator.


Desain penelitian memiliki sifat randomisasi, kontrol plasebo, prospektif, tersamar ganda, serta multisenter yang dikumpulkan dari lima pusat perawatan ortopedik di seluruh dunia. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penggunaan eperisone hydrochloride efekstif dan bisa ditoleransi dengan baik pada pasien low back pain.


Eperisone tidak boleh dikonsumsi oleh perempuan hamil, perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, serta perempuan yang sedang menyusui. Mereka yang memiliki gangguan pada hati juga sebaiknya berhati-hati saat mengonsumsi obat berbentuk tablet ini. Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi.  Mengenai dosisnya, eperisone dikonsumsi 50-150 mg setiap harinya. Dosis yang diberikan tergantung pada usia pasien, seberapa parah gejala, serta reaksi tubuh pasien terhadap obat yang diberikan.


Sebelum mengonsumsinya, baca petunjuk pada kemasan obat. Dilarang menambah atau mengurangi dosis tanpa sepengetahuan dokter. Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang butuh konsentrasi penuh karena efek samping eperisone diantaranya adalah pusing, mengantuk, dan lemah. Sebaiknya obat ini dikonsumsi setelah makan.


Lalu apa lagi efek samping dari obat eperisone? Selain lemah, pusing, dan mengantuk, setelah mengonsumsi obat ini, Anda akan insomnia, merasa mual, hingga muntah. Bahkan pada beberapa kasus, efek sampingnya bisa berupa gangguan hati dan ginjal. Segera konsultasi dengan dokter jika efek samping berkepanjangan.

Artikel terkait :

obat sakit pinggang


By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Selasa, 10 Mei 2016 23:02:06

Related Post :
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Buah leci merupakan buah…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak…

Kacang walnut memiliki manfaat…

Manfaat
Manfaat Terapi Ikan Bagi…

Manfaat terapi ikan (fish…

Alami
Obat Alami Maag Kronis…

Penyakit maag merupakan sebuah…

Kesehatan
Waspadai Tanda Dan Gejala…

Meskipun tidak semua penderita…

Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid…

Makanan untuk melancarkan haid…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Cara Kerja Tamsulosin untuk Obati Pembesaran Prostat Jinak

Tamsulosin merupakan obat yang biasa…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Untuk Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Antibiotik adalah jenis obat untuk…

Obat Kimia
Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium Hidroksida

Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium…

Kirim Pertanyaan
Top