Pilihan Alternatif untuk Kurangi Nyeri Sendi Selain Obat

Share dan Tag Temanmu di :

Obat nyeri sendi menjadi salah satu pilihan yang efektif untuk mengurangi nyeri sendi. Namun, selain obat, ternyata ada pilihan alternatif untuk kurangi nyeri sendi selain obat, yaitu dengan olahraga. Namun, selain karena kesibukan dan jadwal yang padat, terkadang nyeri sendi sering dijadikan sebagai alasan bagi seseorang untuk malas berolahraga.





Tidak sedikit yang khawatir nyeri sendi yang mereka alami akan semakin memburuk akibat olahraga. Padahal, olahraga teratur bisa memberikan manfaat pada sendi yang sering mengalami nyeri serta tubuh secara keseluruhan.

Berikut ini jenis olahraga yang tepat dan aman bagi penderita nyeri sendi :

  • Aerobik

Olahraga aerobik seperti senam, berlari kecil, bersepeda, atau berenang dapat membantu menjaga kondisi jantung dan paru tetap baik. Selain itu, aerobik juga dapat membantu mengurangi kekakuan pada sendi dan terbukti mengurangi kekambuhan nyeri sendi, sehingga ini merupakan salah satu jenis olahraga yang baik dilakukan oleh penderita nyeri sendi.

  • Latihan keseimbangan postural

Latihan ini penting untuk dilakukan, mengingat para penerita nyeri sendi kerap terjatuh ketika beraktivitas akibat nyeri dan kekakuan pada sendi. Latihan keseimbangan postural ini terdiri dari keseimbangan statis dan dinamis. Latihan ini dapat diperoleh melalui olahraga seperti yoga dan freelactic.

  • Penguatan otot

Olahraga penguatan otot dapat berfungsi untuk menguatkan otot-otot disekitar sendi yang mengalami kelemahan sehingga jika dilakukan dengan rutin dapat membantu mengurangi kekambuhan nyeri sendi. Anda dapat melakukan olahraga ini dengan cara mengangkat beban atau menggunakan tubuh sendiri sebagai beban. Namun, perlu diingat bahwa target beban disini bukan untuk membentuk otot, tetapi lebih pada penguatan otot saja.

Meskipun terdengar tidak masuk akal, ternyata berbagai bukti kedokter yang sahih menyebutkan bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi nyeri sendi kronik. Seperti akibat penyakit pengapuran sendi, asam urat, ataupun penyakit rematik. Tentunya olahraga disini tidak dilakukan ketika nyeri sendi hebat sedang menyerang.

Maka dari itu, jangan menyepelekan olahraga sebagai bagian dari terapi nyeri sendi Anda. Karena olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu mengurangi nyeri sendi. Dengan berolahraga, maka nyeri sendi akan berkurang dan tubuh akan tetap bugar.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 22 Maret 2017 13:30:44

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Ciri-ciri Penyakit Bronkitis…

Mengetahui ciri-ciri penyakit bronkitis…

Kewanitaan
Mudah Lelah Saat Haid?…

Mudah lelah saat haid?…

Manfaat
7 Manfaat Rutin Konsumsi…

Suka konsumsi kacang polong?…

Kesehatan
Pentingkah Membaca Fakta Nutrisi…

Sebelum membeli makanan kemasan,…

Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Kulit
Manfaat Toner Bagi Kulit…

Khasiat dan manfaat toner…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Ternyata Mata Juga Bisa Alami Stroke ! Ini Penyebabnya

Tidak banyak diketahui, ternyata stroke…

Kesehatan
Daftar Makanan Untuk Melancarkan Buang Air Besar

Melancarkan buang air besar bisa…

Kirim Pertanyaan
Top