Kandungan Gizi Dan Manfaat Daun Lamtoro Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tak hanya dapat di gunakan sebagai pakan ternak berprotein tinggi, manfaat daun lamtoro atau petai cina pun nyatanya memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh manusia. Anda penasaran ataupun ingin mengatahui informasi selengkapnya? silahkan simak  uraian berikut ini.


Lamtoro (lecaena leucacochepala) atau mungkin anda mengenalnya dengan sebutan petai cina adalah salah satu tanaman hijau yang telah di kenal cukup luas oleh masyarakat Indonesia, meski dengan sebutan yang berbeda seperti halnya orang sunda mengenalnya dengan sebutan peuteuy selong, pete selong, pete cina (Sumatera), kamtoro, kemlandingan (Jawa) dan lainnya.

Pada umumnya tanaman lamtoro ini memkiki manfaat yang begitu besar bagi kehidupan kita. Terutama dapat di gunakan sebagai bahan bakar, bahan bangunan, pupuk hijau, bahan baku pembuatan kertas dan daunnya dapat di gunakan sebagai pakan ternak yang memiliki kandungan protein di dalamnya.

Namun, seiring berkembangnya pengetahuan masyarakat, ternyata daun lamtoro pun memiliki khasiat untuk kesehatan dan pengobatan beberapa jenis penyakit. Hal tersebut di karenakan berbagai kandungan senyawa bermanfaat yang terdapat di dalamnya, yang tak kalah baik dengan kandungan yang terdapat dalam manfaat petai cina. Adapun di dalam 100 gr daun lamtoro terkandung:

  • 128 kkal kandungan energi
  • 12 gr protein
  • 6,5 gr kandungan lemak
  • 15,4 kandungan karbohidrat
  • 1500 mg kalsium
  • 100 mg fosfor
  • 3 mg zat besi
  • 17800 IU vitamin A
  • 0,02 mg vitamin B1
  • 64 mg vitamin C

Khasiat dan manfaat daun lamtoro bagi kesehatan

Setelah sebelumnya kita mengetahui berbagai kandungan daun lamtoro yang sangat melimpah, kini gilirin kita untuk mengetahui berbagai khasiat di dalamnya yang diantaranya dalah sebagai berikut:

1. Mengobati herpes

Untuk mengobati penyakit herpes, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu 30 gram daun lamtoro dan 2 shung bawang putih. Setelah kedua bahan tersebut di cuci bersih, anda bisa menumbuknya hingga lembut dan terapkan pada bagian kulit yang terkena herpes.

2. Mengatasi insomnia

Penyakit susah tidur ini nyatanya juga dapat di atasi dengan menggunakan biji dan daun lamtoro. Caranya, setelah kesemua bahan di cuci dengan bersih, kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga tinggal tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin, saring dan konsumsi ramuan alami tersebut secara teratur.

3. Menghilangkan goresan luka dan pembengkakan di kulit

Jika kulit anda kini terluka akibat terjatuh, tergores benda tajam, tertusuk paku, duri atau pecahan kaca, maka cara mengatasinya secara alternatif dapat di lakukan dengan memanfaatkan daun lamtoro. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menumbuk daun petai cina atau lamtoro secukupnya, lalu tempelkan pada bagian kulit yang terluka atau bengkak.

4. Menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh

Di dalam daun lamtoro terdapat senyawa enzim yang mana berfungsi untuk merangsang pembentukan kolagen di dalam sel-sel kulit. Sehingga anda dapat terhindar dari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, dan keriput. Bahkan anda dapat memanfaatkan daun lamtoro ini sebagai toner alami untuk mengurangi kulit berminyak serta melembabakan dan menutrisi kulit. Caranya cukup dengan menggosok-gosokkan daun lamtoro pada kulit hingga keluar getahnya, lalu bilas dengan menggunakan air.

Selain daunnya, biji dan akar lamtoro pun sangat berguna untuk kesehatan. Manfaat biji lamtoro diantaranya dapat mengatasi diabetes, cacingan, resiko radang ginjal, abses hingga meningkatkan gairah seksual. Adapun akarnya bermanfaat untuk meluruhkan dan mengatasi nyeri haid.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun lamtoro untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 23 Maret 2017 12:00:08

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mengetahui Panduan Tahapan dalam…

Mengetahui panduan tahapan dalam…

Manfaat
Manfaat Buah Pare Untuk…

Manfaat Buah Pare Untuk…

Kesehatan
Ini Bahaya Terlalu Banyak…

Bahaya terlalu banyak konsumsi…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Langka Hemofilia…

Meskipun terlihat memesona ketika…

Penyakit
Diagnosis Penyakit ITP (Idiopathic…

Diagnosis penyakit ITP atau…

Kesehatan
Inilah Kisah Aldy Yang…

Inilah kisah Aldy yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Inilah Khasiat Daun Semanggi Bagi Kesehatan

Tahukah tahukah anda apa saja…

Daun
Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Manfaat daun pandan bagi kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top