Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Darah Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Mengetahui penyebab dan gejala darah tinggi sangat penting agar bisa melakukan pencegahan dengan tepat dan bisa mencegah komplikasi akibat darah tinggi. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui penyebab dan gejala darat tinggi. Bahkan tidak menyadari bila sedang mengidap darah tinggi, karena penyakit ini jarang menunjukan gejala.


Banyak orang yang membiarkan penyakit darah tinggi tanpa melakukan pengobatan. Memang bila darah tinggi ringan bisa dikontrol dengan pola hidup sehari-hari yaitu dengan mengubah pola hidup tidak sehat menjadi pola hidup sehat. Selain itu, darah tinggi yang dikategorikan ringan juga tidak perlu mengkonsumsi obat. Namun, bila darah tinggi sering kambuh tidak melakukan pengobatan, maka bisa menimbulkan komplikasi.

Darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, gagal jantung, gangguan kognitif, demensia, penyekit ginjal kronik dan juga bisa meningkatkan risiko penyakit lainnya.

Penyebab Darah Tinggi

Sebelum membahas tentang gejala darah tinggi, alangkah baiknya membahas dahulu tentang penyebabnya. Darah tinggi dapat disebabkan oleh faktor bawaan dan faktor pola hidup. Faktor bawaan yaitu meliputi usia, jenis kelamin dan keturunan. Untuk faktor bawaan sulit untuk dikendalikan.

Sedangkan untuk faktor pola hidup bisa dikendalikan. Bila disebabkan faktor pola hidup tidak sehat, maka darah tinggi pun dapat diatasi. Asalkan mau mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat. Untuk faktor pola hidup yaitu meliputi pola makan yang tidak sehat( konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam, konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak), obesitas, kebiasaan merokok, jarang olahraga, kurangnya asupan kalium dan faktor stres.

Gejala Penyakit Darah Tinggi

Gejala darah tinggi sangat penting untuk diketahui. Meskipun anda tidak memiliki riwayat keluarga dengan darah tinggi. Dengan mengetahui gejalanya, anda bisa mengetahui ciri-ciri orang yang terkena darah tinggi. Supaya bisa mendapatkan pengobatan sedini mungkin dan mengurangi efek buruk yang diakibat darah tinggi.

Berikut adalah gejala penyakit darah tinggi:

  • Sering sakit kepala
  • Kepala terasa pusing
  • Mati rasa
  • Terdapat titik dara di bagian mata
  • Kesemutan
  • Mual dan muntah

Bila anda mengalami salah satu atau beberapa gejala diatas, sebaiknya konsultasikan atau memeriksakan diri anda pada dokter. Untuk memastikan apakah mengidap penyakit darah tinggi atau tidak.

Cara Mencegah Darah tinggi

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pencegahan darah tinggi. Tidak hanya untuk pencegahan saja, cara ini juga bisa mencegah komplikasi akibat darah tinggi. Berikut cara mencegah darah tinggi:

  1. Selalu menerapkan pola hidup sehat, terlebih bagi anda yang memang punya penyakit darah tinggi disarankan untuk mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat.
  2. Menerapkan pola makan sehat. Terlebih bagi anda yang mengidap darah tinggi disarankan untuk memperhatikan pola makan, batasi dan hindari makanan yang mengandung tinggi garam, batasi dan hindari makanan yang mengandung tinggi lemak.
  3. Kurangi kebiasaan merokok dan minum alkohol
  4. Menjaga berat badan. Terlebih bila anda memang mengidap darah tinggi kemudian memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya turunkan berat badan anda.
    Hindari stress, karena stres bisa memicu meningkatkan tekanan darah.Batasi dan hindari konsumsi minuman yang berkafein.

Itulah informasi tentang darah tinggi, penyebab, gejala dan pencegahannya. Bagi anda yang mengidap penyakit darah tinggi, sebaiknya kontrol tekanan darah anda pada dokter dan mengkonsumsi obat resep dokter atau obat penurun darah tinggi alami.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 24 Maret 2017 11:05:59

Related Post :
Tips
Tips Dan Cara Mengatasi…

Tips dan cara mengatasi…

Daun
Khasiat Dan manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kewanitaan
Fakta Penting Pil KB…

Pil KB sering kali…

Penyakit
Ini 5 Penyebab Alergi…

Ini penyebab alergi pada…

Manfaat
Manfaat Lada Hitam untuk…

Selain sebagai bumbu pelengkap,…

Kesehatan
Jangan Minum Teh Hijau…

Teh hijau telah lama…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Jenis-Jenis dan Risiko Penularan Penyakit Kutil

Penyakit kutil dilihat dari bentuk…

Penyakit
Penyebab Gejala Neuropati Perifer dan Pengobatannya

Penyebab gejala neuropati perifer dan…

Penyakit
Mengetahui Penyebab Ebola Penyakit Yang Mematikan

Mengetahui penyebab ebola penyakit yang…

Kirim Pertanyaan
Top