Obat Famotidine di Apotek Untuk Asam Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Famotidine, Obat Pengurang Jumlah Asam Lambung


Dalam membantu proses pencernaan, lambung menghasilkan asam. Ketika jumlah asam dalam lambung berlebihan, maka bisa menimbulkan luka pada dinding lambung atau usus serta menimbulkan inflamasi. Kondisi ini bisa menyebabkan tukak usus, tukak perut, penyakit asam lambung atau GERD, serta gangguan pencernaan.
Adalah famotidine, obat yang berjenis histamin H-2 receptor antagonist atau H-2 blocker ini memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah asam lambung. Biasanya obat ini digunakan sebagai obat antirefluks dan obat antiulserasi. Tidak hanya mengurangi asam di lambung, famotidine juga membantu proses pemulihan jika sudah terdapat bagian dinding lambung yang rusak.



Obat yang berbentuk tablet ini tidak disarankan dikonsumsi oleh perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, dan sedang menyusui. Begitu juga oleh penderita gangguan hati, gangguan ginjal, anemia, serta gangguan paru-paru seperti asma. Dosis famotidine yang dikonsumsi adalah 20-80 miligram per hari dengan batas konsumsi selama enam hari.


Sebelum mengonsumsi famotidine, baca petunjuk pada kemasan dan jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa pemberitahuan dokter. Obat yang hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang telah berusia 16 tahun ke atas ini biasanya diminum dua kali sehari, pagi dan malam. Jika dokter menyarankan Anda hanya meminumnya sehari sekali, diminum malam hari lebih baik dan diminum sebelum atau sesudah makan.


Selama dan pasca mengonsumsi obat ini, Anda sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang bisa memperparah penyakit yang berkaitan dengan asam lambung. Diantaranya adalah cokelat, peppermint, tomat, makanan pedas, kopi, minuman beralkohol, serta minuman panas apapun. Hindari pula makan dalam porsi besar agar gejala tidak bertambah parah.


Penyakit asam lambung biasanya akan parah pada orang dengan berat badan berlebih karena adanya tekanan terhadap perut. Oleh karena itu, untuk menurunkan risiko munculnya gejala yang ada, berat badan sebaiknya diturunkan terlebih dahulu. Rokok juga harus dihindari karena bisa meningkatkan produksi asam di dalam lambung yang memperparah gejala.


Pasien yang lupa mengonsumsi famotidine sebaiknya langsung menyegerakan diri untuk mengonsumsinya saat teringat jadwal dosis berikutnya tidak berdekatan. Hindari menggandakan dosis obat ini.


Lalu bagaimana mengenai efek samping famoditine? Reaksi setiap orang terhadap sebuah obat memang berbeda-beda. Berikut efek samping yang umumnya terjadi, diantaranya pusing, sakit kepala, diare, dan konstipasi. Jika efek samping berkepanjangan, segera temui dokter.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Jum'at, 13 Mei 2016 01:18:23

Related Post :
Obat Kimia
Obat Tretinoin Topikal Untuk…

Jerawat merupakan masalah yang…

Kesehatan
Jangan Abaikan Garis Hitam…

Jangan abaikan dengan garis…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Sakit…

Informasi tentang diagnosis dan…

Kesehatan
Rekomendasi Terapi Pengobatan BPD

Orang yang menderita borderline…

Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Manfaat
Menguak Kandungan dan Manfaat…

Tidak hanya memiliki rasa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Kimia
Pengobatan Penyakit Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan penyakit gagal ginjal kronis…

Obat Kimia
Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi

Obat Kimia Candesartan Untuk Hipertensi…

Kirim Pertanyaan
Top